4 Jenis Kertas Surat Lamaran dan Standar Pengaturan Kertas Ideal

Jenis kertas surat lamaran beserta pengaturan seputar isi dalam kertas perlu kamu tahu sebelum mencetaknya. Pastikan bahwa hal hal yang jadi pilihanmu sesuai dengan standar.

Tak usah neko neko, ikuti saja aturan keumuman terkait jenis dan pengaturannya.

Apakah kamu sudah tahu jenis jenis kertas apa saja yang biasa digunakan? Bagaimana melakukan pengaturannya?

Kalau belum, kamu bisa membaca artikel dari Tugas Karyawan berikut ini. Baca baik baik ya!

Jenis Kertas Surat Lamaran Kerja

Apa kamu pikir kertas itu jenisnya hanya satu?

No no no. Kertas itu ada banyak jenisnya. Setiap jenis punya peruntukannya masing masing. 

Nah, dalam dunia kertas ini, ada sebagian kertas yang cocok untuk kamu gunakan untuk melamar kerja. Berikut kertasnya.

Kertas Folio Bergaris

Kertas folio atau kadang orang menyebutnya dengan kertas legal tergolong sering jadi pilihan untuk membuat surat lamaran.

Terutama, jika surat lamarannya ditulis dengan tulis manual pakai tangan,

Memang cocok sih. Soalnya kertas ini umumnya bergaris. Jadi, menulis di kertas ini bisa rata alias nggak naik turun.

Ukurannya sendiri adalah 21.5 cm x 33 cm.

Bila perusahaan tujuan mensyaratkan lamaran tulis tangan, maka gunakanlah kertas ini. 

Jangan ambil resiko dengan menggunakan kertas seperti HVS. Pasalnya, ada potensi nanti hasilnya cenderung kurang rapi.

Kamu bisa beli di toko buku atau toko kertas. Biasanya bisa beli satuan sekitar Rp.500. 

Meski nggak begitu tebal, harganya memang agak slebih mahal karena kertas ini dijual per dua lembar. Jadi ada 4 muka halaman dalam 1 kertas.

Kertas HVS 70gr

Kertas ini juga merupakan salah satu jenis paling umum yang sering pelamar kerja gunakan.

HVS sendiri merupakan singkatan dari bahasa Belanda yakni Hout Vrij Schrift dengan arti ‘kertas untuk buku’.

Wujudnya kertas putih bersih tanpa garis apapun.

Harganya terbilang paling murah. Untuk satu rim (500 lembar) hanya ada di kisaran 30 ribuan. Jatuhnya sekitar Rp.60.

Baca Juga:  9 Contoh Surat Tugas untuk Berbagai Keperluan Kerja (Lengkap)

Kamu yang ingin menggunakan kertas ini sangat gampang. Rata rata tukang fotocopy atau tempat jasa print komputer pakai kertas jenis ini kok.

Biasanya HVS ada dua ukuran, yakni A4 dan F4. Paling umum sih menggunakan A4 dengan ukuran 21 X 29.7 cm.

Cuma ya itu, karena ini jenis kertas dengan level standar, jadi surat lamarannya kelihatannya standar standar saja.

Tapi kalau isinya emang bagus sih pasti tetap bisa dilirik HRD kok.

Kertas HVS 80gr

Kertas ini agak sedikit tebal. Secara kasat mata sih kelihatannya sama saja dengan HVS 70gr. Tapi, kalau kamu pegang, akan terasa bedanya.

Karena kualitasnya sedikit di atas standar, kertas ini kini pemerintah lirik untuk jadi kertas dalam pencetakan dokumen seperti Kartu Keluarga di Disdukcapil.

Bagaimana cara menggunakannya?

Memang ada beberapa tempat fotocopy dan print yang menyediakan kertas jenis ini. Tapi jarang jarang sih.

Makanya kalau mau pakai, ada baiknya kamu beli terpisah di tempat jualan kertas. 

Harga 1 rimnya rata rata di atas 40 ribuan. Kira kira per lembarnya sekitar Rp.70 atau Rp.80. Kalau beli satuan biasanya Rp.100 atau Rp.200.

Menurut kami sih ini kertas yang nanggung untuk meningkatkan kualitas surat lamaranmu. Soalnya bedanya nggak begitu kelihatan dengan versi 70 gram.

Kertas Fancy Paper

Pilihan kertas paling akhir ini paling bagus. Bisa menunjukan keseriusanmu sebagai pelamar kerja.

Jadi, ini adalah kertas lebih tebal dengan berat di atas 100 gram. Biasanya ada tekstur seratnya.

Di toko buku atau penjual kertas, biasanya ada berbagai jenis fancy paper. Warnanya beragam dari warna standar, gelap, hingga terang.

Namun kalau kamu ingin memanfaatkannya sebagai surat lamaran, bagusnya sih pilih warna standar aja. Yakni warna dengan kategori netral.

Misalnya putih bersih, putih tulang (gading), krim, atau abu abu muda.

Kenapa? Karena warna tersebut lebih mencerminkan profesionalisme.

Kalau kamu pilih yang warna warni, kesannya malah seperti kertas untuk kepentingan mainan anak anak.

Pengaturan Isi Kertas dalam Surat Lamaran

Selain kertas yang tepat, kamu juga perlu memberikan sentuhan pengaturan berhubungan dengan isi kertas. Terutama jika kamu membuat surat lamaran dalam versi document di aplikasi seperti MS Word.

Baca Juga:  7 Contoh CV Lamaran Kerja Tamatan SMK Berbagai Jurusan

Nah, berikut ini beberapa pengaturan yang perlu kamu perhatikan.

Pengaturan Font

Dalam pengaturan manual, kamu bisa mengatur jenis huruf sesuai selera dan kemauanmu sendiri.

Tapi jika kamu membuat surat lamaran di komputer atau laptop, ada banyak jenis yang mungkin bisa bikin kamu bingung. Soalnya saking banyak font bagus.

Khusus kepentingan surat lamaran, kami sarankan pilih font standar saja. Ada beberapa jenis font yang dianggap standar oleh kalangan profesional. Antara lain:

  • Times new roman
  • Calibri
  • Arial
  • Sans serif
  • Helvetica
  • Verdana
  • Trebuchet MS
  • Lora
  • Roboto
  • Georgia

Masih ada sebenarnya yang lain. Tapi pilihan pilihan di atas tampaknya sudah lebih dari cukup.

Satu yang pasti, jangan pilih font berdasarkan subjektivitas kesukaanmu belaka. Pertimbangkan juga pihak yang akan membaca suratmu. Mereka adalah kalangan dewasa dengan latar belakang profesional.

Terus, berapa ukuran paling pas?

Sebaiknya kamu gunakan ukuran 12. Kalaupun mau lebih kecil, paling kecil 10.5. Kami tak rekomendasikan di bawahnya. 

Pengaturan margin

Selain font, kamu juga perlu memberi margin. Dalam tata letak dokumen, margin merujuk pada jarak antara garis tepi kertas dengan tulisan yang kamu buat dalam kertas.

Biasanya, saat awal masuk ke dalam aplikasi pengetikan seperti Microsoft Word atau Google Docs, pengaturan margin standar sudah bagus.

Kira kira sekitar 1 inch untuk garis tepi atas, bawah, kiri, serta kanan. 

Kalau kamu konversi ke satuan centimeter, jatuhnya sekitar 2,54 cm. 

Kalau settingan awal sudah seperti itu, tak perlu otak atik lagi.

Namun pastikan bahwa settingan kertasnya benar dan sesuai ketika di print. Misalnya ketika kamu atur ukurannya A4, kamu harus menggunakan kertas A4.

Kalau ukuran kertas di printer nya beda, nanti ada sebagian bagian yang marginnya jadi beda juga.

Bagaimana kalau isinya terlampau banyak sehingga tulisan malah meluber ke halaman 2?

Pilihan paling baik adalah cek lagi kalimat kalimat dalam surat. Hapus saja kata kata tak penting dan jangan pilih opsi mempersempit margin.

Pengaturan Spasi

Spasi atau jarak antara satu baris dengan baris lainnya juga perlu kamu atur.

Baca Juga:  Cara Membuat CV yang Menarik Lengkap dengan Contohnya

Tepatnya pengaturan spasi akan membuat tulisan jadi enak dibaca. 

Bagaimana spasi yang baik?

Jawabannya adalah tidak terlalu rapat dan tidak pula terlalu renggang. Opsi ini akan memudahkan orang yang bermasalah pada mata bisa tetap nyaman membaca tulisanmu.

Ukuran paling pas dan kami rekomendasikan adalah antara 1 dan 1,5. 

Apabila dengan ukuran 1 masih terlihat ada margin terlalu jauh antara batas tepi kertas bagian bawah dengan baris terakhir tulisan, menggunakan 1,5 agar tampilan ujung ke ujungnya jadi lebih seimbang.

Secara estetika, ini akan membuat kertas lamaran jadi lebih sedap dipandang dan rapi.

Penggunaan bahasa

Poin terakhir adalah gaya bahasa dalam tulisan.

Untuk surat lamaran kerja, kamu harus menggunakan gaya bahasa formal. Gunakan pilihan kata resmi dan hindari kata kata tidak baku.

Penggunaan sudut pandang juga perlu kamu perhatikan.

Untuk sudut pandang orang pertama, gunakan kata ‘saya’. Jangan gunakan kata ‘aku’ atau ‘gue’. Kesan dari kedua kata tersebut cenderung tidak formal.

Sementara untuk sudut pandang orang kedua, kamu bisa gunakan kata ‘Bapak/Ibu’. Jangan gunakan kata ‘kamu’, apalagi ‘lo. Bahkan, kata ‘Anda’ juga bagusnya dihindari.

Satu lagi, dari sisi pengungkapan maksud, kamu bisa langsung to the point. Jangan muter muter atau bertele tele. Sampaikan maksudmu seringkas dan sejelas mungkin.

Idealnya, surat lamaran kerja cukup termuat dalam 1 halaman. Jika kamu banyak basa basi, bisa bisa nanti tidak muat.

Makanya, sebelum benar benar kamu print, kamu bisa lakukan dulu proofreading. Pastikan memang gaya bahasanya tepat, tidak ada pilihan kata yang salah, nihil dari salah ketik, dan to the point.

Setelah semuanya sudah oke, kamu bisa langsung print dengan jenis kertas pilihan.

Oke segitu aja sobat Tugas Karyawan yang bisa kami jelaskan.

Sudah jelas kan bagaimana jenis kertas surat lamaran beserta pengaturannya? Tunggu apa lagi, kamu bisa langsung buat suratnya sekarang juga. Semoga dengan ikhtiar terbaik dalam pengaturan kertas ini, peluangmu lolos di perusahaan tujuan bisa tercapai!

Baca juga:

Editor Lala

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar