Panduan Lengkap Jenis Visa Kerja di New Zealand

Visa kerja di New Zealand adalah salah satu cara untuk bekerja dan tinggal di negara ini secara legal. New Zealand menawarkan berbagai jenis visa kerja yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi individu. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis visa kerja yang tersedia di New Zealand, persyaratan umum yang harus dipenuhi, proses aplikasi, dan tips untuk mendapatkan visa kerja dengan mudah.

Jenis-jenis Visa Kerja di New Zealand

a. Visa Kerja Skilled Migrant

Visa Kerja Skilled Migrant ditujukan untuk para pekerja terampil yang memiliki kualifikasi dan pengalaman kerja yang relevan. Untuk memenuhi syarat, pelamar harus memenuhi poin minimum dalam sistem penilaian Skilled Migrant Category Points. Visa ini memberikan hak tinggal permanen di New Zealand.

b. Visa Kerja Essential Skills

Visa Kerja Essential Skills diberikan kepada pekerja asing yang telah mendapatkan tawaran pekerjaan dari majikan di New Zealand. Visa ini memiliki beberapa sub-kategori tergantung pada tingkat keterampilan dan durasi kontrak kerja. Pemegang visa ini dapat bekerja di New Zealand selama masa kontrak kerja mereka.

Baca Juga:  Panduan Menggunakan Nomor WA Indonesia di Luar Negeri: Keuntungan, Cara, Biaya

c. Visa Kerja Working Holiday

Visa Kerja Working Holiday ditujukan untuk orang-orang yang ingin bekerja sambil berlibur di New Zealand. Program ini terbuka untuk warga negara dari negara-negara tertentu yang memiliki perjanjian dengan pemerintah New Zealand. Visa ini memungkinkan pemegangnya untuk bekerja sementara dan menjelajahi negara selama periode tertentu.

d. Visa Kerja Partnership

Visa Kerja Partnership diberikan kepada pasangan atau pasangan de facto dari warga negara New Zealand atau pemegang visa kerja di New Zealand. Untuk memenuhi syarat, hubungan harus terbukti dan pemohon harus dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan yang stabil dan berkelanjutan.

e. Visa Kerja Entrepreneur

Visa Kerja Entrepreneur ditujukan untuk individu yang ingin mendirikan atau mengelola bisnis di New Zealand. Untuk memenuhi syarat, pemohon harus memiliki rencana bisnis yang solid dan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi negara.

f. Visa Kerja Investor

Visa Kerja Investor diberikan kepada individu yang ingin berinvestasi dalam bisnis atau sektor keuangan di New Zealand. Visa ini memiliki beberapa sub-kategori tergantung pada jumlah investasi yang dilakukan oleh pemohon.

Persyaratan Umum untuk Mendapatkan Visa Kerja di New Zealand

a. Kriteria umum untuk semua jenis visa kerja

Meskipun persyaratan spesifik bervariasi tergantung pada jenis visa kerja yang dipilih, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh semua pemohon. Ini termasuk persyaratan kesehatan dan karakter yang harus dipenuhi, serta kemampuan bahasa Inggris yang memadai.

b. Persyaratan khusus untuk setiap jenis visa kerja

Setiap jenis visa kerja memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pemohon. Misalnya, untuk Visa Kerja Skilled Migrant, pemohon harus memenuhi poin minimum dalam sistem penilaian Skilled Migrant Category Points. Untuk Visa Kerja Essential Skills, pemohon harus memiliki tawaran pekerjaan yang valid dari majikan di New Zealand.

Baca Juga:  Peningkatan Karier: Langkah-Langkah Menuju Sukses

Proses Aplikasi Visa Kerja di New Zealand

a. Tahapan aplikasi visa kerja

Proses aplikasi visa kerja di New Zealand melibatkan beberapa tahapan. Ini termasuk pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan, pengisian formulir aplikasi, dan pembayaran biaya aplikasi. Setelah aplikasi diajukan, pemohon harus menunggu keputusan dari pihak imigrasi New Zealand.

b. Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa kerja

Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa kerja bervariasi tergantung pada jenis visa yang dipilih. Namun, dokumen umum yang biasanya diminta termasuk paspor yang masih berlaku, bukti kualifikasi dan pengalaman kerja, surat tawaran pekerjaan, bukti hubungan (untuk Visa Kerja Partnership), dan bukti keuangan (untuk Visa Kerja Entrepreneur dan Investor).

c. Waktu proses aplikasi visa kerja

Waktu proses aplikasi visa kerja di New Zealand dapat bervariasi tergantung pada jenis visa dan volume aplikasi yang sedang diproses oleh pihak imigrasi. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Penting untuk mengajukan aplikasi dengan waktu yang cukup agar tidak terburu-buru.

Visa kerja di New Zealand adalah cara untuk bekerja dan tinggal secara legal di negara ini. Ada berbagai jenis visa kerja yang dapat dipilih, termasuk Visa Kerja Skilled Migrant, Visa Kerja Essential Skills, Visa Kerja Working Holiday, Visa Kerja Partnership, Visa Kerja Entrepreneur, dan Visa Kerja Investor.

Setiap jenis visa memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pemohon. Proses aplikasi visa kerja melibatkan pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan dan pembayaran biaya aplikasi. Penting untuk mempersiapkan dokumen dengan baik, memilih jenis visa yang sesuai, menggunakan jasa agen imigrasi yang terpercaya, dan mempelajari bahasa Inggris dengan baik untuk mendapatkan visa kerja di New Zealand dengan mudah.

3/5 - (2 votes)
Share:

Tinggalkan komentar