Rentang Gaji TKI Malaysia di Restoran 2024, Lebih dari UMR!

Salam sejahtera, para pejuang perbatasan! Kita semua tahu betapa besar tantangan dan pengorbanan yang harus dihadapi oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang merantau ke Malaysia, terutama bagi mereka yang bekerja di sektor restoran.

Tapi, di balik semangat pantang menyerah, masih banyak pertanyaan yang menggantung, salah satunya tentang gaji.

Ya, gaji bukan cuma sekadar angka, tapi juga menyangkut keberlangsungan hidup dan masa depan kita.

Omong-omong, berapa ya gaji TKI Malaysia di Restoran?

Bayangkan, setiap harinya, ribuan TKI bekerja keras di dapur-dapur dan di meja-meja restoran, memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarga di tanah air.

Namun, seringkali mereka masih bingung tentang berapa sebenarnya gaji yang layak mereka terima, bagaimana cara menegosiasikan gaji yang adil, atau bahkan apa hak-hak mereka terkait gaji di Malaysia.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk benar-benar memahami topik ini secara mendalam. Dengan begitu, kita dapat memberikan dukungan dan informasi yang tepat kepada saudara-saudara kita yang bekerja keras di luar negeri.

So, mari kita gali lebih dalam dan temukan jawabannya bersama-sama!

Rentang Gaji TKI Malaysia di Restoran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besaran gaji TKI Malaysia di restoran dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Pada saat artikel ini ditulis (16 April 2024), nilai tukar 1 Ringgit Malaysia adalah Rp3.375,-. Nah jika dilihat dari nilai tukar itu, gaji TKI Malaysia di restoran minimal mencapai Rp4 juta per bulan.

Berikut adalah kisaran gaji TKI Malaysia di restoran untuk beberapa posisi umum:

  • Penjaga keamanan: RM 1500 – 1800 per bulan  (Rp5-6 juta per bulan)
  • Petugas kebersihan: RM 1200 – 1500 per bulan (Rp4-5 juta per bulan)
  • Petugas cuci piring: RM 1200 – 1500 per bulan (Rp4-5 juta per bulan)
  • Waiter/waitress: RM 1200 – 1500 per bulan (Rp4-5 juta per bulan)
  • Kasir: RM 1200 – 1500 per bulan (Rp4-5 juta per bulan)
  • Cook helper: RM 1300 – 1700 per bulan (Rp4,3-5,3 juta per bulan)
  • Koki: RM 1500 – 2000 per bulan (Rp5-7 juta per bulan)
  • Manajer restoran: RM 2500 – 3500 per bulan (Rp8,4-12 juta per bulan)
Baca Juga:  Gaji TKI di Selandia Baru 2024 dalam 39 Bidang Pekerjaan (Lengkap)

Rentang gaji tersebut dapat berubah berdasarkan lokasi, ukuran restoran, dan pengalaman kerja individu. Penting untuk memahami dan menegosiasikan gaji dengan bijaksana untuk mendapatkan kompensasi yang adil.

Hak-hak TKI terkait Gaji di Malaysia

Sebagai pekerja migran, TKI di Malaysia memiliki hak-hak yang dilindungi oleh undang-undang terkait pembayaran gaji. Ini mencakup hak untuk menerima gaji yang sesuai dengan perjanjian kerja, pembayaran yang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, serta hak atas cuti yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain itu, mereka juga memiliki hak untuk dilindungi dari diskriminasi gaji berdasarkan jenis kelamin, agama, atau asal-usul etnis.

Jika ada pelanggaran hak terkait gaji, TKI memiliki hak untuk melaporkan masalah tersebut ke otoritas yang berwenang atau menghubungi organisasi yang dapat memberikan bantuan hukum.

Informasi Tambahan dan Sumber Daya

Selain memahami hak-hak mereka terkait gaji, penting bagi TKI untuk mencari informasi tambahan dan sumber daya yang dapat membantu mereka mengelola masalah terkait gaji. Departemen tenaga kerja setempat biasanya menyediakan informasi terkait regulasi dan peraturan yang berkaitan dengan gaji pekerja migran.

Selain itu, organisasi buruh atau konsultan hukum yang berfokus pada hak-hak pekerja migran juga dapat memberikan bantuan dan nasihat yang diperlukan.

Berbicara dengan sesama TKI dan berbagi pengalaman juga bisa menjadi sumber wawasan yang berharga dalam menavigasi isu-isu terkait gaji di tempat kerja mereka.

Dengan mengetahui kisaran gaji TKI di restoran Malaysia, hak-hak pekerja, dan sumber daya yang tersedia, TKI dapat lebih percaya diri dalam memperjuangkan hak-hak mereka dan memastikan kesejahteraan finansial mereka di negeri orang.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang bermanfaat dan membantu para TKI dalam perjalanan mereka.

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar