5+ Contoh Cover Letter yang Baik dan Panduan Membuatnya

Contoh Cover Letter
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Kamu sedang berusaha melamar kerja?

Cover letter menjadi bagian penting yang harus diperhatikan pelamar kerja saat mengirimkan lamaran. Apalagi jika dikirim secara online. Pemahaman tentang contoh cover letter yang tepat tentu akan membantu memperbesar peluang mendapatkan kerja.

Sayangnya, masih banyak job hunter yang belum tahu dan kurang mempedulikan kualitas dokumen ini. Padahal, membuat contoh cover letter yang baik tidaklah terlalu sulit.

Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa contoh yang bagus berikut panduan. Jangan abaikan artikel ini kamu memang serius mendapatkan pekerjaan.

Pengertian Cover Letter

Cover letter adalah surat pengantar yang digunakan untuk kepentingan melamar kerja.

Jika seluruh berkas lamaran diurutkan, maka posisinya ditaruh di bagian paling depan. Ia mendahului dokumen-dokumen lain seperti CV, ijazah, sertifikat, dan lainnya.

Oleh karena itu, dokumen ini perlu dibuat dengan baik. Mengingat kemungkinannya dibaca paling awal oleh HRD. Jangan sampai seluruh berkas yang sudah disiapkan diabaikan oleh HRD gara-gara cover letter yang kamu buat jelek.

Dalam proses pembuatannya, kamu perlu mengikuti standar umum yang berlaku. Ada format baku untuk dijadikan pegangan pelamar kerja.

Ada orang yang bertanya, apakah surat iniberbeda dengan surat lamaran pekerjaan? Jawabannya poin yang sama, namun ada bedanya.

Perbedaan cover letter dan surat lamaran yang mencolok ada pada bagian tujuan dan isinya.

Jika surat lamaran arahnya lebih kepada menunjukan minat, sedangkan cover letter pada deskripsi dan identifikasi diri. Konseukensinya, isi dan formatnya juga ikutan beda.

Format Cover Letter

Untuk memahami format yang benar dan lengkap, kamu bisa perhatikan gambar berikut ini yang saya ambil dari Ionos.com:

Format Cover Letter

Sudah diamati? Mari kita bedah satu per-satu format pada gambar di atas!

1. Tanggal (Date)

Meski diformat berbahasa Inggris di atas tidak tercantum, menuliskan tanggal adalah kelaziman dalam pembuatan surat berbahasa Indonesia. Jadi, kamu perlu menuliskannya.

2. Kontak pelamar kerja (Applicant contact details)

Bagian ini isinya berupa data kontak dirimu sebagai pelamar. Kamu bisa mencantumkan nama jelas (sesuai KTP), alamat tempat tinggalmu, nomor HP, serta alamat email aktif.

Namun untuk mempersingkat konten surat, bagian ini bisa saja dihilangkan. Toh biasanya data ini juga ditulis di map serta CV yang kamu kirimkan kan? Jika dikirim via email, beberapa data kontak pelamar kerja juga secara otomatis diketahui perusahaan sebagai penerima pesan.

Surat-surat lamaran berbahasa Indonesia juga biasanya mewajarkan jika bagian ini dilewatkan saja. Meski jika ada tentu boleh saja.

3. Informasi penerima/pembuka lowongan (Receipent contact information)

Pada bagian bawahnya, kamu bisa cantumkan juga informasi perusahaan yang menjadi tujuan surat lamaran. Kamu bisa tuliskan nama perusahaan serta alamat kantor tempatnya beroperasi.

Jika tau nama orang yang mewakili perusahaan sebagai recruiter, kamu bisa sekaligus menyebutkan namanya.

4. Tujuan (Subject)

Bagian ini berisi posisi kerja yang kamu tuju. Tentu saja perlu ditulis sesuai dengan lowongan tersedia. Pastikan nama posisinya benar sesuai dengan informasi yang diberikan perusahaan saat membuka lowongan.

Jika kamu mengirimkan cover letter lewat email, maka kolom subject pada email juga diisi dengan konten ini.

Oh ya, bagian ini bisa saja kamu skip apabila kamu menyampaikan tujuan juga pada bagian perkenalan.

5. Kalimat sapaan (Greeting)

Selanjutnya, kamu perlu menyampaikan kalimat sapaan kepada perusahaan. Kamu bisa menggunakan kalimat ‘assalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu’ jika perusahaan tujuan kamu ketahui punya nuansa Islami. Jika tidak, sebaiknya gunakan sapaan netral seperti ‘dengan hormat’.

Untuk cover letter berbahasa Inggris, sapaan biasanya dengan kata semisal dear serta tambahan nama orang yang mewakili pihak perusahaan.

6. Bagian perkenalan (Introduction remarks)

Pada bagian ini, kamu bisa mulai memperkenalkan diri. Namun, agar tak bertele-tele kamu perlu tahu apa poin utama yang harus disampaikan pada bagian ini.

Baca Juga:  Download 25+ Contoh Surat Lamaran Kerja

Biasanya, ada 2 hal yang diungkapkan.

Pertama, bagaimana ceritanya kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dimaksud?

Kedua, alasan kuat yang membuatmu tertarik mengirimkan lamaran.

Sampaikan keduanya dengan jelas dan singkat. Satu paragraf dengan 3 kalimat sudah cukup.

7. Bagian utama/inti (Main Body)

Masuk ke bagian inti surat, kamu bisa ungkapkan lebih jauh tentang hal-hal bisa sedikit menunjukan kelayakanmu untuk diterima.

Disini, kamu bisa secara singkat menginformasikan berbagai skills yang dimiliki. Baik itu berupa softskills maupun hardskills.

 Tapi ingat, jangan berbohong. Sampaikan apa adanya. Idealnya, skills yang kamu ungkap bisa dibuktikan di berkas-berkas lampiran seperti sertifikat keahlian, prestasi, atau portofilio.

Selain itu, kamu juga hanya perlu menyampaikan skills yang relevan dengan posisi kerja tujuan. Menyampaikan skills di luar itu hanya kesia-siaan. Pasti akan dianggap sebelah mata oleh recruiter.

8. Pengalaman kerja relevan (Relevance work experience)

Paragraf selanjutnya, kamu bisa isi dengan menyampaikan pengalaman kerjamu berhubungan dengan posisi kerja tujuan. HRD biasanya sangat tertarik jika hal ini disampaikan.

Namun karena ruang menulisnya singkat, kamu bisa tulis beberapa pekerjaan atau proyek terbaik yang pernah dikerjakan saja. Hal ini akan menjadi gerbang yang membuat HRD mau masuk mempelajari pengalamanmu lebih dalam di dokumen lainnya.

9. Penutup (Conclusion)

Pada bagian penutup, kamu bisa sampaikan tujuan dan harapanmu terhadap surat lamaran yang sudah disiapkan. Tunjukan ketertarikan, minat, serta komitmen tinggi terhadap lowongan yang dibuka perusahaan.

Terakhir, pungkas surat dengan menuliskan tanda hormat, tanda tangan, serta nama jelasmu.

Contoh cover letter untuk berbagai tujuan

Untuk mempermudah pemahaman dan memudahkanmu, saya coba berikan beberapa contoh cover letter yang benar untuk kamu tiru dan modifikasi.

Jika ada kesamaan nama orang, nama tempat, dan nama perusahaan, mohon jangan tersinggung dan lapor polisi. Surat ini hanyalah contoh belaka.

Contoh cover letter desain grafis

10 Januari 2020

Kepada

Yth.Bapak/Ibu Manajer SDM

PT Mencari Dunia Lain

Jl. Soekarno-Hatta No.99

Bandung

Dengan hormat,

Perkenalkan, saya Tiara Sulastri, Sarjana Desain Komunikasi Visual UNIKOM Bandung. Pada tanggal 5 Januari, saya mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja sebagai desainer grafis di PT Mencari Dunia lain.

Ketertarikan saya didukung dengan keterampilan yang saya miliki. Selain kuliah di jurusan desain, saya juga pernah mengikuti berbagai kursus yang mempertajam keahlian. Mulai dari kursus membuat logo, infografis, banner, hingga social media post.

Berbagai keahlian yang saya miliki sudah diaplikasikan dalam pekerjaan-pekerjaan yang pernah saya geluti. Semasa kuliah, saya 3 tahun bekerja di percetakan. Selain itu, saya juga aktif mengelola akun instagram dengan topik edukasi desain 2 tahun ke belakang.

Sebagai pendukung, saya lampirkan CV dan berbagai dokumen yang bisa dijadikan pertimbangan. Besar harapan saya bisa bergabung dalam PT Mencari Dunia Lain. Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Tiara Sulastri

Contoh cover letter perawat

11 Januari 2020

Edi Baskoro, S.Kp.

Jl.Menteng Agung No.11, Jombang, Jawa Timur

08795225555/ edibaskoro77@gmail.com

Kepada Yth.Bapak/Ibu Kepala HRD

Rumah Sakit Bahagia Selalu

Jl. Aryawinangun No.20-22

Surabaya

Dengan hormat,

Memulai surat ini, izinkan saya memperkenalkan diri. Saya Edi Baskoro, Sarjana Keperawatan yang pada 7 Januari lalu mendapatkan pemberitahuan tentang adanya lowongan kerja dari RS Bahagia Selalu. Adapun posisi yang saya lamar adalah perawat, sesuai dengan bidang yang sudah 7 tahun saya dalami.

Ketika lulus kuliah, saya diwisuda dengan predikat sarjana keperawatan terbaik dari kampus. Saya juga memiliki berbagai keahlian lain yang didapat dari berbagai kursus dan pelatihan. Mulai dari akupuntur, rukiyah, dan trauma healing.

Sejak lulus, saya sempat bekerja selama 2 tahun di sebuah klinik sebagai perawat. Sebelumnya, saya sempat magang di RSUD Planet Namec untuk pekerjaan yang sama.

Semoga surat lamaran dan berbagai dokumen yang saya lampirkan dapat dijadikan pertimbangan untuk Bapak/Ibu. Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, Saya ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Edi Baskoro, S.Kp.

Contoh cover letter guru

13 Januari 2020

Kepada

Yth.Bapak/Ibu Kepala

SMK Juara Sejati

Jl. Panyingkiran No.99-100

Bandung

Dengan hormat,

Sebelumnya izin mperkenalkan diri. Nama saya Fauzi Romadon, seorang Sarjana Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan info lowongan kerja yang saya dapat dari halaman Facebook resmi milik SMK Juara Sejati, saya bermaksud mengajukan lamaran. Pengalaman saya bertahun-tahun bergelut dalam dunia pendidikan Islam melatari saya untuk melamar pada posisi Guru PAI di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Baca Juga:  5+ Contoh CV Bahasa Indonesia dan Panduan Lengkap Membuatnya

Selain menguasai ilmu pedadogi dan pengetahuan akademik seputar PAI, saya juga memiliki skill lain. Saya menggeluti dunia dakwah dan sering mengikuti pelatihan yang berhubungan dengannya. Diantaranya pelatihan khotbah, pelatihan retorika dakwah, dan pelatihan yang berhubungan dengan PAI lainnya.

Sejak lulus kuliah tahun 2017, saya aktif mengelola Taman Pendidikan al-Quran hingga sekarang. Saya juga sempat menjuarai beberapa lomba seperti lomba Tilawatil Qur’an MTQ tingkat Kabupaten Bandung.

Mudah-mudahan surat lamaran beserta dokumen pendukung yang saya kirimkan dapat menjadi bahan pertimbangan. Saya menaruh harapan untuk bisa bergabung mengembangkan sekolah yang Ibu/Bapak pimpin. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapakan terimakasih.

Hormat saya,

Fauzan Romadon, S.PdI.

Contoh cover letter fresh graduate

19 Januari 2020

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Manajer HRD

Tokomedia

 Jl. Sudarmono No.77

Jakarta

Dengan hormat,

Saya menuliskan surat ini setelah melihat informasi lowongan kerja Tokomedia di situs Job Street Boy. Latar belakang saya yang duduk dibangku kuliah jurusan manajemen pemasaran membuat saya tertarik mengirimkan lamaran. Saya berharap bisa berkontribusi bersama Tokomedia untuk mengisi pekerjaan sebagai Digital Marketer.

Meskipun belum punya pengalaman kerja, sejak kuliah saya aktif mempelajari banyak hal seputar digital marketing. Saya beberapa kali mengikuti seminar dan workshop tentang berbagai topik terkait. Mulai dari facebook marketing, instagram marketing, dan SEO (Search Engine Optimization) marketing.

Selain itu saya juga berpengalaman mengelola akun sosial media non-profit yang berfokus pada bidang sosial kemanusiaan. Saya aktif membuat desain postingan, copywrite, serta melakukan analisis trafik bersama tim yang saya pimpin.

Bersamaan dengan surat lamaran ini, saya sertakan juga berbagai dokumen pendukung yang bisa Bapak/Ibu pertimbangkan. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Erika Hakim, S.E.

Contoh cover letter penulis (content writer)

22 Januari 2020

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala HRD

PT Surya Digital

 Jl. Maritim No.55

Palembang

Dengan hormat,

Setelah membaca informasi lowongan kerja yang dibuka PT Surya Digital dari situs Kerja Yuk, saya tertarik untuk mengajukan lamaran. Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya di dunia kepenulisan, membuat saya berminat melamar pada posisi content writer.

Latar belakang saya adalah Sarjana Pendidikan Bahasa Jerman. Namun, saya menaruh minat yang besar dalam dunia tulis menulis. Oleh karena itu, saya juga sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan kepenulisan yang digelar oleh berbagai lembaga.

Ada beberapa genre kepenulisan yang saya kuasai dan miliki portofolionya. Diantara artikel blog (SEO), artikel opini media massa, straight news, in depth news, serta penulisan akademik. Dalam 5 tahun terakhir, saya aktif menulis berbagai genre tulisan di atas.

Kiprah saya di dunia kerja juga selalu berhubungan dengan dunia kepenulisan. 3 tahun terakhir saya aktif menjadi redaktur di media online. Saya juga aktif mengelola blog pribadi sejak tahun 2015 hingga sekarang.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berbagai berkas pendukung. Alangkah bahagia jika saya bisa ikut bergabung membesarkan PT Surya Digital. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

Joko Santoso, S.Pd.

Contoh cover letter akuntan

20 Januari 2020

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala HRD

PT Nirwana Jaya Sakti

 Jl. Maritim No.55

Palembang

Dengan hormat,

Sebagai pembuka, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Sri Wahyuningsih, Sarjana Akuntasi yang berpengalaman lebih dari 10 tahun menjadi akuntan. Saya menaruh minat terhadap posisi pekerjaan akuntan yang dibuka oleh PT Nirwana Jaya Sakti setelah membaca info di Harian Pikiran Rapat.

Latar belakang pendidikan saya di jurusan akuntansi ditambah berbagai sertifikat yang dimiliki menjadikan wawasan saya dibidang ini cukup luas. Dalam rentang 10 tahun terakhir, ada sekitar 30 sertifikat pelatihan yang saya dapatkan. Semuanya saya lampirkan dalam dokumen pendukung.

Saya terbiasa membuat laporan keuangan neraca, laba-rugi, perubahan modal, pajak, serta audit. Selain itu, saya juga punya keahlian dalam melakukan analisis data untuk mendukung kemajuan perusahaan.

10 tahun terakhir, saya bekerja di PT Indomood. Jabatan terakhir yang saya duduki adalah staff akuntan. Selain itu, saya sempat membuka jasa konsultan keuangan dan pajak secara freelance selama 5 tahun.

Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dalam seluruh berkas lamaran dapat dijadikan bahan pertimbangan. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Sri Wahyuningsih, S.E.

Tips Membuat Cover Letter

Sebagai tambahan sebelum kamu benar-benar menyusun cover letter, saya merasa perlu membagikan beberapa tips. Dengan panduan tips ini, semoga surat yang kamu susun lebih bagus lagi. Bahkan, lebih bagus dari contoh yang saya sajikan di atas.

Baca Juga:  5 Contoh Surat Rekomendasi Kerja untuk Berbagai Keperluan

Berikut tipsnya:

1. Baca info lowongan kerja baik-baik

Sebagai pihak yang mengajukan permintaan, kamu harus punya chemistry dengan perusahaan. Jangan ada kesalahpahaman antara dirimu dan dirinya.

Maka dari itu, untuk menghindari mis informasi dan mis komunikasi dalam surat, baca info lowongannya dengan hati-hati. Bahkan setelah cover letter dibuat, kamu bisa baca lagi untuk meyakinkan bahwa isi suratmu.

2. Buat dalam satu halaman saja

Untuk memudahkan recruiter mempelajari suratmu, sebaiknya buat cover letter dalam satu lembar saja.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu menyampaikan isi surat dengan efektif. Dalam artian, menyampaikan dengan jelas dengan bahasa yang seringkas mungkin.

Hindari kalimat-kalimat yang tidak perlu. Terlalu bertele-tele juga mungkin akan membuat HRD jadi kurang tertarik.

3. Percaya diri sewajarnya

Kepercayaan diri memang poin plus. Tapi menampakannya secara berlebihan mungkin bisa menjadi poin minus di mata perusahaan.

Maka dari itu kamu tak perlu overclaim dengan mengaku ini dan itu secara berlebihan. Gunakan bahasa yang merendah namun tetap elegan untuk menunjukan kelayakan.

Pilihan bahasa semacam ini akan lebih dihargai. Sebaliknya, PD yang berlebihan bisa bikin orang hilang respect. Apalagi jika kamu tak menyajikan dokumen pendukung yang memadai seperti sertifikat pelatihan, sertifikat prestasi, atau portofolio yang skillfull.

4. Jangan copy paste

Untuk contoh, mungkin saja kamu bisa menjadikan konten-konten di internet sebagai patokan. Namun ketika dituangkan untuk kepentingan lamaran kerjamu, sebisa mungkin jangan copy paste dan asal ganti nama saja.

Alangkah lebih bagus yang ditiru hanyalah kerangka dan poin-poin penting yang mesti dibuat. Selebihnya, gunakan bahasa sendiri. HRD yang sudah berpengalaman membaca cover letters hingga puluhan ribu kali pasti bisa tahu mana yang copy paste dan mana yang natural.

Sebagai solusinya, kamu bisa gunakan teknik parafrase. Cari ilmunya yang bertebaran di internet.

5. Buktikan bahwa kamu layak dapatkan posisi tujuan

Sejatinya, cover letter beserta seluruh dokumen yang kamu buat ditujukan untuk meyakinkan recruiter bahwa kamu layak ada di posisi yang dituju.

Oleh karena itu, kamu perlu menguraikan berbagai hal yang mendukung keyakinan perusahaan atas kualitasmu.

Sajikan informasi-informasi tentang pengalamanmu yang relevan dengan bidang yang dituju sebaik mungkin. Mulai dari pengalaman pendidikan, pelatihan, pekerjaan, atau mungkin organisasi.

Jika pengalaman hebatmu terlampau banyak, kamu bisa pilih yang paling hebat dan bakal memberi pengaruh. Prestasi dan skill yang kurang relevan abaikan saja.

6. Tunjukan profesionalitas

Perusahaan yang kamu tuju adalah orang asing. Mereka tak sama sekali mengenalmu.

Maka kamu perlu menampilkan kesan yang profesional. Misalnya dengan menggunakan bahasa Indonesia baku untuk kepentingan formal.

Selain itu, hindari juga pernyataan-pernyataan yang berpotensi menunjukan kamu bukan orang terpelajar. Kalimat-kalimat kasar atau pilihan kata dengan nada merendahkan juga tak boleh muncul.

7. Minta orang lain lakukan proofreading

Ketika kamu sudah membuatnya dalam bentuk jadi, jangan dulu dikirim.

Alangkah baiknya jika kamu melalui proses proofreading atau uji baca. Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk membaca ulang cover letter yang sudah dibuat. Minta ia mengoreksi dan memberikan masukan.

Mengapa harus orang lain?

Soalnya diri sendiri cenderung merasa benar. Akibatnya, potensi deteksi kesalahan yang luput jadi lebih tinggi. Otomatis kamu akan sulit melakukan perbaikan.

8. Gunakan kemudahan teknologi

Untuk membuat cover letter lebih mudah dan tampak profesional, kamu juga bisa manfaatkan teknologi yang ada.

Misalnya dengan membuat cover letter secara gratis di situs-situs pembuat cover letter yang ada bisa ditemukan di internet. Kamu biasanya hanya perlu menyiapkan bahan tulisan. Format teksnya sudah disediakan dan tinggal di input teks yang kamu sudah buat.

Setelah jadi, kamu bisa dengan mudah mendownloadnya dalam berbagai format. Umumnya doc dan pdf.

Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah resumegenius.com. Coba buka dan buat di sana.

Jika kurang puas, masih banyak situs lain. Kamu tinggal tulis ‘pembuat cover letter’ di kolom pencarian Google, pasti akan muncul banyak situs yang bisa dicoba.

Setelah mengamati contoh cover letter, struktur, serta tips membuatnya, waktunya kamu untuk action. Jangan ragu untuk mulai membuatnya dengan memperhatikan apa yang saya sampaikan di atas. Semoga surat pengantar yang kamu buat bisa menjadi sarana yang mengantarkanmu diterima kerja.

Farhan

Farhan

Halo, saya adalah seoarang guru, suka berbagi dan hobi menulis. Anda bisa memberikan pertanyaan, kritikan dan saran dikolom komentar terhadap apa yang saya sajikan di website ini.

Tinggalkan komentar

seventeen − twelve =