10 Prospek Kerja Hubungan Internasional Dalam-Luar Negeri

Diposting pada

Prospek kerja Hubungan Internasional mungkin tidak sebanyak yang ditawarkan bidang ilmu lainnya. Namun masih ada peluang yang bisa kamu bidik.

Masyarakat beranggapan bahwa pekerjaan yang bisa dilakukan adalah sebagai diplomat yang bekerja di luar negeri.

Hal tersebut memang tidak salah tapi juga tidak benar. Karena formasi yang ditawarkan tidak sebanyak lulusan dari HI itu sendiri.

Kalau seperti itu maka fresh graduated HI pasti akan memutar otak dan mencari pekerjaan yang pas dan cocok.

Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional sejatinya mengintegrasi banyak disiplin ilmu seperti Sejarah, Ekonomi, Filsafat, Geografi, Sosiologi, Hubungan Internasional, Kriminologi, Psikologi dan Ilmu Budaya.

Dan jika ditafsirkan secara luas, Hubungan Internasional merupakan jurusan yang mempelajari hubungan antar negara.

Di dalamnya termasuk peran negara, organisasi antar pemerintah, organisai non pemerintah internasional, organisasi pemerintah ataupun non pemerintah dan perusahaan multinasional.

10 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Kebanyakan lulusan HI pasti ingin bekerja di luar negeri dengan gaji yang pastinya sudah terjamin besar. Namun bekerja di negara sendiri pun juga memungkinkan mendapatkan penghasilan yang besar.

1. Duta Besar

Duta Besar menjadi salah satu pilihan kerja favorit sebagai lulusan Hubungan Internasional. Pasalnya kamu bisa bekerja dan tinggal di luar negeri sebagai wakil negara.

Tentunya kamu juga harus tahu dan paham akan Hukum Internasional, karena pada saatnya nanti kamu akan berhadapan dengan Hukum Internasional.

Untuk bisa menjadi seorang Duta Besar di negara Indonesia, kamu diperlukan mengikuti CPNS pada Kementrian Luar Negeri yang dilaksanakan setiap tahun untuk seleksinya.

Gaji yang diperoleh selama menjabat sebagai Duta Besar terbilang cukup besar yaitu mencapai Rp 122.000.000 setiap bulannya.

2. Staff Keduataan Asing

Seperti halnya ilmu yang dipelajari hubungan anatar negara. Pastilah dalam suata negara memiliki kedutaan besar asing yang menetap.

Nah kamu bisa bekerja menjadi staf di kedutaan luar negeri yang membutuhkan staff dalam negeri. Biasanya lowongan pekerjaan ini dibuka pada situs resmi kedubes itu sediri.

Tentunya jika kamu bekerja dalam duta besar asing kamu harus menguasai bahasa asing yang baik. Hal itu sudah menjadi syarat utama bekerja dengan oragnisasi asing.

Sebagai contoh, jika kamu berada pada jajaran staf Kedutaan Besar Perancis, kamu juga harus bisa menggunakan Bahasa Perancis.

Berbicara soal pendapatan atau gaji bekerja menjad staff di keduataan besar asing tentu saja di atas gaji rata-rata. Bahakan gaji yang kamu terima setiap jamnya dihitung dengan skala mata uang dolar.

3. Konsultan Imigrasi

Pekerjaan menjadi seorang Konsultan Imigrasi memiliki tugas untuk membantu dan mengurus semua hal yang bersangkutan dengan urusan dan kebutuhan mereka ke luar negeri.

Sebagai seorang konsultan, tentunya kamu harus memiliki beberapa kemampuan seperti cara bicara yang baik, memiliki wawasan yang luas, dan mampu menjaga rahasia dari klien tersebut.

Peminat pekerjaan dalam bidang ini terbilang cukup banyak walaupun menjadi seorang konsultan memiliki kerja yang cukup rumit karena berhubungan dengan urusan antar negara.

Sedangkan gaji yang diterima jika menjadi Konsultan Imigrasi, rata -rata setiap bulannya akan mendapatkan gaji sebesar Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000.

4. Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Memiliki kesamaan namun juga berbeda dengan Konsultan Imigrasi. Konsultan Pendidikan Luar Negeri memiliki tugas mengurus dokumen administratif, dan membantu memilih lembaga pendidikan terbaik diberbagai negara.

Sama halnya dengan menjadi konsultan pada umumnya. Setidaknya sebagai konsultan harus dapat berkomunikasi dengan baik, memberikan pelayanan terbaik, dan mampu menjaga kerahasiaan dokumen klien.

Gaji yang diperoleh seorang Konsultan Pendidikan Luar Negeri rata – rata mendapatkan upah sebesar Rp 4.500.000 hingga Rp 7.000.000.

5. Politikus

Ilmu yang dipelajari pada Hubungan Internasional tidak memiliki perbedaan yang jauh terhadap Ilmu Politik. Kamu bisa memilih berkecimpung dalam dunia politik dan menjadi politikus handal.

Sebagai seorang politikus tentunya akan berhadapan dengan banyak orang. Untuk menunjang dan menjadi politikus yang bagus kamu setidaknya harus memiliki beberapa keterampilan.

Adapun keterampilan itu sendiri dapat kamu gunakan untk menunjang pekerjaan mu seperti, lanacar dan menguasai Bahasa Inggris, memahami Dunia Politik, memiliki cara berkomunikasi yang baik dan seterusnya.

Menjadi seorang politikus juga memiliki penghasilan yang cukup besar. Setiap bulannya kamu bisa menerima upah hingga puluhan juta.

Baca Juga: Prospek Kerja Akuntansi

6. Peneliti

Jika kamu tertarik dalam dunia penelitian dan kamu lulusan Hubungan Internasional kamu bisa menjadi seorang peneliti.

Kamu bisa meneliti dalam bidang Politik, Budaya, ataupun Hubungan Internasional itu sendiri. Sebagai peneliti tentunya kamu juga harus memiliki kemampuan anilisis yang baik dan dapat memanajemen waktu dengan baik.

Pendapatan seorang peniliti juga terbilang lumayan besar. Apalagi penelitian yang bertaraf internasional. Setiap bulannya kamu akan mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000 hingga puluhan juta.

Gaji tersebut tergantung di mana kamu berada dan lembaga apa kamu bekerja.

7. Pengusaha

Jika kamu memiliki jiwa pengusaha, menjadi lulusan Hubungan Internasional bisa saja kamu bekecimpung dalam bidang tersebut.

Sebagai pengusaha yang terpenting memiliki jiwa yang ulet, tegas, dan memiliki kemampuan analisis dan pengambil keputusan yang tepat.

Jika berbicara masalah penghasilan, sudah tidak diragukan lagi. Sebagai seorang pengusaha kamu bisa memperoleh pendapatan tak terhingga.

Tergantung omest yang kamu akan tentukan sendiri.

8. Dosen

Menjadi seorang dosen tetunya harus sipa mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan. Menjadi dosen juga merupakan pekerjaan yang sangat berguna dan mulia.

Menjadi seorang dosen juga dapat menyalurkan ilmu dan pengalamanmu dalam bidang studi Hubungan Internasional. Dan kamu juga pasti bisa melahirkan generasi – generasi cerdas dalam dunia Hubungan Internasional.

Jika tertarik menjadi dosen setidaknya kamu memiliki jenjang pendidikan minimal S2 lebih bagus lagi jika bergelar doktor. Sebagaimana kamu menjadi seorang pendidik kamu harus memiliki ilmu yang lebih tinggi.

Memang pendapatan seorang dosen tidak terlalu besar jika dibandingkan denegan pekerjaan lainnya seperti Konsultan Luar Negeri atau pengusaha.

Namun jika dilihat dari nilai, gaji dosen setiap bulan berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000. Namun besaran gaji tersebut belum dengan intensif lainya.

9. Staff Ahli

Staff ahli dapat kamu temui dalam lingkungan anggota legislatif, ataupun pada kalanagan eksekutif.

Pekerjaanmu nantinya akan berhubungan dengan pengumpulan informasi, memberikan saran, menganalisis, dan memberikan rekomendasi pada suatu lembaga atau organisasi.

Menjadi seorang staff ahli tentunya dibutuhkan kemampuan atau sklill dalam bidang itu sendiri, seperti halnya kamu harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan tepat.

Selain itu, menjadi staff ahli juga memiliki pendapatan yang cukup besar setiap bulannya. Seperti contoh menjadi seorang staff ahli kepresidenan mendapatkan gaji sebesar Rp 51.000.000 setiap bulannya.

Gaji tersebut juga belum termasuk tunjangan lainnya dan masih merupakan gaji pokok saja.

10. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Lulusan Hubungan Internasional dapat bekerja pada instansi pemerintahaan, perusahaan milik negara atau yang lainya.

Pasalnya lulusan Hubungan Internasional memiliki gaya bicara yang diplomatis. Sehingga dapat menjadi perwakilan pada suatau lembaga di mana dia bekerja dengan abdi kepada masyarakat.

Sudah tidak bisa ditawar lagi jika menjadi seorang perwakilan atau wakil harus menguasai kemampuan seperti public speaking yang baik, mudah berorganisasi, dan mendengar.

Besaran pendapatan gaji jika menjadi public relations juga terbilang besar. Setiap bulannya pekerjaan ini menghasilkan gaji sebesar Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000.

Bahkan dalam setiap bulan ada yang mendapatkan gaji hingga puluhan juta. Besaran gaji tersebut tergantung di mana tempat kamu bekerja atau pada lembaga apa kamu bekerja.

Memilih untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional tidak usah risau akan pekerjaan apa yang nantinya akan membentuk karirmu.

Sudah tertarik ? Mendalami hubungan internasional ?

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai prospek kerja Hubungan Internasional. Semoga dapat menjadikan sebuah referensi dan berguna bagi semua.

Gambar Gravatar
Warga negara Indonesia yang baik hatinya... ssttt... kamu akan segera ketemu jodohmu jika share artikel ini :*