Tugas Administrasi Radiologi, Gaji & Kualifikasi

Tugas Administrasi Radiologi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Administrasi Radiologi – Pada dasarnya semua tugas staf administrasi adalah sama yaitu mengurusi perilah pengelolaan data. Yang membedakan adalah tempat dimana seorang administrasi bekerja. Tugas administrasi yang bekerja di rumah sakit tidak sama dengan administrator yang bekerja di toko. Seperti tugas administrasi radiologi tidak sama dengan admin kantor.

Administrasi Radiologi bertanggung jawab untuk mencatat, melacak, melaporkan, dan mengomunikasikan temuan penyakit pada pasien. Mereka akan menindaklanjuti dengan hasil pemeriksaan pasien dan melaporkan hasilnya kepada dokter. Mereka juga bertanggung jawab untuk menyimpan catatan semua temuan penyakit pada pasien.

Tugas Administrasi Radiologi

Selain itu administrasi radiologi mempunyai hak untuk menyusun jadwal pemeriksaan pasien. Dan juga berhak mengeluarkan surat rujukan apabila rumah sakit tempat bekerja tidak bisa menangani. Administrasi radiologi bisa merujuk ke rumah sakit yang mempunyai alat pemeriksaan lebih lengkap dan canggih. 

Tugas dan Kewajiban Administrasi Radiologi

Contoh tupoksi radiologi bertanggung jawab untuk mencatat, melaporkan, dan mengomunikasikan temuan penyakit pada pasien. Mereka akan menindaklanjuti temuan penyakit dan akan berkomunikasi dengan dokter yang bertugas. Tugas seorang administrasi radiologi tidaklah mudah. Harus jeli dan teliti untuk menemukan penyakit pada tubuh pasien.

Tugas Administrasi Radiologi

  1. Mencatat dan menyimpan dokumen pemeriksaan seperti formulir pendaftaran, jadwal pemeriksaan, formulir persetujuan diperiksa, nomor urut pemeriksaan, serta formulir pembayaran.
  2. Memastikan kelengkapan dokumen dan data administrasi
  3. Membuat laporan kepada dokter yang bertugas
  4. Membuat arsip untuk pegawai seperti perjalanan dinas, izin pengambilan cuti, dan daftar lembur para staf radiologi.
  5. Melakukan perintah pimpinan rumah sakit dalam hal ini adalah pemilik rumah sakit.
  6. Membuat laporan bulanan maupun tahunan unit kerja radiologi.

Kewajiban Administrasi Radiologi

  1. Melaporkan setiap temuan penyakit kepada dokter dan membuat catatan
  2. Memastikan semua alat-alat pemeriksaan tidak ada kendala
  3. Menyampaikan masalah teknis ke TI seperti yang diarahkan oleh Ahli Radiologi
  4. Harus siap sedia dengan segala bentuk tugas yang diberikan ketika bertugas

Uraian tugas unit radiologi bukan hal yang mudah. Selain dituntut untuk mengurusi administrasi unit, mereka juga dituntut untuk paham mengenai radiologi. Istilahnya kalian harus ahli dalam dua bidang sekaligus. Selain itu administrasi radiologi juga harus tanggap dan sigap menanggapi semua situasi. Meski tidak seberat uraian tugas radiografer dan uraian tugas koordinator radiologi.

Baca juga: Tugas Administrasi Rumah Sakit

Gaji dan Tunjangan Administrasi Radiologi

Gaji seorang administrasi radiologi mungkin tidak sebanyak gaji dokter yang bertugas. Tetapi tidak bisa dikatakan kecil gajinya. Gaji administrasi radiologi kisaran antara 3 juta sampai 5 juta. Cukup besar gaji yang diberikan melihat tekanan kerja di unit radiologi. Dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih besar tergantung pangkat dan kinerja.

Untuk tunjangan, tergantung dimana seorang administrasi radiologi bekerja. Biasanya jika bekerja di rumah sakit besar seperti Siloam tunjangan yang diberikan juga cukup besar. Tunjangan yang diberikan biasanya meliputi uang makan, uang bepergian (urusan pekerjaan), uang lembur, dan lain sebagainya.

Syarat Umum Menjadi Administrasi Radiologi

Bekerja di rumah sakit, khususnya di bagian unit radiologi tentu saja harus mempunyai kualifikasi khusus. Harus mengerti dan paham hal – hal terkait pemeriksaan penyakit, alat – alat yang digunakan, dan data administrasi. Tentunya harus memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai radiologi. 

Pendidikan/Pengalaman

  1. Lulusan radiologi
  2. Lulusan manajemen
  3. Lulusan SMA jurusan kesehatan
  4. Catatan penting yang akan bekerja sebagai administrasi radiologi harus memiliki setidaknya beberapa bulan bekerja dibidang administrasi dan mengetahui mengenai hal – hal terkait radiologi.

Skill/Kemampuan

  1. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan analitis dan penilaian untuk menafsirkan data dan mengambil tindakan yang sesuai dalam keadaan atau situasi pasien.
  2. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk memahami dan merespons instruksi tertulis atau lisan dari ahli radiologi. Administrasi radiologi harus menanggapi instruksi, pertanyaan, atau permintaan informasi dengan tepat.
  3. Memiliki keterampilan dasar dalam perangkat keras dan lunak PC.
  4. Mempunyai keterampilan komunikasi dan layanan pelanggan yang sangat baik.
  5. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri
  6. Mampu bekerja dengan baik di lingkungan yang stres tinggi

Seorang administrasi radiologi harus mempunyai pengalaman dibidang yang sama. Baik pendidikan atau pengalaman. Jika sudah berpengalaman maka mampu menangani pekerjaan secara profesional. Administrasi radiologi harus tahan dengan kondisi tempat kerja dengan tingkat stres tinggi.

Bagi anda yang berminat bekerja sebagai administrasi radiologi harus memiliki skill dan kemampuan yang ada di atas. Tugas administrasi radiologi berhubungan dengan keselamatan manusia jadi tidak sembarangan. Gaji yang diperoleh setara dengan kerja keras anda selama bertugas. Pengalaman dan pendidikan di bidang terkait juga tidak bisa diabaikan.

Nah itu lah hal – hal penting mengenai tugas administrasi radiologi beserta benefit yang didapatkan. Anda berminat menjadi bagian dari mereka? persiapkan dengan baik. Perbanyak pengalaman dibidang administrasi dan juga pengalaman bekerja di bidang kesehatan. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan rumah sakit untuk menerima anda.

Tugas Administrasi Radiologi

Artikel Terkait