Informasi 10 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Masa Depan

Diposting pada

Mencari informasi mengenai prospek kerja teknik elektro setelah lulus atau ingin melanjutkan dalam pendidikan ini ? Baca artikel di bawah ini.

Pesatnya pertumbuhan teknologi membuat lulusan Teknik Elektro sangat terbuka lebar, di mana lulusan Teknik Elektro sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi pada bidang Elektronika.

Disetiap harinya konsumsi listrik pada kehidupan sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan keseharian mereka. Apalagi untuk perusahaan – perusahaan besar yang sangat membutuhkan listrik.

Teknik Elektro memiliki berbagai konsentrasi yaitu Teknik Sistem Kendali, Teknik Instrumentasi, Teknik Sistem Kendali, Teknik Elektronika dan Teknik Komputer.

Mengingat pentingnya listrik untuk kehidupan memberikan prospek kerja yang sangat luas bagi lulusan Teknik Elektro.

Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan mata kuliah atau jurusan yang mempelajari tentang listrik dan berbagai macam aplikasinya untuk kehidupan sehari – hari.

Selama mempelajari Teknik Elektro, setiap mahasiswa akan dibekali ilmu dan pengetahuan yang berupa konsep, perancangan, pengembangan dan produksi listrik dan elektronik.

Selain hal di atas, setiap mahasiswa jurusan Teknik Elektro juga akan mempelajari ilmu pembangkit sumber daya, metode penyimpanan dan metode kontrol untuk hemat energi.

10 Prospek Kerja Teknik Elektro

Mengingat tingginya konsusmi akan hal kelistrikan dalam segala segi aspek, membuat lulusan dari Teknik Elektro sangat dibutuhkan dalam suatu persahaan atupun organisasi lainnya.

Berikut adalah paparan prospek kerja Teknik Elektro yang bisa kamu jadikan profesi.

1. Bidang Kelistrikan

Bekerja dalam suatu bidang kelistrikan entah itu pada perusahaan ataupun organisasi bisa kamu jadikan pilihan untuk membentuk karirmu.

Jika kamu tertarik dan memiliki hasrat dalam pekerjaan ini. Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan yang kamu ingin lamar.

Karena pada dasarnya setiap perusahaan memiliki kebijkan rekrutmenya sendiri untuk menentukan standar rekrutmen pegawai.

Besaran gaji yang dapat kamu peroleh dari perusahaan tersebut, rata – rata Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 setiap bulannya.

2. Bidang Telekomunikasi

Bekerja dalam bidang telekomunikasi tidak hanya diperuntukan bagi lulusan telekomunikasi saja. Namun sebagai lulusan Teknik Elektro juga dapat memiliki peluang kerja pada bidang tersebut.

Pasalanya ilmu yang dipelajari dari Teknik Elektro, juga teramat sangat mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh telekomunikasi. Dalam kasus ini setidaknya kamu memiliki kemampuan – kmampuan untuk mendukung kinerjamu selain ijazah yang kamu miliki.

Bekerja pada bidang komunikasi, setiap bulanya kamu akan mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000. Gaji tersebut masih bisa naik seiring berjalananya waktu dan jabatan yang kamu duduki.

3. Software Developer

Sebagai lulusan Teknik Elektro juga bisa bekerja dalam bidang software developer. Karena lulusan Teknik Elektro juga dibekali dengan kemampuan mengembangkan perangkat lunak.

Sebagai seorang software developer, setidaknya memiliki kemampuan untuk menguasai bahasa pemrogrman perangkat keras. Karena dalam bidang ini bahasa pemrograman memang diperlukan.

Besaran gaji yang dapat diterima bekerja pada posisi ini setiap bulannya mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000. Yang masih bisa berubah dengan catatan pengalaman, kemampuan, dan tempat di mana kamu bekerja.

4. Manufaktur

Berkarir dalam bidang manufatur bukan hal yang tidak mungkin untuk lulusan Teknik Elektro. Karena kamu bisa melamar pekerjaan dalam bidang engineer ataupun teknisi.

Untuk menjadi seorang dengan posisi tersebut, selain menguasai ilmu yang bersangkutan dengan hal tersebut, kamu juga harus memiliki kemampuan atau skill untuk mengatasi masalah dengan cepat.

Gaji yang kamu peroleh bisa dikatakan cukup besar. Menjadi seorang engineer atau teknisi mendapatkan gaji sekitar Rp 4.500.000 hingga Rp 18.000.000 setiap bulan.

Namun besarn gaji yang diterima tentunya di dapat dari peruahaan mana kamu bekerja, dan pengalaman beserta skill yang kamu miliki.

5. Pertambangan

Dalam dunia pertambangan Teknik Elektro adalah jurusan yang sangat dibutuhkan, terutama dalam bidang kontrol dan engineer mengingat alat – alat tambang membutuhkan listrik yang besar.

Sehingga pekerjaan dalam bidang pertambangan merupakan kesempatan besar lulusan elekto untuk berkarir.

Jika tertarik bekerja dalam bidang tersebut, setidaknya kamu memiliki dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu juga harus memiliki skill atau kemampuan untuk mendukung kinerja.

Gaji yang dperoleh bekerja ditambang, setip bulan kamu bisa memperoleh gaji Rp 7.000.000 hingga Rp 15.000.000. Nilai yang terbilang besar untuk rata – rata gaji perusahaan.

Baca Juga: Prospek Kerja Administrasi Bisnis

6. Industri Otomotif

Semakin maraknya dan berkembangnya industri otomotif di Indonesia menjadikan lulusan Teknik Elektro juga sagat dibutuhkan. Di mana setiap otomototif yang diproduksi tidak bisa lepas dengan segala elektronika yang bersangkutan.

Seperti halnya melamar pekerjaan pada umumnya, jika kamu ingin bekerja pada bidang ini kamu juga harus memiliki persyaratan yang sudah ditentukkan oleh perusahaan tersebut.

Untuk gaji yang dapat kamu terima dalam setiap bulanya berkisar Rp 4.500.000, bahkan bisa menyentuh Rp 11.000.000 setiap bulanya.

Hal itu tergantung dengan pengalaman ataupun dengan posisi jabatan kamu bekerja.

7. Transportasi

Dalam industri transportasi pun juga membuthkan lulusan Teknik Elektro di mana peluang kerjanya sangat terbuka lebar. Pasalnya semakin maju transportasi di Indonesia melahirkan ide – ide kreatif demi meminimalisir daya atau energi yang dibutuhkan.

Nah lulusan teknik elektro sangat cocok sekali berada dalam bidang tersebut. Jika ingin bekerja dibidang ini tentunya harus memiliki dan memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan.

Sebagai mana setiap perusahaan pasti memiliki standar persyaratan dan kualifikasi yang berbeda. Berbicara soal gaji, gaji yang dapat kamu terima tiap bulanya berkisar Rp 5.000.000.

8. Jasa dan Pelayanan

Menjadi serang lulusan teknik elektro juga bisa bekerja dalam bidang jasa dan pelayanan. Seperti contoh pada jasa atau pelayanan instalasi listrik, perancangan jaringan dan lain sebagainya.

Sudah jelas jika bekerja dalam bidang ini kamu harus menguasi teori dan praktek lapangan yang baik. Karena selain kamu menguasai teori kamu juga harus bisa dalam pengaplikasianya.

Besaran gaji yang diterima setiap bulanya, kamu akan memperoleh gaji sebesar Rp 5.000.000 hingga Rp 12.000.000 setiap bulanya. Besaran gaji pun juga masih memungkinkan untuk berubah tergantung kamu berada pada perusahaan apa, dan di mana kamu bekerja.

9. Pegawai Negeri Sipil

Bekerja dalam instansi pemerintah atau pegawai negeri sipil juga bisa dari lulusan Teknik Elektro. Sebagai mana kamu melamar sesuai dengan jurusan yang kamu pelajari.

Jika bekerja dalam instansi pemerintah atau PNS kamu juga haru mengikut seleksi CPNS yang biasanya dibuka setiap setahun sekali.

Pendapatan atau gaji yang bisa kamu peroleh umumnya sama dengan PNS lainya, yang didalamnya ditambah dengan tunjangan – tunjangan, intensif atau gaji ke 13.

10. Pengusaha

Sebagai lulusan Teknik Elektro kamu juga bisa menjadi pengusaha. Di mana kamu bisa mendirikan CV atau PT yang berhubungan dengan elektronika.

Syarat yang diperlukan dalam pendirian usaha juga mudah kamu bisa memenuhinya. Karena kamu cuma harus memenuhi syarat pendirian CV atau PT yang sudah ditetapkan pemerintah.

Besaran pendapatan yang kamu dapatkan tentunya tidak bisa terhitung jumlahnya. Karena pengasilan yang kamu dapatkan ditentukan oleh omset perusahaan itu sendiri.

Tertarik dengan jurusan Teknik Elektro ? Lekas mantapkan hati kamu untuk melanjutkan pendidikan jurusan ini.

Sekian informasi mengenai prospek kerja Teknik Elektro yang dapat kami rangkum. Semoga dapat menjadikan bahan pertimbanagan dan pengetahuan bagi semaua.

Gambar Gravatar
Warga negara Indonesia yang baik hatinya... ssttt... kamu akan segera ketemu jodohmu jika share artikel ini :*