Gaji Pertambangan di Kalimantan 2024, Bisa Tembus Dua Digit!

Bumi Kalimantan menyimpan kekayaan alam yang melimpah, menjadi sumber kebanggaan bagi Indonesia dan menyumbang dalam skala global untuk industri pertambangan. Dari batu bara hingga intan, keberlimpahan sumber daya alam ini menarik perhatian banyak perusahaan tambang yang mendirikan operasi mereka di wilayah tersebut.

Hal ini memberikan kesempatan karier yang menjanjikan bagi individu yang mencari pekerjaan di sektor tambang ini.

Gaji pertambangan di Kalimantan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja. Data mengungkapkan rentang gaji yang menarik dari supervisor hingga direktur, menunjukkan bahwa industri ini menawarkan imbalan finansial yang besar bagi para profesionalnya.

Peluang karier yang luas dan imbalan yang besar membuat industri pertambangan di Kalimantan menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan dalam karier mereka.

Melihat lebih jauh, dunia pertambangan di Kalimantan bukan hanya tentang gaji yang menggiurkan, tetapi juga tentang prospek pekerjaan yang menarik.

Dari teknisi hingga ahli keuangan, berbagai peran yang tersedia menjanjikan tantangan dan pengembangan karier yang berkelanjutan bagi para pekerja di sektor ini.

Gaji Pertambangan di Kalimantan

Melihat ke belantara data gaji dari Indonesia Salary Guide 2023, tak terelakkan untuk mengangguk kagum atas besaran gaji yang ditawarkan dalam sektor pertambangan. Dari supervisor hingga direktur, gaji yang ditawarkan tak main-main.

Berikut ini adalah rincian gaji beberapa posisi kunci dalam industri pertambangan di Kalimantan:

  • Supervisor Mining Operations / Geology / Engineering / Maintenance

Gaji: Rp 20 juta/bulan

  • Superintendent Mining Operations / Geology / Engineering / Maintenance

Gaji: Rp 25 juta/bulan

  • Superintendent Processing Plant
Baca Juga:  Gaji Karyawan Alfamart Terbaru, Jabatan & Jenjang Kariernya

Gaji: Rp 25 juta/bulan

  • Manager Maintenance/Engineering

Gaji: Rp 45 juta/bulan

  • Senior Geologist

Gaji: Rp 50 juta/bulan

  • Manager Mining Operations

Gaji: Rp 50 juta/bulan

  • Senior Manager Metallurgist

Gaji: Rp 55 juta/bulan

  • Manager Processing Plant

Gaji: Rp 65 juta/bulan

  • General Manager Processing Plant

Gaji: Rp 90 juta/bulan

  • General Manager Mining Operations

Gaji: Rp 90 juta/bulan

  • Director Mining Operations

Gaji: Rp 230 juta/bulan

Tak terasa, gaji tertinggi dalam sektor ini, yang diduduki oleh posisi Director Mining Operations, mencapai Rp 230 juta per bulan! Sungguh angka yang menggoda, mengingat tingginya tanggung jawab dan tekanan dalam posisi tersebut.

Tentu skala kebutuhan setiap korporasi juga berbeda, dan ini memengaruhi rentang gaji karyawan mereka. Semakin besar Perusahaan jelas berpengaruh pada tawaran gaji pada setiap posisi.

Kendati demikian, kita tetap bisa sepakat kalau gaji pertambangan di Kalimantan memang sulit dibandingkan dengan UMR kabupaten kan?

Prospek Karier yang Menarik dalam Pertambangan

Tak hanya soal gaji, industri pertambangan juga menawarkan ragam prospek karier yang menarik. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa dijelajahi bagi mereka yang tertarik merambah dunia tambang:

Teknisi atau Operator

Bagi yang terampil dalam mengoperasikan alat berat, peran sebagai teknisi atau operator bisa menjadi pilihan tepat. Dalam mengelola proses eskavasi, keahlian mereka sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran operasi tambang.

Insinyur Pertambangan

Mengembangkan model pembangunan tambang serta melakukan perencanaan dan pengawasan fasilitas pertambangan, itulah tugas seorang insinyur pertambangan. Pekerjaan ini menawarkan tantangan teknis yang memikat.

Ahli Lingkungan

Dalam era kepedulian lingkungan, peran ahli lingkungan di tambang batu bara semakin penting. Mereka bertugas mengawasi dampak lingkungan dari kegiatan pertambangan dan mencari solusi untuk menjaga keberlanjutan alam sekitar.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Untuk Masa Depan Cerah

Ahli Pemasaran

Tak hanya tentang penggalian, hasil tambang juga perlu dipasarkan dengan baik. Para ahli pemasaran bertugas memastikan produk tambang diterima di pasaran dan menjaga hubungan baik dengan klien.

Ahli Keuangan

Pentingnya manajemen keuangan tak terbantahkan, bahkan dalam industri sebesar pertambangan. Ahli keuangan bertanggung jawab atas mengelola arus keuangan perusahaan agar tetap stabil dan menguntungkan.

Dengan beragam pilihan pekerjaan menarik dan gaji yang menggiurkan, industri pertambangan di Kalimantan menawarkan peluang karier yang sangat menarik bagi para pencari tantangan. Tak hanya itu, kontribusi mereka dalam memastikan operasi tambang berjalan lancar juga sangat dihargai.

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar