15 Jawaban Fasilitas yang Diharapkan Saat Interview Kerja

Seorang calon karyawan pada saat interview kerja atau wawancara kerja, akan merasa seperti digali semua mengenai dirinya dan kapasitasnya. Tidak sedikit yang merasa khawatir terlihat tidak sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Apalagi pada tahap akhir saat diminta jawaban fasilitas yang diharapkan saat interview kerja tersebut.

Tidak perlu ragu untuk menyatakan pendapat terkait dengan harapan kamu. Sebaliknya, harapan kamu yang besar pada perusahaan malah akan memberikan inside terhadap perusahaan itu sendiri.

Nah, apa saja kira-kira jawaban terbaik jika ditanya fasilitas saat interview kerja tersebut? Berikut jawaban yang bisa kamu berikan, dan bisa kamu sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

1. Tanyakan Soal Gaji Pokok Terlebih Dahulu

Pertama yang harus kamu jawab mengenai pertanyaan tersebut soal kejelasan gaji pokok yang didapatkan. Cara menjawab gaji dan fasilitas yang diharapkan dengan sebuah pertanyaan terkait kejelasan gaji pokok ini sangat wajar. Hal ini untuk memastikan apakah gaji yang akan kamu terima saat diterima sebagai karyawan training nantinya tetap atau bertambah.

Gaji pokok menjadi salah satu motivasi kerja, dan membuat perusahaan memberikan komitmennya untuk memberikan gaji yang layak. Ingat, seorang karyawan juga mempunyai hak atas kewajiban yang telah dilakukan.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Psikologi Paling Diminati Dan Populer

Baru setelah itu, jika masih berlanjut pertanyaan mengenai fasilitas yang diharapkan, kamu bisa menyambungnya dengan pertanyaan tunjangan lainnya.

2. Tanyakan Soal Tunjangan Kesehatan

Fasilitas untuk karyawan dari sisi kesehatan sudah diatur dalam undang-undang. Hal ini juga perlu dipastikan karena banyak sekali resiko kerja yang seharusnya ditanggung perusahaan.

Pertanyaan terkait tunjangan kesehatan ini bisa dalam hal biaya kesehatan apakah sudah mengcover semuanya, mulai dari rawat jalan hingga rawat inap. Apakah juga ada fasilitas kesehatan dalam bentuk cek kesehatan untuk gigi, dan mata.

Fasilitas kesehatan ini tentunya akan menjaga karyawan saat bekerja. Sehingga saat bekerja bisa lebih fokus, merasa aman, dan nyaman.

3. Tanyakan Soal Tunjangan Lembur

Banyak perusahaan yang “memanfaatkan” karyawan bekerja melebihi jam, namun tidak menyediakan tunjangan lembut. Tentunya hal ini akan mengganggu kinerja karyawan, dan bisa jadi menurunkan motivasi kerja karyawan.

Dengan memastikan apakah ada tunjangan lembur, akan memperkuat komitmen perusahaan dalam memenuhi hak karyawan tersebut.

4. Tanyakan Soal Tunjangan Hari Raya

Aturan mengenai tunjangan hari raya sudah ada di dalam undang-undang. Pemberiannya sebesar satu kali gaji pokok untuk karyawan sudah bekerja selama satu tahun.

Bagi karyawan yang bekerja sebelum 1 tahun dihitung dengan gaji pokok dibagi 12 bulan, dan dikalikan lama bekerja.

5. Tanyakan Soal Uang Transport dan Uang Makan

Kamu juga berhak mempertanyakan soal uang transport dan makan, terutama bagi kamu bekerja di lapangan. Biasanya posisi seperti marketing, sales, teknisi oudoor, dan lain sebagainya mendapatkan tunjangan ini.

Jadi, perlu halnya menanyakan soal tunjangan ini agar kamu tidak perlu khawatir dengan banyaknya pengeluaran dalam hal transportasi.

6. Tanyakan Soal Bonus Target

Pastinya setiap posisi pekerjaan memiliki target tertentu dari perusahaan. Terutama untuk posisi sales dan marketing yang menjadi garda terdepan dalam sebuah bisnis.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Agribisnis Yang Perlu Kamu Ketahui

Bonus dari tercapainya target, apalagi pencapaian yang lebih besar dari itu akan memberikan motivasi yang besar. Seharusnya perusahaan memberikan penghargaan yang sesuai dengan prestasi tersebut.

7. Tanyakan Soal Karir

Perusahaan yang memberikan peluang karir kepada karyawannya pastinya akan membuat karyawan lebih termotivasi. Tanpa adanya peluang karir, kamu akan seterusnya bekerja pada posisi tersebut. Padahal perkembangan karyawan juga akan memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan.

8. Tanyakan Soal BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan juga bisa menjadi salah aturan dari pemerintah yang wajib diberikan kepada karyawan. Adanya tunjangan ini didapatkan dari potongan gaji yang dibayarkan oleh perusahaan.

Dalam hal ini karyawan akan mendapat jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, kematian, dan jaminan hari tua. Jika kamu resign dari perusahaan, ada uang jaminan hari tua yang bisa kamu ambil dari BPJS ini.

9. Tanyakan Soal Fasilitas Tempat Tinggal

Perusahaan yang punya peluang dalam pembukaan cabang baru pastinya membutuhkan karyawan untuk mengisinya. Adanya tunjangan ini akan membuat karyawan lebih nyaman dalam bekerja dan lebih produktif.

Tanyakan tunjangan ini jika posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut berpotensi untuk mengirim kamu ke luar daerah.

10. Tanyakan Soal Ruang Kerja

Kamu perlu menanyakan hal ini ketika melamar untuk perusahaan yang bekerja dalam bidang kreatif. Ruang kerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Karena ruang kerja yang membosankan juga pastinya akan menambah tekanan pekerjaan, sehingga lebih mudah stres.

11. Tanyakan Soal Jadwal Kerja yang Fleksibel

Bidang pekerjaan yang seharusnya memiliki jadwal yang fleksibel seperti pekerja kreatif, konsultan, dan media. Bisa kamu bayangkan jika tidak ada jadwal kerja yang fleksibel akan mengurangi efektivitas kerja. Seperti janji ketemu klien, narasumber, dan kolega lainnya di waktu-waktu tertentu.

12. Tanyakan Soal Fasilitas Teknologi

Fasilitas yang diharapkan saat interview ini sangat berkaitan dengan bidang pekerjaan IT dan digital. Fasilitas teknologi seperti laptop, jaringan internet, dan penunjang lainnya pastinya akan memudahkan dalam pekerjaan.

Baca Juga:  UMR Bandung 2021, Naik 3,27% dari Tahun Sebelumnya

Tentunya fasilitas terkait teknologi ini juga harus diikuti dengan konsekuensi jika terdapat kerusakan. Biasanya perusahaan juga membuka negosiasi terkait dengan hal ini. Sehingga karyawan tidak akan terlalu terbebani.

13. Tanyakan Soal Program Pengembangan SDM

Peningkatan skill karyawan juga menjadi sebuah fasilitas non materiil yang sangat penting dalam pengembangan diri. Hal ini juga akan meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan kredibilitas perusahaan secara tidak langsung.

Program pengembangan SDM karyawan ini biasanya dalam bentuk skill training, public speaking, bahasa, leadership, dan lain sebagainya.

14. Tanyakan Soal Sponsor Beasiswa

Bagi kamu yang punya orientasi pendidikan, tentunya mendapatkan fasilitas ini menjadi motivasi yang sangat besar dalam bekerja. Sponsor beasiswa dari perusahaan akan menguntungkan karyawan dan perusahaan itu sendiri.

Sponsor beasiswa ini diberikan kepada karyawan yang berprestasi. Sponsor ini juga menjamin semua kebutuhan saat kuliah. Setelah itu, karyawan akan mengabdi kepada perusahaan dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

15. Fasilitas Khusus untuk Pekerja Wanita

Sebenarnya fasilitas ini sudah diatur di dalam undang-undang, yaitu UU No.13 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Dalam aturan tersebut karyawan perempuan bisa mendapatkan cuti hamil, lahir, dan setelah melahirkan. Karyawan perempuan dalam masa itu tetap mendapatkan gaji, dan tunjangan lainnya.

Fasilitas khusus perempuan lainnya juga seperti adanya hak karyawan perempuan untuk tidak bekerja ketika mengalami dysmenorrhea atau nyeri haid parah di hari pertama dan kedua haid.

Baca juga: Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya

Itulah jawaban fasilitas yang diharapkan saat interview kerja yang bisa kamu sampaikan. Berbagai jawaban dari fasilitas tersebut tentunya harus disesuaikan dengan bidang pekerjaan kamu.

3/5 - (2 votes)
Share:

Tinggalkan komentar