Menghitung 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Terfavorit

Diposting pada

Sedang sibuk mencari prospek kerja Administrasi Bisnis? Simak artikel di bawah ini ya.

Administrasi Bisnis mungkin masih jarang banyak orang yang tahu tentang jurusan ini serta ilmu apa saja yang dipelajari dalam prodi ini belum diketahui.

Dalam dunia pendidikanya administrasi bisnis, seorang mahasiswa diberikan pelajaran tentang berdagan, namun juga sebagai mana cara menciptakan nilai sebuah produk agar memiliki nilai jual tinggi.

Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis pada dasarnya adalah jurusan yang mempelajari tentang operasi bisnis serta perusahaan. Hal tersebut meliputi pemasaran, personalia, keuangan, produksi dan lain sebagainya.

Dalam jurusan ini selain mempelajari hal – hal yang berhubungan tentang kegiatan atau operasioanal perusahaan, juga memberikan bakal bagi mahasiswa untuk bisa menjalankan dan menciptakan sebuah produk.

Materi yang dipelajari dalam jurusan ini sangat banyak seperti keuangan bisnis, sumberdaya manusia, operasi bisnis, kewirausahaan, perancang bisnis, dan lain sebagainya.

10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Banyak yang beranggapan bahwa jurasn Administrasi Bisnis kurang diminati dalam dunia kerja. Berikut ini sebagai contoh prospek kerja yang bisa dijadikan referensi untuk membangun karir.

1. Staff Administrasi

Setiap industri atau perusahaan pasti memiliki Staff Administrasi. Namun profesi ini sering diapandang sebelah mata karena sering dianggap dengan pekerjaan yang sepele.

Orang-orang beranggapan bahwa Staff Administrasi adalah tukang ketik dan juga tukang beres-beras. Namun seorang Staff Administrasi harus mengorganisasi data, dokumen dan juga jadwal-jadwal penting perusahaan.

Maka dari itu posisi ini sangat penting untuk keteraturan sebuah perusahaan. Tanpa adanya Staff Administrasi mungkin banyak kegiatan perusahaan yang gagal atau berantakan.

Maka dari itu ketelitian dan ketelatenan diperlukan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu seorang Staff Administrasi juga harus cermat dan bisa bekerja dalam tekanan.

Karena kinerja atasan sering dikaitkan dan dipengaruhi oleh kinerja seorang Staff Administrasi.

Menjadi Staff Administrasi pada sebuah instansi atau perusahaan setiap bulannya akan mendapatkan gaji rata-rata Rp 4.000.000. Namun gaji yang diterima oleh staff Administrasi satu sama lain pasti berbeda.

Besaran gaji yang diterima ditentukan oleh perusahaan mana kamu bekerja dan kebijakanya. Pada perusahaan besar gaji seorang Staff Administrasi bisa mencapi Rp 20.000.000 setiap bulannya.

2. Staff HRD

HRD merupakan kepanjangan dari Human Resources Development. Dimana tugas staff HRD ini memiliki hubungan dengan sumber daya manusia.

Setiap pegawai atau SDM yang ada di perusahaan pasti ditangani oleh HRD untuk meningkatkan kualitasnya. HRD bertugas dari merekrut sampai melakukan pemantauan terhadap kinerja SDM.

SDM perlu ditingkatan dan diperhatikan melebihi investasi peralatan produksi dan juga lainnya. Karena SDM merupakan ujung tombak dari perusahaan atau industri.

Jika dilihat dari rata – rata pegawai yang ada pada posisi tersebut, setiap bulannya mendapatkan upah sebesar Rp 3.000.000.

Namun dengan informasi yang kami dapatkan jika pada salah satu perusahaan besar di Indonesia memberikan gaji kepada staf HRD sebesar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 setiap bulannya.

3. Konsultaan Bisnis

Sebagai seorang lulusan administrasi bisnis juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Konsultan Bisnis. Di mana kamu bertugas membantu klien dalam pemecahan masalah, memberikan saran atau membantu meranjang strategi klien.

Menjadi seorang Konsultan, selain kamu harus memiliki pengetahuan yang luas, dan ide – ide kreatif, kamu juga dituntut memiliki komunikasi yang baik dan mampu menjaga kerahasiaan klien tersebut.

Di Indonesia sendiri pengahasilan dari seorang Konsultan Bisnis terbilang fantastis. Pasalnya fresh graduated saja sudah mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000 setiap bulannya.

Sedangkan jika sudah berpengalaman dan sangat profesional, gaji yang diterima setiap bulanya bisa mencapai Rp 80.000.000. Angka yang sangat besar bukan.

4. Staf Pemasaran

Menjadi sorang staff pemasaran juga bisa dijadikan pekerjaan bagi lulusan Administrasi Bisnis. Karena dalam pendidikanya juga mempelajari dunia pemasaran.

Selain memenuhi kualifikasi administrasi, kamu juga dituntut memiliki skill atau kemampuan dalam bidang tersebut, seperti komunikasi, analisis, negosiasi dan pelayanan konsumen dengan baik.

Gaji yang diterima seorang staff pemasaran berbeda setiap bulannya. Pasalnya besaran gaji yang diterima berdasarkan pada perusahaan mana dan level perusahaan tersebut.

Jika ditarik rata – rata setiap bulannya staff pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp 3.400.000 setiap bulannya. Dan pada perusahaan besar serta memiliki level perusahaan multinasional, gaji yang diterima berkisar Rp 9.000.000 setiap bulannya.

5. Staf Administrasi Perbankan

Staf administrasi perbankan masih menjadi karir favorit bagi sebagaian besar sarjana. Selain pekerjaan yang bergengsi pekerjaan ini memiliki gaji yang terbilang besar.

Profesi ini bertugas dalam melakukan pelayanan kantor dan layanan administrasi kantor. Selain itu staf perbankan juga harus bisa mengelola kas kecil dan juga kas besar untuk disusun dalam data keuangan.

Informasi bulanan dan juga informasi keuangan harus direkap oleh staf perbankan. Pada setiap akhir periode keuangan perusahaan juga harus di audit oleh staf perbankan.

Gaji seorang staf perbankan pada umumnya berkisar antara Rp 2.400.000 hingga Rp 5.000.000 setiap bulannya. Gaji yang diterima masih bisa berubah seiring kenaikan jabatan dan posisi pada perbankan tersebut.

Baca Juga: 10 Prospek Kerja Sistem Informasi

6. Staf Manajemen Perusahaan

Lulusan Administrasi Bisnis bisa menjadi seorang Satf Manajemen. Karena dalam perkuliahan administasi bisnis juga mempelajari tentang rancangan atau menyusun manajemen yang baik.

Tugasnya adalah membuat target dan sasaran perusahaan. Serta menyusun kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai target yang ditetapkan.

Bahkan staf manajemen juga harus bisa menyusun anggaran biaya. Staf manajemen bisa berkolaborasi dengan staf keuangan.

Gaji yang diperoleh menjadi staf manajemen rata – rata setiap bulannya mendapatkan Rp 5.000.000. Gaji tersebut belum termasuk bonus atau intensif lainnya.

7. Dosen

Jika kamu memiliki ketertarikan dalam dunia pendidikan, menjadi dosen adalah salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengabdikan ilmumu.

Namun jika ingin menjadi seorang dosen, kamu setidaknya memiliki ijazah atau menyelesaikan jenjang pendidkan magister atau S2. Selain itu kamu juga harus menguasi public speaking yang baik.

Penadaptan dosen juga bisa dibilang besar, karena pada dasarnya dosen memiliki gaji pokok Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 pada setiap bulannya.

Namun gaji tersebut belum termasuk tunjangan – tunjanagan lain yang masih menambah penghasila seorang dosen.

8. Analisis Keuangan

Dalam prodi Administrasi Bisnis kamu tentunya diberikan materi untuk menganalisis kekuatan bisnis. Bagaimana bisnis yang kuat ataupun bisnis yang lemah.

Kamu juga bisa mengetahui trend terbaru dalam dunia bisnis. Dengan berbekal kemampuan dan pengetahuan tersebut, kamu bisa mengevaluasi sebuah perusahaan atau industri.

Secara umum tugasmu adalah mengintepretasikan berbagai laporan keuangan, menulis laporan keuangan sampai menghitung rasio dan juga metrik

9. Akuntan

Jika kamu suka mengurusi soal keuangan dan menghitung uang maka profesi sebagai Akuntan cocok untuk kamu geluti.

Secara umum seorang Akuntan bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengurusi biaya operasional, menghemat keuangan dan juga memaksimalkan keuntungan yang didapat perusahaan.

Seorang Akuntan juga harus bisa menyediakan jasa konsultasi dan juga perencanaan pajak serta audit keuangan.

10. Pengusaha

Jika kamu memiliki passion dalam bisnis yang kuat, kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha. Karena dalam masa perkuliahan kamu belajar SDM, komunikasi, manajemen, akuntansi, ketenaga kerjaan, dan pemasaran.

Materi tersebut bisa menjadi pondasi dan bekal yang bagus untuk membangun sebuah usaha yang baik. Selain kemampuan kamu juga harus memiliki kemauan yang kuat.

Karena pada dasarnya menjadi pengusaha tidak ditentukan dengan seberapa tinggi kamu menuai pendidikan, namun seberapa kuat kemauan kamu untuk berusaha.

Menjadi seorang pengusaha membutuhkan kerja keras, semangat juang, pantang menyerah, dan memiliki rasa tidak pernah puas.

yang luas dan kemampuan dalam analisis juga harus kamu miliki untuk menentukan target pasar, dan perkembangan produk yang dihasilkan.Pengetahuan

Berbicara mengenai gaji, dirasa menjadi pengusaha menjadi urutan tertinggi dari beberapa list di atas. Sebagaimana gaji yang diperoleh dari pengusahan merupakan besaran omset perusahaan tersebut.

Namun ada baiknya sebelum melanjutkan study kamu memantapkan diri terlebih dahulu untuk menentukan langkahmu selanjutnya.

Profesi mana yang kamu sukai dan akan kamu pilih? Daftar Prospek Kerja Administrasi Bisnis tersebut adalah yang paling populer dan memiliki gaji yang bagus.

Gambar Gravatar
Warga negara Indonesia yang baik hatinya... ssttt... kamu akan segera ketemu jodohmu jika share artikel ini :*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *