Tugas Administrasi Sekolah

Diposting pada

Tugas Administrasi Sekolah – Dibalik sekolah yang tertib, pasti ada karyawan yang membantu dengan keras dibalik layar. Karyawan-karyawan tersebut, punya peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Kali ini, saya akan membahas tentang kewajiban dan tugas admin sekolah.

Keberadaan posisi administrasi sekolah tidak bisa dipisahkan dari efektivitas program sekolah. Mereka adalah tenaga kerja non teaching staff, atau biasa dikenal dengan staf Tata Usaha. Tanpa adanya tenaga kerja tersebut, sekolah akan dibuat repot terutama untuk urusan administratif.

Tugas pokok administrasi pendidikan ialah mendukung jalannya segala proses pendidikan di sekolah. Salah satunya dengan turun langsung pada bagian layanan administrative. Supaya, proses pendidikan yang efektif dan efisien bisa berjalan dengan lancar.

administrasi sekolah

Tugas Dan Kewajiban Administrasi Sekolah

Tugas tata usaha sekolah pada dasarnya merujuk pada teknis penyelenggaraan dan informasi pendidikan. Staff administrasi sekolah juga harus mengelola informasi untuk bahan pengambilan keputusan. Semakin akurat data yang terhimpun, maka tepat keputusan yang diambil.

Tugas

  1. Membuat kerangka program kerja tata usaha sekolah
  2. Mengelola data keuangan sekolah
  3. Mengurus administrasi ketenagakerjaan dan juga siswa
  4. Menyusun data administrasi perlengkapan sekolah
  5. Menyusun sekaligus menyajikan data statistic sekolah
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan 7 K
  7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala
  8. Menyusun pengurus tata usaha secara berkala
  9. Mengelola buku induk pegawai dan siswa
  10. Melaksanakan hubungan masyarakat
  11. Menyusun RAKS bersama dengan kepala sekolah
  12. Mensosialisasikan kebijakan-kebijakan kepala sekolah
  13. Mengawasi penyusunan laporan periodic dari masing-masing divisi/bagian

Kewajiban

  1. Mengawasi setiap pelaksanaan tugas staff yang ada dibawahnya
  2. Menerima serta membagikan surat-surat yang didisposisikan ke kepala sekolah
  3. Mengadakan pembinaan dan pengembangan karir pegawai Tata Administrasi sekolah

Dilihat dari semua tugas & kewajiban diatas, fungsi administrasi pendidikan cukup luas cangkupannya. Menjangkau semua aspek, dari dalam maupun luar sekolah. Staff admin sekolah, dibawahi langsung oleh kepala sekolah, serta kepala tata usaha.

Bac Juga: Tugas Administrasi Umum

Gaji Dan Tunjangan Administrasi Sekolah

Gaji tenaga administrasi sekolah saat ini memang masih sangat memprihatinkan. Bahkan di beberapa daerah, mereka hanya mendapat separuh dari UMK kota masing-masing. Walau begitu, pemerintah saat ini kabarnya sedang mengusung rencana untuk mensejahterakan tenaga sekolah.

Namun di beberapa daerah, ada yang sudah mendapatkan tunjangan sebesar Rp750.000/bulan. Ditambah lagi, mereka akan difasilitasi pengajuan sertifikat guru honorer. Hanya saja persyaratannya, anda harus melewati masa pengabdian selama 5 tahun.

Syarat Umum Menjadi Administrasi Sekolah

Sama seperti di perusahaan, anda juga harus memenuhi persyaratan dibawah ini. Jika memang berniat untuk mengisi di posisi sebagai admin sekolah.

Pendidikan / Pengalaman

  1. Berpendidikan minimal D3 atau yang sederajat
  2. Berpendidikan minimal S1 pada program studi yang relevan (jika ingin mengisi pada posisi kepala admin sekolah)
  3. Sudah pernah mengabdi di jajaran staf sekolah sebelumnya (lebih diutamakan)

Skill / Kemampuan

  1. Memiliki sertifikat tenaga administrasi sekolah/madrasah dari lembaga resmi yang ditetapkan pemerintah
  2. Mampu menguasai Microsoft office

Persyaratan diatas adalah pandangan secara umum. Bukan tidak mungkin, anda yang lulusan SMA bisa diterima pada formasi tersebut. Atau, anda juga bisa mencoba peruntungan lewat pendaftaran CPNS yang dibuka oleh pemerintah.

Contoh Dokumen Tugas /Ayat/Hal Penunjang Informasi  

Perlu anda tahu bahwa, uraian tugas pengadministrasi umum sekolah juga sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Bagi anda yang ingin mengetahui pembahasan lebih dalamnya, unduh berkasinya dibawah ini.

Bisa disimpulkan bahwa ranah, tanggung jawab serta tugas administrasi sekolah cukup banyak. Mereka dituntut untuk rapi dalam pengumpulan administrasi data dari dalam maupun luar sekolah. Walaupun gaji dan tunjangan yang diterima tidak seberapa.

Jadi bagi kalian yang sudah sejak lama ingin menempati posisi tersebut, bisa pelajari syarat dan tugas administrasi sekolah di atas. Persiapkan diri untuk bersaing dengan yang lainnya. Karena peminat di bidang admin sekolah ini, cukup lumayan banyak.