Tugas Administrasi PLN

tugas administrasi pln
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Administrasi PLN – PLN (Perusahaan Listrik Negara) merupakan salah satu BUMN Indonesia yang mengurusi semua hal tentang kelistrikan.  Sebagai BUMN yang berperan memberikan manfaat, PLN tentunya memiliki sistem administrasi. Tugas administrasi PLN ini tidak jauh beda dengan tugas administrasi umum.

Tugas administrasi staff pada umumnya adalah menghimpun, mencatat, mengelola, mengirim, dan menyimpan. Apa yang dihimpun, dicatat, dikelola, dikirim, dan disimpan? Jawabannya tentu saja file-file keterangan yang berhubungan dengan administrasi.

Jadi staff administrasi PLN tugasnya mengelola semua hal yang berhubungan dengan informasi dan keterangan yang masuk ataupun keluar. Keterangan dan informasi yang dimaksud bisa dalam bentuk surat, faktur, panggilan telepon, pesanan, dan laporan dari berbagai kegiatan. Agar lebih jelas tentang tugas administrasi PLN, anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

tugas administrasi pln

Kewajiban dan Tugas Administrasi PLN

Staf administrasi PLN memiliki tugas yang tidak jauh beda dengan tugas administrasi keuangan ataupun tugas administrasi penjualan. Apabila anda memiliki niat bergabung dengan staf administrasi di PLN, ada baiknya anda mengetahui kewajiban dan tugas nya berikut ini.

Tugas Administrasi PLN

  1. Mengagendakan surat yang masuk di kantor PT. PLN dan surat yang dikeluarkan PT. PLN
  2. Mengarsip semua surat yang masuk dan semua surat yang dikeluarkan PT. PLN
  3. Mengentri data semua surat PT.PLN (surat masuk dan surat keluar) ke dalam komputer
  4. Memfilekan surat masuk yang diterima PT.PLN dan surat yang dikeluarkan PT. PLN
  5. Mencatat dan mengetikkan keterangan semua surat masuk di buku agenda surat masuk
  6. Mencatat dan mengetikkan keterangan semua surat keluar di buku agenda surat keluar
  7. Mendistribusikan surat masuk serta surat keluar ke pihak yang berhak menerima

Kewajiban Administrasi PLN

  1. Memberikan data, informasi, atau keterangan yang diperlukan oleh perusahaan
  2. Mengelola surat menyurat (menerima surat, mencatat surat, menyortir surat, mendistribusikan surat)
  3. Menyimpan arsip

Dari keterangan di atas bisa diketahui bahwa kewajiban dan tugas administrasi PLN lebih ke mengelola surat menyurat. Pengelolaan pun dari awal, dari penomoran surat, penetapan, pengetikan, pengesahan, hingga penyimpanan.

Baca Juga: Tugas Admin Penjualan

Gaji dan Tunjangan Administrasi PLN

Dari penjelasan tentang kewajiban dan tugas administrasi PLN di atas, apakah anda merasa mampu melakukannya dan tergiur untuk mendaftar? Jika iya, maka itu menjadi keputusan yang cukup tepat karena gaji staff PLN memang tergolong besar.

Memangnya berapa? Jawabannya tidak diketahui secara pasti, yang jelas nominalnya tergantung jabatan dan pendidikan terakhir. Menurut beberapa sumber, gaji staf PLN berkisar antara 4 juta hingga 25 juta. Anda bisa memperkirakan sendiri, staff administrasi berada di angka berapa. Jumlah itu pun belum termasuk tunjangan lainnya.

Syarat Umum Menjadi Staf Administrasi PLN

Bagi anda yang ingin bergabung menjadi staf administrasi PLN, sebaiknya mempersiapkan segala syarat yang diperlukan. Syarat umum misalnya Usia minimal 19 tahun, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. PLN. Bagi yang ingin mengetahui syarat selengkapnya apa saja, ada baiknya menyimak penjelasan di bawah ini.

Pendidikan / Pengalaman

  1. Lulusan SMK, D1, D2, D3, D4, S1 dengan jurusan yang relevan.
  2. Memiliki pengalaman dalam menjalankan tugas administrasi umum, tugas administrasi staff, atau tugas administrasi lainnya.

Skill dan Kemampuan

  1. Memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi
  2. 2. Memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas yang diberikan
  3. Mampu bekerja dalam kelompok

Dari beberapa syarat di atas bisa disimpulkan bahwa siapa saja boleh menjadi staf administrasi PLN asal berusia minimal 19 tahun dan merupakan lulusan jurusan administrasi. 

Contoh SOP Aplikasi Manajemen Surat PLN

Bagi yang penasaran bagaimana contoh pengelolaan surat menyurat di PLN, bisa melihat file pdf lengkapnya disini:

Di file tersebut anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang SOP pengoperasian Aplikasi Manajemen Surat di PLN Pusat. 

Ulasan tentang tugas administrasi PLN yang telah dijelaskan di atas bisa anda jadikan sumber rujukan jika ingin bergabung menjadi staf administrasi PLN. Namun ingat, tugas yang dijelaskan  di atas hanya garis besarnya saja, tidak rinci seperti di SOP administrasi PLN.

Demikian sedikit informasi tentang tugas administrasi PLN, kewajiban, gaji dan tunjangan, serta syarat untuk menjadi staff administrasi PLN. Semoga bisa membantu anda yang sedang membutuhkan informasi satu ini.

Artikel Terkait