Daftar 10 Prospek Kerja Sistem Informasi Yang Menjanjikan

Diposting pada

Tahukah kamu seberapa cerah prospek kerja Sistem Informasi yang diberikan?

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa perkembangan teknologi belakangan ini sedang berkembang sangat pesat.

Hal tersebut membuat bidang studi dengan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi juga mengalami perkembangan di Indonesia.

Tidak heran jika banyak SDM yang ahli pada bidang tersebut menjadi rebutan banyak perusahaan.

Sistem Informasi

Sistem Informasi berkaitan dengan dua bidang studi yaitu Bisnis sekaligus Teknik Informasi.

Pelajaran yang didapat saat bangku kuliah pada prodi ini adalah penerapan sebuah Teknologi Informasi pada suatu organisasi.

Sistem Informasi ini adalah sebuah jurusan yang tergolong baru diantara bidang studi komputer lainnya yaitu Teknik Informatika dan Ilmu Komputer.

Yang mana prodi ini menjembatani dua komponen yang berbeda yaitu teknis atau IT dan juga non teknis atau manajemen.

10 Prospek Kerja Sistem Informasi

Jika kamu ahli dalam bidang IT dan manajemen coba saja prospek kerja di bawah ini:

1. Application Developer

Di Indonesia perkembangan gadget dan juga smartphone sedang berada di puncaknya dengan lonjakan sebesar 47%.

Dengan penggunaan yang luar biasa tersebut maka banyak aplikasi-aplikasi baru yang bermunculan yang dapat membantu kehidupan kita.

Contohnya ada GoJek, Tokepedia, BukaLapak, Lazada dan masih banyak perusahaan start up lainnya.

Maka dari itu Application Developer sangat berperan dalam pembuatan program komputer yang menggunakan teknik pemograman beserta sistem komputer.

Untuk bisa merancang dan membuat sebuah program atau aplikasi kamu harus bisa menguasai HTML, Java Script, CSS, Scroll View, bahasa pemograman dan software lainnya

Untuk gajinya tergolong tinggi. Staff Application Developer dapat mengantongi uang Rp 5.400.000/ bulan sedangkan manajer bisa mengantongi Rp 9.410.000/ bulan.

2. Data Analyst

Data Analyst atau Business Data Analyst memiliki tugas menerjemahkan angka-angka agar menjadi sebuah laporan sehingga dapat dimengerti oleh divisi manajemen.

Data tersebut bisa berasal dari data penjualan, logistik, riset pasar ataupun biaya transportasi yang dibutuhkan.

Pekerjaan ini membutuhkan waktu yang tidak singkat karena harus menguraikan informasi tersebut menjadi komponen yang lebih sederhana.

Nantinya informasi tersebut bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan seperti marketing , data konsumen dan lain-lain.

Jika memilih menjadi Data Analyst maka gaji yang kamu peroleh cukup besar yaitu Rp 4.900.000/ bulan untuk staff dan Rp 7.360.000/ bulan untuk manajer.

3. Computer Engineering

Profesi ini sering disebut sebagai ahli Teknik Komputer karena beruhubungan dengan Sistem Komputer.

Tugasnya adalah membangun sebuah jaringan yang nanti akan dipakai dalam transfer data, pengembangan teknik-teknik komputer dan lain-lain.

Selain itu ahli komputer juga harus bisa memecahkan masalah pada sebuah sistem komputer. Baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.

Rata-rata gaji staff computer engineering sebesar Rp 3.740.00 bulan dan manajer sebesar Rp 8.150.000/ bulan.

4. Database Administrator

Tugas Database Administrator adalah mengatur dan mengurutkan suatu data ke dalam sebuah urutan tertentu. Hal tersebut untuk mempermudah pegawai lainnya untuk menggunakan data tersebut.

Selain itu seorang Database Administrator juga harus bisa mengatur database agar bisa berfungsi dengan baik secara akurat.

Kemampuan tersebut harus dibarengi dengan penguasaan perangkat lunak seperti Oracle, Ms Acces, Sybase, DB2, trouble shooting dan lainnya.

Tidak hanya dibutuhkan kemampuan dalam desain database namun juga kebijakan hukum dan juga pemahaman bisnis teknologi informasi.

Untuk menjalankan tugas ini maka kamu harus memiliki kemampuan dalam berfikir kritis, memiliki kerja tim yang bagus, komunikasi dengan baik dan juga memiliki pemecahan masalah yang tepat.

Untuk gaji staff Database Administrator rata-rata mencapai Rp Rp 3.855.000/ bulan dan manajer mencapai Rp 6.650.000/ bulan.

5. Game Developer

Menurut studi yang dilakukan sejak tahun 2018, kebanyakan masyarakat Indonesia yang bermain gadget pasti menghabiskan waktu dengan bermain game.

Itulah mengapa industri game di Indonesia juga mengalami peningkatan dan membutuhkan game developer.

Tugas Game Developer adalah mengembangkan game mulai dari mendesain visual sampai merancang alur game.

Jadi rasa seni harus dimiliki selain menguasai pemograman karena merancang sebuah game juga termasuk pada bagian visualisasinya.

Di Indonesia banyak start up dalam bidang game seperti Educa Studi, Agate Studio dan masih banyak lagi.

Rata-rata pendapatan staff game developer adalah Rp 3.900.000/ bulan dan posisi manajer menghasilkan Rp 6.950.000/ bulan.

Baca Juga: Prospek Kerja Hubungan Internasional

6. Software Engineer

Software Engineer atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai Rekayasa Perangkat Lunak bertugas untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak.

Pengembangan tersebut untuk keperluan desain, pemeliharaan, pengujian, pengembangan dan evaluasi dari sebuah perangkat lunak.

Industri atau perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak dengan bantuan software engineer bisa menekan biaya pengembangan.

Untuk menjalankan tugas tersebut minimal kamu harus menguasai bahasa pemograman seperti C++, Java dan lainnya.

Namun sebagai programmer software harus terus belajar karena industri teknologi cepat sekali berganti atau berubah. Maka dari itu keterampilan yang dimiliki harus sering diperbaharui.

Untuk gaji rata-rata mulai dari Rp 4.000.000- Rp 7.000.000/ bulan. Bahkan jika kamu sudah ahli, kamu bisa dibayar sebesar Rp 30.000.000/ bulan.

7. ERP / Enterprise Resource Planning Consultant

ERP merupakan sebuah perangkat lunak dalam manajemen proses bisnis. Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengorganisasi berbagai fungsi yang memiliki kaitan dengan SDM, jasa dan juga teknologi.

Seorang ERP Konsultan pun memiliki tugas dan tanggung jawab dalam penyesuaian paket ERP terhadap proses bisnis suatu perusahaan atau industri.

Maka dari itu ERP Consultant harus memahami ide dan kebutuhan yang dimiliki oleh klien yang kemudian harus dikembangkan ke dalam penyediaan ERP.

Untuk menjalankan tugas ini tidak bisa disepelekan karena kamu harus terbiasa berfikir kritis. Karena kamu dituntut untuk memahami banyak sistem dari yang sederhana sampai yang komplek.

Pendapatan ERP Consultant pada staf mencapai Rp 6.750.000/ bulan. Manajer ERP Consultant bisa meraup uang sebesar Rp 11.900.000/ bulan.

8. Graphic Designer

Tugas dari Graphic Designer adalah menyampaikan informasi yang dikemas dalam sebuah desain yang berupa gambar ataupun teks.

Untuk membuat sebuah design kamu harus menyeimbangkan kemampuan peralatan desain dengan rasa seni yang tinggi.

Minimal kamu harus menguasai design tools seperti Corel Draw, PhotoShop ataupun Ilustrator.

Gaji Graphic Designer bervariasi mulai dari fee per desain sampai gaji bulanan. Rata-rata seorang graphic designer mendapatkan gaji sebesar Rp 4.150.000/ bulan.

Jika kamu sudah ahli dalam bidang desain, kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 9.250.000/ bulan.

9. Network Security

Network Security atau Keamaan Jaringan bertugas dalam mengamankan teknologi seperti jaringan komputer, data ataupun program perangkat lunak.

Untuk mengamankan sebuah jaringan, maka kamu harus memahami teknik komputer dan juga konfigurasinya. Kamu juga harus harus paham penggunaan router dan juga fungsinya.

Jaringan komputer perlu diamankan karena untuk memonitor dan juga mencegah penyalahgunaan jaringan yang kurang tepat.

Penghasilan sebagai seorang Network Security tidak bisa dibilang sedikit. Untuk posisi staff digaji sebesar Rp 4.200.000/ bulan sedangkan posisi manajer digaji Rp 8.250.000/ bulan.

10. Web Developer

Profesi ini paling diminati lulusan TI ataupun Sistem Informasi karena tugasnya adalah membangun sebuah web dimana materi ini paling dasar dipelajari saat kuliah.

Terdapat tiga jenis Web Developer yaitu Front End Developer, Back End Developer dan juga Full Stack Developer. Dimana ketiga posisi tersebut memiliki tugas yang berbeda namun saling melengkapi.

Front End Developer memiliki tugas untuk membuat design tampilan website. Sedangkan Back End Developer membuat sebuah reaksi dari sebuah aksi di dalam sebuah website.

Sedangkan Full Stack harus memiliki kemampuan yang ada pada Front dan Back End Developer. Karena pekerjaannya mengatur tampilan web dan juga pengaturan di dalam web.

Gaji rata-rata Web Developer berkisar Rp 4.657.000 setiap bulan. Sedangkan Manajer Web Developer berkisar Rp 7.850.000/ bulan.

Itulah beberapa profesi yang bisa kamu geluti dengan kemampuan yang kamu miliki saat berkuliah pada jurusan Sistem Informasi.

Prospek kerja Sistem Informasi di atas merupakan top 10 yang sering diincar oleh lulusan Fakultas TI.

Yuk siapkan surat lamaran dan CV mu sekarang juga.

Gambar Gravatar
Warga negara Indonesia yang baik hatinya... ssttt... kamu akan segera ketemu jodohmu jika share artikel ini :*