5 Contoh Surat Rekomendasi Kerja untuk Berbagai Keperluan

Surat rekomendasi kerja sangat bermanfaat untuk menambah peluangmu berhasil bekerja di tempat impian. Biasanya, surat ini menjadi penyerta untuk pencaker berikan kepada instansi tujuan.

Meski hanya sepucuk, tapi kesaktiannya berpotensi membuat tempat kerja tujuanmu takluk. Entah itu, HRD perusahaan, lembaga pemerintah, dan berbagai instansi lainnnya. Jadi, jika memang bisa membuatnya, mengapa tidak?

Untuk membantumu menyusunnya, Tugas Karyawan akan berikan beberapa contoh surat rekomendasi untuk bekerja yang dapat kamu modifikasi dan manfaatkan. Mudah mudahan, peluang bekerjamu makin terbuka.

Contoh surat rekomendasi kerja bupati

Surat rekomendasi ini diberikan atas nama Bupati. Seorang Bupati dapat mengeluarkan surat ini apabila kamu sebelumnya bekerja di bawah instansi pemerintah kabupaten atau kota setempat. Misalnya bekerja jadi guru di SD atau SMP Negeri atau di Dinas tertentu.

Jadi, bagi kamu yang kerjanya di luar pemerintahan, Bupati nggak bisa ngasih surat rekomendasinya. Surat ini khusus bagi pegawai pemerintahan saja.

Contoh surat rekomendasi kerja bupati ini sebagai berikut:

BAGIAN ATAS (KOP SURAT KANTOR BUPATI)

SURAT REKOMENDASI KERJA

No: VIII/SRK-SDA/II/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jajang Zainal, M.Pd.

Jabatan : Bupati Bikini Bottom

Dalam hal ini bertindak atas nama Bupati dan SMPN 2 Chum Buket yang Pemkab Bikini Bottom naungi, memberikan rekomendasi kepada mantan pengajar kami yakni:

Nama : Agus Suragus, S.Pd.

Alamat : Jl. Jayakerta No.55 RT 07 RW 05, Rancabolang, Bikini Bottom

Kepada sekolah manapun tempat yang bersangkutan akan bekerja, surat rekomendasi ini kami keluarkan atas dasar kualitas dan kinerjanya. Bahwa selama mengajar di SMPN 2 Chum Buket, yang bersangkutan menjalan tugasnya dengan sebaik baiknya selama 3 tahun.

Demikian surat rekomendasi kerja ini dibuat untuk dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bikini Bottom, 2 Februari 2020

Hormat saya,

Jajang Zainal, S.Pd.

Baca Juga:  5+ Contoh Cover Letter yang Baik dan Panduan Membuatnya

Surat rekomendasi kerja dari desa

Desa adalah instansi resmi dengan skala paling dekat mengenal seorang pelamar kerja. Kamu bisa mendapatkan surat ini apabila tinggal dalam satu desa tertentu dan punya catatan kelakuan baik selama tinggal dalam kehidupan bermasyarakat.

Jadi, ketika surat ini serahkan kepada perusahaan, mereka bisa menilai bahwa kamu adalah orang baik baik dan nggak punya potensi bikin ulah. Kalau memungkinkan, kamu bisa membuatnya.

Berikut contoh surat rekomendasi kerja dari desa:

BAGIAN ATAS (KOP SURAT KANTOR DESA)

SURAT REKOMENDASI KERJA

No: VII/SRK-SDM/III/2020

Bersamaan dengan surat ini, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Safrudin Sudiro Husodo

Jabatan  : Kepala Desa

Dalam hal ini bertindak atas nama Kepala Desa Pagerbetis, merekomendasikan salah satu warga kami dengan data sebagai berikut:

Nama : Asep Gumasep, S.E.

Alamat : Jl Juarasepuluh No. 55, RT 02/ RW 09, Desa Pagerbetis, Kecamatan Selasih, Bondowoso

Bagi perusahaan manapun yang menjadi tempat kerja tujuan yang bersangkutan, surat rekomendasi ini kami keluarkan atas dasar kelakuan dan kontribusi positif yang bersangkutan di lingkungan masyarakat.

Selama 7 tahun tinggal di Desa Pagerbetis, yang bersangkutan menjalankan kewajiban kewajibannya dengan baik dan tak meninggalkan permasalahan tertentu.

Demikian surat rekomendasi ini kami buat, agar digunakan sebagaimana mestinya.

Pagerbetis, 7 Maret 2020

Hormat saya,

Safrudin Sudiro Husodo

Surat rekomendasi kerja mantan karyawan

Ketika kamu berhenti dari satu pekerjaan dan hendak melamar pekerjaan baru, calon perusahaan barumu mungkin akan mempertimbangkan rekam jejakmu di perusahaan sebelumnya. Jejak yang baik akan menjadi poin plus bagi HRD untuk menerimamu dalam posisi yang kamu lamar.

Jika di perusahaan sebelumnya kamu keluar bukan karena punya masalah, perusahaan lamamu mungkin bisa memberimu surat rekomendasi. Gunanya tentu agar kamu bisa dapat kerja di tempat baru.

Berikut ini contoh surat rekomendasi kerja mantan karyawan:

BAGIAN ATAS (KOP SURAT PERUSAHAAN/ PT)

SURAT REKOMENDASI KERJA

No : 122/SRK-HRD/III/2020

Dengan ini, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Baca Juga:  7 Contoh Slip Gaji Sederhana, Format & Cara Membuatnya

Nama : Jojo Surojo, M.Si.

Nomor Induk Karyawan : 99292

Jabatan : Kepala HRD

Dalam hal ini bertindak sebagai atas nama PT Adijaya Surajaya memberikan rekomendasi kepada salah satu mantan karyawan kami sebagai berikut:

Nama : Lola Alola, S.E.

Alamat : Jl. Vitoba No.22, Surabaya

Kepada perusahaan manapun tempat Sdr. Lola akan bekerja, surat rekomendasi ini kamu keluarkan setelah mengamati kualitas kerja, kinerja, profesionalitas, dan kedisiplinan yang bersangkutan selama 20 tahun bekerja.

Jabatan terakhir yang bersangkutan sebelum berhenti adalah Staff Ahli Bidang Keuangan. Dengan segala hal yang kami amati, kami yakin bahwa dimanapun Sdr.Lola bekerja, yang bersangkutan akan memberikan kontribusi yang baik dalam bidang kemampuannya.

Demikian surat rekomendasi ini kami keluarkan, agar dapat dipergunakan sebagaimana keperluan.

Surabaya, 20 Maret 2020

Hormat kami,

Jojo Surojo, M.Si.

Surat rekomendasi kontrak kerja

Di perusahaan atau instansi tertentu, seringkali kontrak kerja bersifat tahunan atau beberapa tahun. Jadi, menjelang berakhirnya masa kontrak, pegawai kontrak harus membuat surat permohonan perpanjangan kontrak kerja.

Bagi beberapa perusahaan atau instasi, surat permohonan saja sebenarnya cukup. Namun, ada kalanya juga perlu tambahan surat berupa surat rekomendasi dari pihak lain agar bisa terus dapat kontrak.

Berikut ini contoh surat rekomendasi kontrak kerja di instansi pemerintahan:

BAGIAN ATAS (KOP INSTANSI/PERUSAHAAN)

SURAT REKOMENDASI

No : 222.5/SRK-DK/XII/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ROBIANA HALIM, S.E.

NIP : 19930517 20000302 0 222

Pangkat/Golongan: Pembina Tingkat I/Iva

Jabatan : Kepala Bidang Aplikasi, Teknologi, dan Informasi (APTIKA)

Unit Kerja : Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tegal

Dengan ini, memberikan rekomendasi kepada :

Nama: SAIFUL MAULANA HIDAYAT, S.Kom.

Jabatan: Tenaga Harian Lepas (THL)

Unit Kerja: Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tegal

Agar yang bersangkutan mendapatkan perpanjangan kontrak sebagai THL (Tenaga Harian Lepas) pada tahun administrasi 2021 di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tegal.

Surat rekomendasi ini kamu berikan setelah melihat kinerja, kualitas, loyalitas, serta kedisiplinan yang bersangkutan selama setahun ke belakang dalam menjalan seluruh tugas di lingkungan di lingkungan bidang APTIKA Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tegal.

Baca Juga:  5+ Contoh CV Bahasa Indonesia dan Panduan Lengkap Membuatnya

Demikian surat rekomendasi ini kami berikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

DIKELUARKAN DI : TEGAL

PADA TANGGAL: 22 DESEMBER 2020

Mengetahui,

Kepala Bidang

ROBIANA HALIM, S.E

Surat rekomendasi kerja perusahaan (format kosong)

Setelah melihat beberapa contoh surat rekomendasi yang kami bagikan di atas, kamu tinggal pilih dan sesuaikan dengan keperluanmu. Jadi, mungkin saja kamu akan membutuhkan surat rekomendasi dalam versi template (kosong).

Dengan surat ini, kamu nggak perlu capek capek hapus isian yang kami contohkan. Tinggal salin dan tempel di dokumen tempatmu akan membuat surat.

Berikut ini contoh template surat rekomendasi kerja:

BAGIAN ATAS (KOP INSTANSI/PERUSAHAAN)

SURAT REKOMENDASI

No :

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Jabatan :

Alamat :

Dalam hal ini bertindak atas nama  ……………………  memberikan surat rekomendasi kepada salah satu mantan karyawan kami sebagai berikut:

Nama:

Alamat :

Kepada perusahaan manapun yang menjadi tempat tujuan kerja yang bersangkutan, surat rekomendasi ini kami buat setelah melihat kinerja yang bersangkutan selama bekerja di perusahaan kami.

Selama … tahun bekerja, yang bersangkutan menunjukan profesionalitas dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Kami yakin, hal yang sama akan diberikann kepada perusahaan baru tempatnya bekerja.

Demikian surat rekomendasi ini kami buat, agar digunakan sebagaimana keperluannya.

…, ……………., ………..

Hormat kami,

……………….

Nah, itu semua contoh surat rekomendasi kerja yang dapat kami bagikan. Mudah mudahan sih sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan seluruh pembaca Tugas Karyawan yang datang dari berbagai latar belakang.

Terakhir, meskipun meyiapkan surat rekomendasi ini akan sangat membantumu, tapi dalam penerimaan kerja ada berbagai faktor penentu lain. Maka sebagai pelamar kerja yang serius, kamu perlu menyiapkan semuanya.  Jadi, peluang bisa kerja di perusahaan impian akan semakin dekat terwujud.

Baca juga:

Editor : Maulana Ibrahim

Share:

Tinggalkan komentar