Tugas Administrasi Umum

Diposting pada

Tugas Administrasi Umum – Apa saja tugas administrasi umum itu? Di masa kini ada berbagai jenis profesi yang cenderung dilakukan oleh masyarakat secara luas, salah satunya seperti administrasi umum. Bidang tersebut hingga kini menjadi salah satu yang paling banyak dipelajari oleh generasi muda karena banyak instansi yang membutuhkannya.

Namun, untuk bekerja secara nyata diperlukan pemenuhan syarat yang memang diwajibkan oleh seluruh instansi. Bidang administrasi menjadi salah satu profesi populer, mengingat tugas administrasi umum tidak hanya berguna di satu instansi saja. Melainkan di berbagai lembaga, organisasi, maupun berbagai bidang perusahaan.

tugas administrasi umum

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang berbagai tugas administrator beserta pembagian kerjanya yang lebih spesifik, simaklah penjelasan di bawah ini. Adapun bidang tugas administrasi umum secara singkat meliputi pengumpulan, pengolahan dan pelaporan data administrasi.

Tugas dan Kewajiban Administrasi Umum

Administrasi umum sebenarnya memiliki beragam tugas yang dapat diartikan dan dipahami secara umum. Namun, tugas tersebut menjadi lebih spesifik jika bidang administrasi juga terbagi pada bagian yang lebih spesifik. Tetapi, sebelum mencapai tahap yang lebih spesifik, Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa tugas dan kewajiban administrasi umum berikut ini.

Tugas Administrasi Umum

  1. Mengumpulkan dokumen untuk diolah secara administratif
  2. Mengolah data administrasi
  3. Melaporkan data administrasi

Kewajiban Administrasi Umum

  1. Seorang administrator harus teliti dan cermat.
  2. Administrator harus bisa menghitung data berupa angka dengan cepat.
  3. Administrator tidak boleh melakukan kesalahan dalam memproses data administratif.

Dari tugas dan kewajiban tersebut, semua orang yang menekuni bidang administrasi harus memenuhinya dengan baik sesuai bidang spesifikasinya. Jika Anda seorang admin keuangan, maka perlu memenuhi tugas administrasi umum dan keuangan, dan seterusnya. Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seorang admin yang telah bertugas dengan tepat dan bertanggung jawab.

Gaji dan Tunjangan Administrasi Umum

Setiap orang yang telah menjalankan tugas administrasi umum dengan baik pasti memperoleh gaji sekaligus tunjangan. Adapun jumlah atau nilai nominal gaji tersebut bergantung pada spesifikasi admin yang sedang dijalankan.

Jika Anda seorang admin di bank, sebaiknya kerjakanlah tugas administrasi umum di bank dengan baik. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan nominal gaji sesuai UMK, serta mendapatkan tunjangan yang berlipat ganda. Begitupun pada spesifikasi bidang administrasi umum lainnya yang sedang Anda tekuni dan kerjakan.

Syarat Umum Menjadi Administrasi Umum

Untuk benar-benar menjalankan tugas profesi sebagai admin, baik itu tugas administrasi umum rumah sakit maupun di bank. Anda harus memenuhi beberapa syarat untuk diterima di berbagai instansi sebagai berikut.

Pendidikan / Pengalaman

  1. Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK.
  2. Pendidikan secara spesifik di bidang administrasi, manajemen, atau ekonomi untuk SMK, D1 hingga S1 tergantung instansi yang sedang membuka lowongan.
  3. Anda minimal harus pernah menyelesaikan beberapa tugas administrasi di sekolah.
  4. Pernah bekerja atau mengurusi masalah administrasi.

Skill / Kemampuan

  1. Bisa melakukan perhitungan secara cermat, cepat, dan tepat.
  2. Bisa mengerjakan sekumpulan data sesuai target sebuah instansi tertentu
  3. Memiliki tulisan tangan yang jelas untuk dibaca banyak orang.
  4. Dapat membuat beberapa dokumen penting untuk perusahaan, atau lembaga tertentu.
  5. Dapat memberikan laporan dengan baik terkait dokumen yang telah ditugaskan.

Berbagai syarat di atas merupakan contoh umum yang biasa dibutuhkan oleh beragam instansi dengan spesifikasi tertentu. Apabila Anda mampu memenuhi berbagai syarat tersebut, atau sesuai dengan diri dan minat Anda, maka perlu dibuktikan dengan dokumen nyata. Berikut contoh dokumen penting yang bisa Anda lampirkan sebagai bahan untuk membuktikan minat dan keahlian Anda.

Tugas Administrasi Kantor

Setelah membaca berbagai penjelasan tentang tugas hingga persyaratan sebagai seorang yang menekuni bidang administrasi umum. Anda tentu telah memiliki gambaran atau bayangan yang bisa disimpulkan serta dipraktekkan. Terutama melalui tindakan nyata untuk memenuhi target sesuai yang Anda harapkan. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi target yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga profesional saat ini.

Baca Juga: Tugas Admin Bank

Namun, pastikan bahwa Anda selalu mencari sebuah kesempatan dan peluang tanpa menyerah untuk menjadi admin sesuai yang Anda inginkan. Serta jangan lupa untuk menyertakan beberapa dokumen sebagai pembuktian bahwa diri Anda memang pantas untuk bekerja di bidang tersebut.

Apabila Anda telah menemukan institusi yang tepat berdasarkan spesifikasi seorang administrator sesuai giat. Jalinlah relasi untuk mempelajari situasi yang ada agar Anda bisa menyesuaikan data dengan rekan satu tim yang harus bekerja secara bersama-sama dengan baik. Bila perlu, jangan pernah berhenti untuk mencari informasi dan pengetahuan dari sumber terpercaya tentang tugas administrasi umum di berbagai bidang yang dibutuhkan.