Mudah Banget! Ini Syarat Part Time Pizza Hut, Gaji, dan Contoh Lamaran

Syarat kerja part time Pizza Hut adalah info menarik bagi para pemburu kerja paruh waktu. Sebagai salah satu brand pizza cepat saji ternama di Indonesia, nama merek ini termasuk yang paling populer di bidangnya.

Apalagi, Pizza Hut juga memberikan kesempatan kepada jobseeker untuk bisa bekerja part time. Jenis lowongan pekerjaan yang tak semua perusahaan mau membukanya.

Tapi, sudah tahukah kamu apa saja syarat kerja di Pizza Hut? Berapa gajinya dan bagaimana contoh surat lamarannya? Tugas Karyawan akan membagikannya spesial untuk kamu. Baca artikelnya sampai habis ya!

Sekilas Perusahaan Pizza Hut

Pizza Hut adalah merek yang sudah tergolong legendaris. Berdiri pada tahun 1958 dengan dua orang pendirinya yang saat itu masih kuliah. Yakni Dan Carney dan Frank Carney.

Baru berdiri satu tahun, Pizza Hut sudah membuka cabang (waralaba) dan punya enam buah outlet restoran. Lalu menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Di Indonesia, outlet pertama Pizza Hut ada pada tahun 1984. Awalnya hanya ada di Gedung Djakarta Theatre yang ada di daerah Thamrin, Jakarta. Hingga kini, outletnya semakin banyak dan menjangkau sekitar 22 provinsi di Indonesia.

Terhitung ada lebih dari 200 restoran Pizza Hut tersebar dari Aceh hingga Papua. Pemilik brand ini di Indonesia adalah PT Sarimelati Kencana. 

Jadi, ketika kamu mau melamar kerja ke Pizza Hut, maka nama perusahaan tersebutlah yang harus kamu jadikan tujuan.

Syarat Kerja Part Time di Pizza Hut

Bagi sobat Tugas Karyawan yang cari kerja, harus diketahui bahwa Pizza Hut punya dua sistem kerja bagi pegawainya. Yakni:

  • Full time (terikat kontrak dan bekerja tiap hari dengan waktu yang reguler)
  • Part time (Bekerja paruh waktu, dalam seminggu hanya beberapa hari saja, misalnya Sabtu Minggu)

Secara umum, syaratnya sih sama saja. Paling yang membedakan adalah : jika fulltime harus ada dalam posisi terikat dengan kegiatan lain, maka part time tak masalah. 

Faktanya, lowongan kerja part time Pizza Hut kerap menjadi buruan mahasiswa yang mencari tambahan uang saku pada akhir pekan atau pada waktu sedang tidak ada jam kuliah.

Adapun syarat syarat untuk kerja di Pizza Hut antara lain:

  • Usia 18 hingga 22 tahun
  • Minimal pendidikan lulus SMA/SMK
  • Untuk tinggi badan, perempuan minimal 157 cm sedangkan laki laki 165 cm
  • Punya KTP dan KTM (jika mahasiswa)
  • Berpenampilan menarik
  • Energik
  • Ceria

Bagaimana? Simpel sekali bukan syarat syaratnya?

Selebihnya, tentu kamu harus siap dengan mental pekerja yang bagus agar mampu tetap bertahan.

Budaya kerja di Pizza Hut

Sebelum kamu memutuskan untuk melamar, kamu mungkin perlu tahu juga bagaimana budaya kerja di restoran makanan Italia ini. Hal ini akan membantumu memberikan gambaran.

Tugas Karyawan membantumu menghimpun beberapa ulasan dari pekerja dan mantan pekerja Pizza Hut yang memberikan ulasannya di situs Qerja. Berikut beberapa poinnya:

  • Sangat mengutamakan kecepatan dalam pelayanan (harus gesit)
  • Pegawai tampil ceria
  • Sangat disiplin
  • Tegas dalam menjalankan SOP
  • Persaingan antar pegawai kompetitif
  • Kekeluargaan
  • Profesional
  • Kejujuran diutamakan
  • Jam kerja dan istirahat fleksibel

Kira kira, apakah sudah terbayang bagaimana jika kamu bisa lolos dan masuk menjadi bagian part timer Pizza Hut?

Berdasarkan penuturan salah satu mantan karyawan Pizza Hut di situs Qerja, mantan pegawai Pizza Hut juga kerap mendapat kemudahan ketika hendak melamar di tempat lain. Pasalnya, HRD umumnya tahu bagaimana kebiasaan dan kebudayaan yang terdapat di Pizza Hut.

Keren kan?

Gaji kerja part time di Pizza Hut

Dengan budaya kerja yang semacam itu, lantas berapa gaji part time Pizza Hut? Kamu pasti penasaran juga kan?

Berbeda dengan pekerja full time yang memiliki gaji tetap dan dibayar perbulan, seorang part timer di Pizza Hut mendapatkan gaji dengan sistem hitungan harian.

Setiap datang kerja, kamu akan dibayar Rp.145.000. 

Angka tersebut bisa kamu dapatkan dengan jam kerja 8 jam. Rinciannya 7 jam full kerja tanpa berhenti dan 1 jam istirahat. 

Dalam seminggu, umumnya pekerja part time bisa mendapatkan kesempatan kerja sebanyak 3 sampai 4 hari. Jadi, jika satu bulan itu sekitar 4 minggu, paling banter kamu bisa dapat kerja sebanyak 16 hari.

Tinggal hitung deh sebulan kira kira berapa? 145 ribu rupiah x 16? Kira kira 2,3 juta guys. Tapi ya itu kalau tiap minggu di kasih jam kerja maksimal.

Oh ya, angka itu sudah bersih. Kamu nggak perlu mikirin makan karena setiap hari kamu bisa dapat makan gratis. 

Cara dan proses kerja di Pizza Hut

Pertanyaannya, bagaimana cara kerja part time di Pizza Hut? Berikut kami berikan tahapannya:

1. Siapkan lamaran

Beberapa berkas lamaran yang perlu kamu siapkan antara lain:

  • Surat lamaran
  • CV
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Pas foto
  • Fotocopy KTP

2. Datang ke outlet Pizza Hut

Setelah dokumen lengkap, kamu bisa tancap gas menuju outlet Pizza Hut terdekat. Meski kamu nggak ngeliat ada poster atau info lowongan, kamu bisa aja datang langsung. 

Umumnya, Pizza Hut selalu membutuhkan pegawai kok. Terutama untuk posisi pelayan (waitress).

3. Tunggu kabar

Jika kamu beruntung, kamu mungkin hanya perlu menunggu sekitar satu minggu untuk mendapatkan panggilan. Tentu saja, panggilan ini bukan panggilan kerja ya, tapi panggilan tes.

4. Ikut tes dengan baik

Dalam tes ini, setidaknya calon pekerja part time akan melalui tiga tahapan yang lumayan melelahkan. Tapi kalau memang butuh tentu kamu harus melakoninya.

  • Tahap tes pertama : Tes tinggi badan 

Setiap pelamar akan dipastikan dulu tinggi badannya sudah sesuai persyaratan. Laki laki 165 cm dan perempuan 155 cm. Jadi kalau kamu di bawah itu, sebaiknya jangan buang waktu untuk melamar ke Pizza Hut karena pasti tertolak.

  • Tahap tes kedua : Tes Psikotes

Pelamar yang tinggi badannya sesuai, akan masuk ke sebuah ruangan dan mengerjakan puluhan soal psikotes. Dalam tahapan ini, Pizza Hut berusaha menyaring pelamar yang punya kriteria karakter sesuai dengan apa yang Pizza Hut butuhkan.

  • Tahap tes ketiga : Tes Role Play

Peserta yang lolos psikotes jangan senang dulu karena mereka harus ikut tes role play atau bermain peran. Jadi nanti kamu akan tim Pizza Hut minta untuk menirukan peran sebagai waitress, tamu, serta pencatat menu. Tentu saja ada yang lolos dan akan ada juga yang gagal.

5. Ikut pelatihan (training) kerja

Sebelum benar benar bekerja, kamu akan harus ikut masa pelatihan dulu kira kira 5 hari. Apa saja konten pelatihannya?

  • Cara dandan (khusus pelamar wanita)
  • Pelatihan melayani tamu dengan baik
  • Menghafalkan alat alat makan dan minum yang ada di outlet Pizza Hut
  • Menghafalkan jenis jenis menu
  • Tes tulis

Nah, setelah semua tahap kamu lalui, nanti kamu akan diberikan tugas penempatan kerja di cabang Pizza Hut yang manajemen tentukan.

Jika kamu mau dan serius, mungkin saja dalam prosesnya kamu akan ditawari kontrak menjadi full timer.

Contoh surat lamaran kerja di Pizza Hut

Apakah setelah membaca uraian uraian Tugas Karyawan sebelumnya kamu makin tertarik? Andaikata sudah semakin tertarik, kamu bisa langsung eksekusi langkahnya.

Kamu bisa mulai dengan membuat surat lamarannya.

Untuk memudahkanmu, kami akan coba bagikan contoh surat lamaran kerja Pizza Hut. Kamu bisa tiru dan modifikasi sesuai keperluan.

Bandung, 5 Januari 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan Part Time

Kepada Yth.

Manager HRD PT Sarimelati Kencana

Jl. Bangkinang No.22 

Bandung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan mengenai lowongan kerja Part Time di PT Sarimelati Kencana, saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi part time waitress.

Adapun mengenai data singkat diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : Harun Razak

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 22 Mei 2000

Pendidikan terakhir : SMK Jurusan Tata Boga 

Alamat : Jl. Wangsa Atmaja No.55, Bandung

Nomor HP : 0925702920

Alamat email : harunrazak55@gmail.com

Status perkawinan : Belum menikah

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan sebagai Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:

  1. CV (Daftar Riwayat Hidup)
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy KTM
  4. Ijazah terakhir (fotocopy)
  5. Pas foto terbaru

Besar harapan saya agar diberi kesempatan untuk bisa berlanjut ke tahapan selanjutnya untuk menjelaskan berbagai hal mengenai diri saya. Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Harun Razak

Penutup

Kira kira, masih ada yang kurang nggak dari informasi yang kami sampaikan mengenai syarat part time di Pizza Hut, gaji, dan cara melamarnya? Kayaknya sih sudah jelas ya. Sekarang, kamu tinggal action sambil membekali diri dengan doa dan kesungguhan

Semoga beruntung!

4.7/5 - (29 votes)
Share:

3 pemikiran pada “Mudah Banget! Ini Syarat Part Time Pizza Hut, Gaji, dan Contoh Lamaran”

  1. Makasih banyak buat infonya kak. Saya mau tanya, saat datang ke outlet pizza hut terdekat apa harus mencari manajernya dulu atau dititipkan langsung? Kemudian jika diterima akan dipanggil di outlet tersebut atau ada kemungkinan di outlet lainnya? terima kasih.

  2. Pas training kan itu ada tes tulis… Kl hasil tea tulisnya jelek…apa bakal gugur..atau kl udah masuk training udah pasti bakal diterima kerja?

Tinggalkan komentar