11 Pertanyaan Interview Housekeeping Hotel dan Contoh Jawabannya

Bicara soal industri perhotelan, pastinya nggak bisa dilewatkan peran penting dari bagian housekeeping. Ini bukan cuma sekadar bersih-bersih, tapi juga soal kecermatan dan pelayanan prima kepada tamu.

Makanya, dalam interview untuk posisi housekeeper, HRD bakal mencari yang tahu betul soal tugas-tugasnya dan punya kemampuan lain seperti customer service. Beragam pertanyaan housekeeping hotel pasti akan ditanyakan, dan tak jarang langsung pada studi kasusnya.

Nah, buat kamu yang ngebet banget pengin sukses di bidang ini, gue udah siapin nih beberapa pertanyaan dan contoh jawabannya yang bisa ngebantu banget buat persiapan interview kamu.

Yuk cek, kisi-kisi pertanyaan interview houskeeping hotel dan contoh jawabannya berikut ini. Tentu, kamu juga akan perlu modifikasi jawabannya sesuai kebutuhan.

Pertanyaan Interview Housekeeping Hotel dan Contoh Jawabannya

1. Ceritain dikit tentang dirimu, dong.

Pertanyaan standar ini biasanya jadi pembuka. Nah, cobain fokus ke keterampilan dan pengalaman yang berkaitan langsung dengan posisi housekeeping.

Baca Juga:  Pengalaman Kerja di New Zealand: Tips dan Trik yang Harus Kamu Tahu

Contoh jawaban:

Saya tuh seorang housekeeper yang detail-oriented dan punya dedikasi tinggi buat bikin lingkungan hotel jadi bersih dan nyaman buat para tamu. Setiap hari, saya ngelakuin berbagai macem tugas kayak bersihin debu, ngepel, dan nyapu. Plus, pastinya saya juga ngecek area yang butuh perhatian khusus.

2. Menurut kamu, apa ciri-ciri housekeeper yang oke?

Kandidat ideal pastinya punya gambaran yang jelas tentang peran housekeeper. Nah, jelasin prosedur-prosedur dan peran-peran yang kamu tau berdasarkan pengalaman atau pengetahuanmu.

Contoh jawaban:

Housekeeper yang bagus bukan cuma pinter soal bahan pembersih doang. Mereka juga harus bisa diandalkan, punya detail, terorganisir, komunikatif, dan bisa nerima kritik dengan baik. Semua kualitas itu, saya yakin bisa saya bawa ke pekerjaan ini.

3. Apa yang paling kamu suka dari kerja di bagian housekeeping?

Ini waktu buat nunjukin semangat kamu dan apa yang kamu nikmati dari pekerjaan ini.

Contoh jawaban:

Saya suka banget tiap proses membersihkan dan ngurusin kamar atau ruangan. Rasanya kayak lagi bersihin rumah sendiri. Terus, saya juga seneng bisa interaksi sama tamu dan pastiin mereka puas dengan hasil kerja saya.

4. Tugas housekeeping yang paling kamu suka apa?

Biasanya tugas favorit itu yang paling kamu kuasai. Ini informasi penting buat HRD buat nentuin tugas utama kamu nantinya.

Contoh jawaban:

Di pekerjaan sebelumnya, saya sering banget cuci dan lipet handuk di ruang cuci. Saya ngerasa itu kayak terapi gitu. Sekarang, saya jadi ahli dalam melipet handuk dan selimut, plus ngerapikan tempat tidur.

5. Sebelum bersihin kamar, biasanya kamu mikirin apa dulu?

HRD mau tau apakah kamu siap hadapi tantangan atau hal-hal tak terduga. Ini kesempatan buat nunjukin komitmen kamu sebagai housekeeper.

Baca Juga:  Cara Membuat Portofolio Kerja yang Baik dan Benar

Contoh jawaban:

Saya nggak punya ekspektasi tinggi tentang kondisi kamar sebelum saya bersihin. Saya ngerti kalo kadang-kadang bisa berantakan, apalagi di hotel yang beragam tamunya. Saya siap bersihin kamar apapun kondisinya.

6. Gimana caranya kamu pastiin nggak ada yang terlewat?

Pertanyaan ini buat ngecek kemampuan organisasi kamu dan fokus kamu dalam menyelesaikan tugas housekeeping.

Contoh jawaban:

Saya selalu bikin catatan detail tentang apa aja yang harus dibersihin, biar semua tugas terlaksana dan saya bisa bekerja dengan efisien buat jaga tingkat kebersihan yang tinggi.

7. Gimana cara kamu tetap semangat dan termotivasi pas lagi kerja?

Ini penting, karena kamu bakal hadepin tugas-tugas yang bisa jadi tantangan, terutama pas lagi musim liburan atau tamu hotel lagi rame-rame.

Contoh jawaban:

Pas saya masih jadi housekeeper di hotel sebelumnya, saya pernah dapet tugas akhir bersihin kamar yang tadinya ditempati sama keluarga besar. Ruangannya bener-bener berantakan. Tapi saya nggak biarin diri saya frustasi. Saya langsung bersihin satu per satu, dan akhirnya kelar juga. Saya tetep semangat karena saya tau penghasilan tambahan itu bisa bantu saya buat hal-hal spesial buat keluarga. Dan manajer saya juga ngasih pujian plus tugas yang lebih gampang besoknya.

8. Apa kekuatan dan kelemahanmu?

Ini buat ngecek apakah kamu bisa ngomongin kekuatan dan kelemahan secara profesional, plus punya sikap positif tentang kelemahan kamu.

Contoh jawaban:

Saya itu perfeksionis. Saya selalu mau ngelakuin yang terbaik dan kadang itu bisa jadi kelemahan, karena saya bisa terlalu lama fokus di satu tugas. Tapi saya udah mulai belajar buat minta bantuan ke tim kalo saya nggak bisa selesain sendiri.

Baca Juga:  Perbedaan TKI dan Pekerja Migran: Definisi, Status Hukum, Tujuan Bekerja

9. Gimana cara kamu nangani masalah pas atasan nggak ada di tempat?

Housekeeper seringkali harus bisa kerja sendiri, jadi ini penting buat nunjukin kemampuan kamu nangani masalah sendiri.

Contoh jawaban:

Saya ngerti kalo keputusan itu biasanya harus diskusi dulu. Tapi kalo saya lagi hadepin masalah pas lagi kerja, saya bakal coba selesain sendiri dulu. Kalo ternyata saya nggak bisa, baru saya telpon supervisor, cerita situasinya, dan minta bantuan.

10. Kenapa kamu pengin banget kerja di hotel ini?

Pertanyaan ini buat liat seberapa tau kamu soal perusahaan dan gimana kontribusi kamu nanti.

Contoh Jawaban:

Saya pengin kerja di hotel ini karena saya udah denger banyak hal baik tentang hotel ini dari pengalaman tamu di berbagai platform booking hotel. Saya juga udah baca visi dan misinya, dan saya yakin banget saya bisa bawa kontribusi positif dengan kemampuan yang saya punya.

11. Bagaimana Anda menghadapi situasi di mana tamu tidak puas dengan hasil kerja Anda?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai kemampuan Anda dalam menangani konflik dan memastikan kepuasan tamu tetap terjaga.

Saya akan mendengarkan keluhan tamu dengan baik, meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mereka alami, dan berusaha segera menyelesaikan masalah sesuai keinginan mereka. Saya juga akan mencatat masukan mereka untuk mencegah kesalahan serupa di masa mendatang. Tujuan utama saya adalah memastikan tamu merasa didengar, dihargai, dan puas dengan solusi yang diberikan.

Nah, gitu deh beberapa contoh pertanyaan interview houskeeping hotel yang sering ditanyain. Semoga membantu buat persiapan interview kamu ya!

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar