Tugas Administrasi Bank

Tugas Administrasi Bank
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Administrasi Bank – Banyak yang menganggap jika bekerja di bank itu enak karena gajinya besar dan hanya duduk di depan komputer saja. Namun, pada kenyataannya tidak seperti itu. Bank sendiri mempunyai beberapa kategori pekerjaan yang bisa dibilang lebih rumit daripada perusahaan. Ada bagian analist, marketing sampai bagian administrasi. Dari semuanya, tugas administrasi bank yang paling rumit.

Pekerjaan utama seorang karyawan administrasi adalah mengelola dokumen yang dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan kantor. Sehingga, membutuhkan tenaga profesional yang mengerti akan pengelolaan dokumen.

Tugas Administrasi Bank

Pada setiap konteks pekerjaan administrasi ini melibatkan 4 peranan yakni komunikasi, koordinasi, pekerjaan administrasi harian serta rencana jangka panjang. Pekerjaan ini juga sangat menentukan keberhasilan pekerjaan lainnya di suatu bank. Mengingat lingkup pekerjaannya itu, tak heran bila karyawan administrasi bank mendapatkan gaji dan tunjangan yang cukup besar.

Tugas dan Kewajiban Administrasi Bank

Pegawai administrasi atau staff administrasi bank sekarang ini sering ditempati oleh wanita. Tapi, meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bank juga mempekerjakan pria untuk itu.

Tugas Administrasi Bank

  1. Melakukan aktivitas pelayanan kantor
  2. Menyediakan sarana administrasi perkantoran sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap bank.
  3. Mengurus laporan hasil penjualan atau pemasaran semua produk bank.

Kewajiban Administrasi Bank

  1. Menyiapkan segala sesuatu untuk aktivitas ruang kerja seperti perlengkapan kantor untuk semua pegawai dan ketersediaan ruang kerja untuk mereka sesuai pekerjaan dan jabatan masing-masing.
  2. Melakukan perbaikan ruang kerja, gedung atau lainnya agar kegiatan operasional lancar.
  3. Melakukan kegiatan surat-menyurat, pengarsipan serta dokumentasi demi kelancaran semua kegiatan karyawan dan bank.
  4. Mengevaluasi dan membuat gagasan kerja harian maupun bulanan.
  5. Membuat perkiraan anggaran bulanan maupun tahunan yang berhubungan dengan kegiatan administrasi kantor.
  6. Mencatat dan menyiapkan pengadaan peralatan dan perlengkapan kantor, peralatan kebersihan serta keamanan kantor.
  7. Mengawasi tugas karyawan termasuk staf kebersihan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan kantor

Tugas dan kewajiban administrasi bank cukup banyak, sehingga membuat karyawan administrasi harus berpendidikan tinggi. Sehingga, mereka nantinya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut dengan baik.

Baca Juga: Tugas Admin PLN

Gaji dan Tunjangan Karyawan Administrasi Bank

Untuk gaji, umumnya karyawan sudah digaji sesuai standar masing-masing bank, bahkan lebih dari upah minimum kabupaten/ kota. Gaji pegawai administrasi mulai dari Rp 3,5 juta –  Rp 8 juta. Ada pula beberapa bank yang menggaji hingga Rp 10 – 12 juta. Itu tergantung lingkup pekerjaan, jabatan serta lama waktu bekerja. Sedangkan tunjangan adalah pelengkap gaji pokok.

Fungsi tunjangan yakni sebagai insentif dan sosial. Tunjangan juga terbagi dalam 2 jenis yakni tunjangan tetap dan tidak tetap. Kalau tunjangan tetap itu diperoleh setiap bulan, contohnya tunjangan transport, jabatan, tunjangan kesehatan dan lain sebagainya. Sedangkan tunjangan tidak tetap, hanya didapatkan saat moment-moment tertentu saja seperti tunjangan hari raya.

Syarat Umum Menjadi Karyawan Administrasi Bank

Seperti yang kita ketahui bahwa tugas administrasi bank begitu banyak dan rumit, maka syarat untuk menjadi karyawannya pun cukup tinggi. Nah, berikut ini syarat umum menjadi karyawan administrasi bank :

Pendidikan

  1. Ijasah S1 semua jurusan
  2. IPK minimal 3.00
  3. Menguasai materi administrasi dan perbankan

Kemampuan

  1. Mampu mengoperasikan komputer
  2. Mengerti tentang pekerjaan administrasi
  3. Bisa berkomunikasi dengan baik
  4. Cepat tanggap dalam melakukan pekerjaan
  5. Dapat bekerjasama dengan tim

Menjadi karyawan administrasi harus siap untuk banyak pekerjaan. Karena selain bisa berkomunikasi dengan baik, anda harus bisa mengoperasikan komputer dan beberapa alat lainnya. Sehingga, memperkaya diri dengan pengetahuan tentang alat-alat kantor dapat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan ini.

Dengan membaca artikel ini, anda mendapatkan informasi detail tentang tugas administrasi bank. Itu bisa membuat anda tahu pekerjaan tersebut sebelum nantinya melamar atau bekerja sebagai pegawai administrasi.

Konten artikel by Saung Writer

Artikel Terkait