10 Prospek Kerja Teknik Kimia Terfavorit Dengan Gaji Tinggi

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Bagaimana prospek kerja Teknik Kimia? Lihatlah peluang yang ditawarkan oleh bidang yang satu ini pada artikel tugaskaryawan.com.

Bagi kamu yang masih bingung ingin kuliah di jurusan apa coba saja masuk jurusan Teknik Kimia karena untuk kedepannya jurusan ini mampu menghidupimu.

Setelah seorang mahasiswa lulus, ia akan mendapatkan gelar S.T. Namun sebelum lulus pastinya kamu sudah merencanakan rencana jangka panjang yaitu dengan melihat prospek kerjanya.

Teknik Kimia

Jurusan ini merupakan ilmu teknik yang mempelajari pengolahan berbagai jenis produk kimia. Pengolahan tersebut dimulai sejak barang baku sampai dengan produk jadi.

Ilmu yang dipelajari pun mulai dari dasar yaitu Kimia Organik sampai Fisika Dasar. Lalu diperdalam lagi ke Termodinamika, Perancangan Alat Proses sampai Operasi Teknik Kimia.

Untuk lebih memahami ilmu yang didapat maka pada pertengahan semester , kamu akan mendapatkan pelajaran penerapan seperti praktek dan penelitian.

Jadi bisa disimpulkan bahwa jurusan ini tidak hanya belajar teori saja namun juga membuat sebuah produk.

Maka dari itu lulusan Teknik Kimia tidak hanya bekerja pada pengolahan bahan kimia namim juga industri lainnya seperti kosmetik.

10 Prospek Kerja Teknik Kimia

Lulusan Teknik Kimia bisa bekerja pada bidang dan menempati posisi sebagai berikut ini:

1. Environment Risk Accessor

Profesi ini juga disebut dengan Penilaian Resiko Kesehatan Lingkungan. Profesi ini memiliki tugas untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar pabrik atau industri.

Karena sebuah pabrik pasti mengolah bahan baku dan menyisakan limbah yang tidak terpakai dan kemungkinan bisa mencemari lingkungan. Entah itu dari limbah yang bisa mencemar lewat udara maupun air.

Resiko tersebut harus ditanggulangi dan dihindari sebisa mungkin. Jika tidak ditangani maka perusahaan tersebut bisa mendapatkan efek buruk bahkan dari masyarakat sekitar.

Untuk melaksanakan tugas ini maka kamu harus bisa mengenal lingkungan sekitar dan memiliki daya analisis yang tinggi.

Serta kamu harus cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada proses produksi. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang berdampak pada lingkungan sekitar maka kamu harus pandai berkomunikasi pada semua pihak.

Komunikasi yang baik harus dijalin kepada perusahaan ataupun masyarakat sekitar. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya bentrok yang akan menghambat kelangsungan hidup perusahaan.

Gaji untuk posisi ini pun terbilang cukup tinggi. Gaji rata-rata yang dikantongi sekitar Rp 5.000.000/ bulan.

2. Research And Development

Seorang yang berkecimpung dalam RnD bertugas mulai dari merencanakan, melaksanakan dan juga melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan.

Tanggung jawab lebih spesifik yaitu melalukan riset produk dan juga riset pasar. Seorang RnD juga harus bisa mengembangkan sebuah produk baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk melaksankan tugas tersebut kamu harus memiliki cara berkomunikasi dengan baik. Dan juga cara presentasi yang jelas dan benar.

Gaji yang didapatkan dari profesi ini mulai dari Rp 3.000.000/ bulan dan busa meningkat sejalan dengan pengalaman dan kinerja.

3. Peniliti

Lulusan Teknik Kimia juga berpotensi menjadi seorang peneliti. Biasanya pabrik swasta kimia dasar yang merekrut banyak peneliti.

Tugas utamanya adalah mengembangkan produk-produk kimia yang sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut. Selain perusahaan kimia dasar, kamu juga bisa masuk ranah perusahaan pertambangan, farmasi dan perminyakan.

Untuk menjadi peneliti kamu harus memiliki kemampuan dan keterampilan teknis. Dan juga menguasai secara detil metode dan kaidah ilmiah untuk mengembangkan reagen pada berbagai produk kimia.

Selain memiliki pengetahuan kamu juga harus berfikir kritis, melakukan analisis dan kerja tim. Penguasaan bahasa asing pun juga menjadi nilai plus.

Sebagai seorang peneliti kamu bisa mendapatkan gaji yang tinggi hingga sampai puluhan juta rupiah.

4. Quality Control

Quality Control atau yang sering disebut sebagai Pengendali Mutu merupakan profesi yang menjanjikan di bidang Teknik Kimia.

Tugas yang diemban adalah mulai dari pemeriksaan visual produk sampai menguji produk tersebut secara manual. Pengujian produk mulai dari sebelum proses produksi, saat produksi sampai setelah proses produksi selesai.

Selain memantau proses produksi, pengedali mutu juga bertanggung jawab dalam peralatan inspeksi. Bahkan kualitas produksi harus di rekam dan analisis.

Untuk gaji Quality Control yang didapatkan mulai dari Rp 3.000.000/ bulan. Bahkan gaji tersebut masih bisa naik dengan posisi yang lebih tinggi.

Baca Juga: Prospek Kerja Psikologi

5. Project Engineer

Profesi ini merupakan gabungan antara jurusan teknik dan juga manajemen proyek. Bertanggung jawab dalam pengontrolan proyek agar sesuai tepat dengan rencana yang dibuat.

Tugas tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan juga penyelesaian suatu masalah teknis.

Selain ilmu kimia, kamu juga harus menguasai ilmu matematika juga. Penguasaan dalam bidang manajemen sumber daya pun juga harus dikuasai.

Tugas yang diemban cukup rumit maka dari itu gaji yang didapat lumayan tinggi. Mulai dari Rp 5.000.000/ bulan sampai belasan juta.

6. Industri Pangan

Industri Pangan juga membutuhkan lulusan Teknik Kimia dalam mempelajari teknologi pangan. Sebelum melakukan proses produksi, penelitan sifat fisis dan mikrobiologis perlu dilakukan agar produk tersebut aman.

Sarjana Teknik di sini berperan dalam memantau seluruh proses yang berkaitan dengan produksi pangan tersebut. Alur tersebut juga sampai pada sortasi, pengawetan dan juga pengemasan.

Berkat teknologi pangan, banyak produk makanan menjadi tahan lama. Walaupun bisa bertahan lama, kandungan nutrisi pada produk tersebut tetap bisa dipertahankan.

Nah untuk menjalankan semua prosedur tersebut maka kamu harus menguasai proses produksi, rekayasa proses, pengolahan limbah dan proses pemilihan bahan yang berkualitas juga.

7. Industri Kosmetik

Indonesia kini sedang mengalamai perkembangan dalam bidang kosmetik. Perkembangan ini disebabkan karena permintaan pasar yang semakin meningkat pula.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh lulusan Teknik Kimia untuk menjajaki bidang kosmetik. Tugas yang dilakukan adalah mengomposisi atau meracik produk kulit yang ramah manusia serta lingkungan.

Tidak hanya produksi produk kecantikan wajah tapi juga rambut, kulit dan kuku. Untuk meracik produk kecantikan, maka kamu harus memahami kandungan yang ada di setiap bahan.

Gaji yang ditawarkan mulai dari Rp 2.500.000/ bulan. Gaji tersebut bisa bertambah seiring dengan jabatan yang diemban.

8. EPCC

EPCC merupakan singkatan dari Engineering, Procurement, and Commissioning. EPCC merupakan istilah yang digunakan pada proses perancangan sistem serta pengadaan barang dan dilanjutkan dengan proses pembangunan.

EPCC dalam industri kimia bertugas mulai dari rekayasa suatu teknik kimia hingga pembelian kebutuhan yang terkait. Peralatan untuk produksi pabrik pun juga harus diukur oleh EPCC.

Bisa dikatakan bahwa EPCC adalah integrator karena karena menjembatani dan juga mengkoordinasikan semua bagian yang tergabung dalam pembangunan sebuah plant.

Beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang EPCC seperti Saipem, KBR, Rekayasa Teknik, Tripatra, IKPT dan Technip.

Berbicara masalah gaji lumayan besar karena fresh graduated saja bisa mendapatkan gaji rata-rata Rp 2.500.000- Rp 4.000.000/ bulan.

Lalu pegawai dengan pengalaman lebih dari 10 tahun bisa mendapatkan gaji dari Rp 10.000.000- Rp 25.000.000/ bulan.

9. Wiraswasta

Sebagai lulusan Teknik Kimia kamu bisa mulai bekerja sebagai wiraswasta. Kamu bisa membuka usahamu sendiri jika kamu menguasai teknik kimia dan juga materialnya.

Usahamu bisa dimulai dari usaha rumahan. Carilah peluang usaha yang sekiranya belum banyak di bangun pada lingkunganmu.

Contohnya saja kosmetik, sabun, pewarna makanan, pengolahan metal dan masih banyak lagi bisa kamu buat.

Untuk pendapatan, kamulah orang yang menentukannya sendiri. Seberapa besar pendapatanmu ditentukan oleh kegigihanmu karena mengawali usaha tidaklah mudah.

Dibutuhkan mod yang tidak sedikit dan usaha atau promosi yang gencar.

10. Industri Minyak Dan Gas

Bekerja pada industri minyak dan gas merupakan dambaan bagi kebanyakan lulusan Teknik Kimia. Pasalnya gaji yang ditawarkan sangat tinggi.

Namun kamu harus memahami banyak reaksi kimia seperti mekanika fluida dan Termodinamika. Karena minyak dan gas perlu dipulihkan dengan penggunaan dasar-dasar teknik kimia.

Kamu pun harus paham dengan proses dari awal sampai akhir, mulai dari bahan baku sampai menjadi produk jadi. Proses tersebut membutuhkan pemisahan dari senyawa-senyawa yang dihasilkan.

Untuk menggeluti profesi tersebut kamu bisa mendaftar pada perusahaan gas dan minyak di Indonesia. Perusahaan tersebut seperti Exxon mobil, Total Chevron, Pertamina, Medco dan lain-lain.

Untuk gaji bisa berbeda-beda tergantung dari grade dan Pengalaman. Namun gaji rata-rata mulai dari Rp 3.000.000- Rp 50.000.000/ bulan.

Itulah beberapa prospek kerja Teknik Kimia terfavorit. Bagi kamu yang mendambakan gaji tinggi silahkan masuk jurusan Teknik Kimia.

Namun harus dibarengi dengan ilmu dan kemampuan yang tinggi. Semangat belajar dan mencari kerja.

Artikel Terkait