5+ Ide Permainan Indoor untuk Karyawan yang Menyenangkan

Permainan indoor untuk karyawan di kantor adalah hal yang cukup menarik untuk kamu ketahui. 

Sebab kamu bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan bersama kawan-kawan sekantor di balik kesibukan yang tak ada habisnya.

Permainan-permainan tersebut dapat menambah kekompakan sekaligus keakraban antar individu yang berdampak positif untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Kira-kira apa sajakah ide permainan indoor untuk karyawan yang dapat kamu mainkan di sela jam istirahat kantor? Berikut ini adalah ulasannya.

Truth or Dear

Setiap orang yang mengikuti permainan ini harus memilih antara dua tantangan yakni menjawab jujur sebuah pertanyaan, atau melakukan tantangan yang diberikan.

Sepahit apapun kebenaran harus kamu jawab dengan jujur dan seberat apapun tantangan harus kamu lakukan. Tapi tenang saja kok, permainan ini sangatlah menyenangkan.

Kamu bisa mengetahui fakta-fakta lucu yang sebelumnya tidak pernah kamu ketahui tentang temanmu. Di sisi lain kamu akan terhibur dengan ulah konyol mereka ketika menjalankan setiap tantangan.

Fearbox (Kotak Kengerian)

Ingin mencoba satu permainan yang sedikit menguji nyalimu? Salah satu games indoor untuk karyawan yang bisa kamu lakukan adalah fearbox alias kotak kengerian. Mungkin kamu pernah menyaksikan permainan ini di acara televisi.

Setiap pemain harus menebak benda yang berada di dalam kotak misteri hanya dengan menggunakan indera peraba. Tidak boleh untuk mencium aromanya, apalagi melihat. 

Selain melawan rasa takut, kamu juga bisa menyaksikan kekonyolan teman-teman sekantor yang juga tengah melawan rasa takut mereka. Pastinya akan memancing gelak tawa.

Blind Drawing

Meningkatkan chemistry dan kreativitas antar pegawai di kantor, cobalah untuk memainkan permainan bernama blind drawing. Biasanya permainan ini sering dimainkan sesaat sebelum briefing atau meeting dimulai.

Pimpinan atau manajer akan meminta seluruh karyawan untuk membagi dirinya ke dalam  beberapa kelompok yang masing-masing anggotanya berjumlah dua orang. 

Kemudian setiap anggota kelompok harus duduk dengan saling membelakangi.

Satu orang akan mendapatkan sebuah gambar dan bertugas mendeskripsikan gambar tersebut dengan kata-kata. Sementara satu orang lainnya bertugas untuk menggambarkannya di atas kertas kosong.

Tim yang menang adalah tim yang mampu mengilustrasikan gambar dengan sangat mirip.

Selain dapat meningkatkan kekompakan serta intuisi antar pegawai, game ini juga dapat memantik keseruan serta keceriaan. 

Kamu pastinya akan terhibur melihat temanmu yang tengah berusaha mengilustrasikan gambar. Tak jarang hasilnya pun tidak sesuai dengan apa yang telah dideskripsikan.

Bermain Tepuk Nyamuk Dengan Kartu

Permainan kartu seperti cangkul, foker, Uno, sudah biasa! Bagaimana dengan permainan tepuk nyamuk? Pastinya akan menambah kehebohan sekaligus keseruan bersama teman-teman sekantor.

Peraturan dalam bermain tepuk nyamuk yakni setiap pemain harus mengeluarkan kartu remi dalam kondisi tertutup yang digenggamnya secara acak. 

Akan tetapi bersamaan dengan mengeluarkan kartu, pemain harus menyebutkan kartu sesuai dengan urutan.

Misalnya 2, 3, 4, 5, dan seterusnya hingga kartu AS. Jika kartu yang dikeluarkan dan yang disebutkan sama, maka setiap pemain harus menepuk kartu dengan cepat. 

Pemain yang paling terakhir dinyatakan kalah dan harus menerima hukuman berupa menampung sisa kartu-kartu tersebut. Permainan ini bisa dimainkan secara berulang-ulang.

What’s My Name?

Pernahkah terpikirkan olehmu bahwa menebak nama orang lain bisa menjadi permainan yang mengasyikkan? Maka Patut dicoba permainan yang satu ini, yakni “What’s my name?”

Kamu bisa mengajak teman-teman sekantormu untuk bermain permainan yang satu ini. Caranya pun cukup sederhana, setiap pemain harus menuliskan nama seseorang. Kamu pun bebas menuliskan nama orang tersebut, entah itu artis, atlet, pejabat, dan lain-lain.

Kemudian posisikan kertas tersebut agar tidak terlihat oleh pemain yang mendapatkan giliran untuk menebak. Untuk bisa menebak, si pemain harus memberikan apa saja klu yang ia ketahui.

Sementara yang lainnya hanya menyebutkan “iya” dan “tidak”. Jika jawaban benar, maka dilanjutkan dengan kertas berisikan nama selanjutnya.

Tentu permainan ini cukup menarik. Apalagi jika nama-nama tersebut merupakan orang yang kamu kenal dan terkadang ada saja ciri serta klue yang cukup konyol serta menghibur. Selain menyenangkan, tentu permainan ini cukup membuatmu penasaran!

World Geography

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu jadikan sebagai tema permainan, dan salah satunya adalah ilmu geografi. Kira-kira jenis permainan apa yang bisa dimainkan dari pelajaran yang satu ini??

World Geography adalah salah satu permainan yang memanfaatkan pengetahuan akan kota-kota di seluruh dunia. Percayalah, meski sering dianggap remeh namun permainan ini cukup menarik dan menantang.

Cara bermainnya adalah tunjuk satu orang yang akan dijadikan sebagai orang pertama. Nantinya orang tersebut harus menyebutkan kota kelahirannya.

Selanjutnya pemain yang lain harus menebak kota-kota lain berdasarkan huruf terakhir dari kota tersebut. Sebagai contoh Jakarta – Ambon – Nias – Sumedang – Garut dan seterusnya. 

Pemenangnya adalah orang yang berhasil menebak nama kota dengan jumlah paling banyak.

The Trust Walk

Salah satu permainan yang cukup menarik untuk dimainkan adalah The Trust Walk. Permainan ini pun cukup simpel, setiap kelompok harus terdiri dari dua orang.

Satu orang harus menutup matanya dengan objek apapun, sementara satu orang lainnya harus menunjukkan jalan menuju titik yang telah ditentukan melalui suara. Jika berhasil, maka kelompok tersebut dinyatakan menang. 

Di sini mungkin kamu akan melihat ulah jahil teman-temanmu yang justru menunjukkan jalan dengan asal-asalan sehingga orang yang ditunjukkan jalannya pun kebingungan.

Siap-siap rahangmu akan pegal karena terus tertawa melihat berbagai kekonyolan yang terjadi.

Permainan “Siapakah Pelakunya??”

Kamu harus merasakan betapa menyenangkan permainan yang satu ini, yakni “Siapakah Pelakunya?”

Peraturan mainnya pun cukup sederhana, buat kelompok kecil atau besar bersama teman-teman sekantormu. Kalau ingin heboh dan ramai, disarankan untuk membentuk kelompok besar.

Setiap orang harus menyiapkan secarik kertas dan menuliskan aib terkonyol yang dimilikinya. Jika sudah, lipat kertas tersebut hingga tertutup dan kumpulkan ke dalam satu wadah.

Dan ini bagian yang paling menyenangkan, satu orang harus mengambil satu kertas dari tumpukkan tersebut dan membacakan isi tulisannya. Kemudian setiap orang harus menebak siapakah pelakunya.

Tentu kamu kamu akan tertawa dengan semua tingkah laku lucu yang terjadi. Apalagi jika kamu mengetahui siapa pelakunya dan melihat sang pelaku berusaha menutupi aib sambil menahan malu.

No Smilling

Sudah biasa dengan permainan yang membuat tertawa, kamu wajib mencoba sebuah permainan yang justru melarangmu untuk tertawa.

Nama permainan ini adalah “No Smilling”. Setiap karyawan harus duduk di tempatnya masing-masing serta perintahkan untuk tidak boleh tertawa sama sekali dalam waktu tertentu. Siapa yang dapat bertahan, maka ialah pemenangnya.

Percayalah, meski permainan ini melarang setiap orang tertawa justru hasilnya anti-klimaks. Akan sulit bagimu untuk menahan tawa melihat teman-teman sekantormu satu sama lain berupaya untuk menahan tawa.

What’s On Your Desk

Jika barang-barang yang terdapat di mejamu tidak digunakan saat istirahat, maka cobalah jadikan barang-barang tersebut sebagai objek permainan.

Ajak teman-temanmu yang lain untuk membawa satu barang yang terdapat di meja mereka, kemudian untuk berkumpul di suatu tempat.

Barang yang dibawa oleh masing-masing orang merupakan produk andalan mereka. Sehingga tugas selanjutnya adalah buatlah nama produk, slogan, hingga rencana pemasarannya.

Meski permainan ini bisa dikatakan cukup menuntut kreativitas, akan tetapi ada saja ulah temanmu yang akan memiliki gagasan out of the box dan konyol. Pastinya akan membuatmu sulit menahan tawa.

Permainan ini bisa dilakukan dalam jumlah orang yang banyak atau sedikit.

Kesimpulan

Tentunya ada banyak sekali ide permainan indoor untuk karyawan yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama teman kantormu. 

Ingin sedikit menguji nyali dengan permainan fearbox, mau mengetahui aib terkonyol temanmu dengan permainan “siapakah pelakunya”, atau bermain sambil menguji pengetahuan dan kreativitas dengan “The World Geography” dan blind drawing.

Pilihan ada ditanganmu bersama teman-temanmu se-kantor. Yang jelas dengan permainan tersebut kamu bisa mengisi waktu luang istirahat dengan menambah kekompakan serta keceriaan bersama. 

Selamat Mencoba!!

Share:

Tinggalkan komentar