Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik dan Sopan

Sebagai seorang karyawan, ada kalanya dihadapkan dengan satu kondisi yang memaksa untuk keluar dari perusahaan atau organisasi tersebut. Sehingga surat pengunduran diri adalah hal yang harus dipersiapkan. Lantas seperti apakah contoh surat pengunduran diri yang baik, sopan, serta dapat diterima dengan rasional oleh pihak perusahaan? 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah beberapa contoh lengkap beserta format surat pengunduran diri karyawan yang disesuaikan dengan beberapa kepentingan dan tujuan tertentu, 

Tanpa berlama-lama langsung saja kita ulas secara lengkap….

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Jakarta, 30 Agustus 2021

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Tokopedia

Jl. Prof. Dr. Satrio No. Kav.11

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Syaiful Bahri mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Tokopedia sebagai SEO Analyst tertanggal 12 Maret 2018 dengan alasan keluarga.

Untuk itu, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Tokopedia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berkarir sekaligus menimba ilmu selama saya bekerja. 

Tak lupa saya juga menghaturkan maaf yang sedalam-dalamnya jika selama kita bersama, ada perkataan sekaligus perbuatan yang tak berkenan.

Do’a saya selalu tercurah untuk kebaikan dan kemajuan PT. Tokopedia di kemudian hari dan senantiasa menjadi perusahaan startup terbaik yang terus berinovasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Syaiful Bahri

Surat Pengunduran Diri Akibat Masalah Kesehatan

Bandung, 10 Mei 2022

Kepada Yth,

Kepala Personalia

PT. Kahatex 

Jl. Raya Cijerah No.168-172

Kota Bandung

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama                : Ahmad Muhsin

Departemen     : Logistik

Jabatan             : Mekanik

No. Karyawan  : 005123

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada PT Kahatex dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Menimbang saran yang diberikan dokter beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk berhenti bekerja. Untuk itu, saya berharap pihak perusahaan dapat memakluminya.

Baca Juga:  Peluang 10 Prospek Kerja Akuntansi Demi Masa Depan Cerah

Saya ucapkan terimakasih kepada PT. Kahatex yang telah memberikan kesempatan untuk berkarir sekaligus mengembangkan kemampuan sesuai dengan bidang pekerjaan yang dipercayakan kepada saya. Tak lupa saya haturkan permohonan maaf jika ada kesalahan baik kata maupun perbuatan selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Semoga PT. Kahatex semakin maju dan menjadi perusahaan tekstil terbaik serta berkontribusi positif bagi masyarakat.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Ahmad Muhsin

Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Bekasi, 31 April 2023

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. AICA Indonesia 

Jl. Ir. H. Juanda No.318 

Kota Bekasi

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Putra Hartono

Divisi                : Administrasi Gudang

Jabatan             : Admin

No. Karyawan  : 000456

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada PT AICA Indonesia terhitung sejak 1 Juni 2014, dengan alasan mendapatkan pekerjaan baru di luar kota. 

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. AICA Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa berkarir dan mengembangkan diri selama bekerja di perusahaan.

Tak lupa saya haturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika selama saya bekerja ada perkataan maupun perbuatan yang tidak berkenan

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Semoga PT. AICA Indonesia semakin maju dan menjadi perusahaan terbaik yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Putra Hartono

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Jakarta, Desember 17, 2021

Mr. Ahman Subarjo

Head Office BANK BNU Syariah 

Jl. Jenderal Sudirman No.Kav.78

South Jakarta

Greetings,

With this letter, I’m, Ahmad Quartararo, submitted a letter of resign from Bank BNI Syariah as Credit Analysis as of January, 2020.

There are so many hopes and dreams that I want to realize with BNI Syariah. However, with the others chance I got from another company, I decided to resign from BNI Syariah and started a new journey of my career.

Baca Juga:  Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja, Ini 10+ Ciri Loker Palsu

I am very grateful for the opportunity that has been given to be part of the big family of BNI Syariah. I do not forget to express my deepest apologies to all employees and management of Bank BNI Syariah KCU Jakarta  if there are wrong words and actions.

It is my hope to see Bank BNI Syariah become a Sharia Bank that is trustworthy and upholds the interests of the people and society.

Best regards,

Yours Faithfully,

Ahmad Quartararo

Surat Pengunduran Diri Pegawai Bank

Malang, 31 Maret 2021

YTH. Personalia                                                                                                  

BANK BCA Syariah KCU Malang

Jl. Zainul Arifin No.78

Kota Malang

Salam Hormat,

Dengan surat  ini, saya Putri Ayunanda mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari Bank BCA Syariah sebagai Account Eksekutif terhitung dari tanggal 31 Maret 2018. 

Ada banyak sekali harapan serta impian yang ingin saya realisasikan bersama BCA Syariah. Akan tetapi dengan adanya alasan keluarga yakni fokus merawat anak yang baru lahir, memantapkan langkah saya untuk berhenti bekerja.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk menjadi bagian dari keluarga besar BCA Syariah. Tak lupa saya haturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya pada semua karyawan serta  manajemen Bank BCA Syariah KCU Malang apabila terdapat salah kata dan perbuatan

Besar harapan saya untuk melihat Bank BCA Syariah berkembang dan menjadi Bank Syariah yang amanah dan menjunjung tinggi akan kepentingan umat maupun masyarakat.

Hormat Saya,

Putri Ayunanda

Template Contoh Surat Mengundurkan Diri Karyawan

Sebagai referensi dan rujukan, berikut ini adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang dijadikan sebagai template yang bisa digunakan…

Bandung, 31 Juli 2021

YTH. Manager HRD                                                                                              

PT. ……………..

Bandung

Salam Hormat,

Melalui surat ini, saya ………… bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari …………. sebagai …………..  Terhitung dari tanggal ……….. dikarenakan adanya alasan …………………………………………..

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk menjadi bagian dari keluarga besar …………. . Tak lupa saya haturkan permemohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pihak maupun manajemen…………………. jika terdapat kesalahan kata dan perbuatan.

Harapan besar saya, ……………………………. bisa terus maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

………………..

Download surat pengunduran diri, bisa langsung edit:

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Selain sebagai syarat administratif, surat pengunduran diri merupakan representasi dari itikad baik seorang karyawan kepada pihak perusahaan. 

Baca Juga:  Peluang Kerja Menjanjikan 10 Prospek Kerja Teknik Sipil

Sebab bagaimanapun juga seorang karyawan telah diterima dengan baik di perusahaan. Maka ketika berpisah juga harus menggunakan cara yang terbaik pula. 

Setidaknya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri yang baik

  • Identitas Diri

Yang pertama perhatikan dengan seksama penulisan identitas diri yang lengkap. Dimulai dari nama, jabatan, divisi, dan informasi-informasi lain yang diperlukan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui pegawai yang akan mengundurkan diri.

  • Isi Surat Singkat Pada dan Jelas

Dalam membuat surat pengunduran diri, tidak diperlukan penjelasan yang bertele-tele. Usahakan untuk membuatnya dengan singkat, padat, dan jelas.

  • Perhatikan tanggal serta waktu berhenti

Tulislah tanggal serta waktu berhenti dengan benar. Sebab surat pengunduran diri akan dijadikan sebagai data/arsip perusahaan.

  • Berikan Alasan Pengunduran Diri yang logis

Kemudian cantumkan pula alasan mengapa mengundurkan diri. Cantumkan alasan pengunduran diri yang logis dan masuk akal, supaya perusahaan dapat memakluminya.

Usahakan pada aspek ini tulislah alasan seperlunya tanpa mengabaikan etika serta sopan santun dalam penulisan.

  • Hindari Mencantumkan Kesan Buruk Terhadap Perusahaan

Jika alasan berhenti disebabkan oleh kondisi yang menimbulkan kesan buruk, usahakan untuk tidak mencantumkannya di dalam surat. 

  • Objektif

Dalam hal ini, isi surat harus objektif, logis, serta dapat dipertimbangkan dengan baik oleh perusahaan. 

  • Jaga kesopanan dan Etika

Dan yang pasti, kamu harus menjaga etika serta sopan santun dalam penulisan surat. Berikan apresiasi positif berupa ucapan terimakasih di akhir surat.

Kesimpulan 

Beberapa contoh surat pengunduran diri di atas bisa dijadikan sebagai referensi maupun rujukan yang bisa digunakan. Perhatikan pula tips-tips dalam pembuatan surat pengunduran diri secara seksama, agar pengajuanmu mulus tanpa ada halangan suatu apapun.

Baca juga:

Supaya surat tersebut dapat diterima dengan baik dan langkah pengunduran diri dapat dimaklumi oleh pihak perusahaan.

Share:

Tinggalkan komentar