12 Pertanyaan Interview Magang di Jepang dan Cara Menjawabnya

Mimpi bekerja di Jepang? Nah, sebelum melangkah lebih jauh, yuk persiapkan diri untuk wawancara magang di sana. Banyak yang terpikat oleh keindahan Jepang, mulai dari budayanya yang unik, anime, hingga musik J-Pop. Dan kabar gembiranya, ada banyak kesempatan magang yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan di Jepang.

Jika kamu kesulitan menemukan program magang lewat perusahaan swasta, jangan putus asa. Ada program magang yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan I’m Japan. Untuk detail syarat dan ketentuan, bisa langsung cek di situs resmi Program Magang I’m Japan. Nah, salah satu langkah pentingnya adalah melewati tes wawancara.

Apa saja sih pertanyaan interview magang di Jepang yang sering keluar?

Gaji magang di Jepang itu lumayan loh, bisa mencapai Rp7,5 juta sampai Rp17 jutaan menurut survei Glassdoor. Tapi, tentunya kamu harus bisa melewati semua tahapan seleksi, termasuk wawancara dalam Bahasa Jepang. Semua tes wawancara ini penting untuk menilai kemampuan berkomunikasi calon pemagang.

Berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan yang mungkin akan kamu hadapi saat wawancara magang di Jepang, lengkap dengan tips menjawabnya.

Pertanyaan Interview Magang di Jepang

Perkenalkan Diri Anda

Biasanya, ini adalah pertanyaan pembuka. Ceritakan tentang dirimu dalam Bahasa Jepang; mulai dari nama, pendidikan, sampai pengalaman yang relevan. Ingat, jangan terlalu panjang lebar.

Baca Juga:  Panduan Kota-kota di Indonesia: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Denpasar

Tanggal Lahir Anda?

Pertanyaan ini untuk mengetahui apakah kamu familiar dengan format tanggal di Jepang. Cukup jawab dengan menyebutkan tanggal lahir kamu dalam Bahasa Jepang.

Apa Hobi Anda?

Jawab dengan sederhana. Jika bisa, hubungkan hobi kamu dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu melamar sebagai teknisi, ceritakan tentang ketertarikanmu pada kendaraan atau mekanik.

Apa Tujuan Anda Pergi ke Jepang?

Jelaskan tujuan Anda dengan rinci, mulai dari pengembangan karir, belajar budaya, hingga peningkatan kemampuan bahasa dan profesionalisme. Menunjukkan bahwa Anda memiliki tujuan yang jelas dan realistis dapat meningkatkan kesan positif pada pewawancara.

Mengapa Anda Ingin Bekerja di Jepang?

Ini kesempatanmu untuk menunjukkan motivasi dan antusiasme. Ceritakan tentang kekagumanmu terhadap teknologi atau budaya Jepang, dan bagaimana itu sejalan dengan karier yang kamu inginkan.

Berapa Lama Anda Berencana Tinggal di Jepang?

Jawab dengan realistis, sesuai dengan durasi program magang. Tapi, tunjukkan juga keterbukaanmu terhadap peluang lain di masa depan.

Bisakah Anda Bekerja dengan Budaya Kerja Jepang?

Riset tentang budaya kerja di Jepang dan perusahaan spesifik yang kamu lamar. Ceritakan tentang kemampuanmu beradaptasi dan disiplin.

Pengalaman Kerja Sebelumnya?

Jika belum memiliki pengalaman kerja, ceritakan tentang pengalaman di organisasi, proyek kampus, atau magang.

Apa Harapan Anda untuk Masa Depan?

Ceritakan tentang harapan kariermu di perusahaan tersebut dan bagaimana itu bisa membantu rencana jangka panjangmu.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Pilih kelebihan yang relevan dengan pekerjaan dan ceritakan bagaimana kamu mengatasi kekuranganmu.

Tempat Apa yang Ingin Anda Kunjungi di Jepang?

Pertanyaan ini untuk mengukur pengetahuanmu tentang Jepang. Pilih tempat yang menunjukkan ketertarikanmu pada budaya atau sejarah Jepang.

Baca Juga:  Pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia: Definisi, Tujuan, dan Kebijakan

Apakah Ada Pertanyaan?

Ini kesempatanmu untuk menunjukkan antusiasme. Tanyakan tentang detail pekerjaan, proses seleksi berikutnya, atau kapan kamu diharapkan bisa mulai bekerja.

Nah, itulah beberapa pertanyaan interview magang di Jepang yang sering keluar dan mungkin akan kamu hadapi saat wawancara magang di Jepang. Semoga dengan persiapan ini, kamu bisa semakin dekat dengan mimpi bekerja di Negeri Sakura!

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar