Mempelajari Tugas Business Consultant Dan Tanggung Jawabnya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Menari informasi tentang tugas business consultant ? Simak artikel dibawah ini yang beruhubungan dengan seluk beluk business consultant.

Business Consultant atau yang sering disebut sebagai konsultan bisnis adalah orang yang beperan sebagai penasehat pebisnis.

Biasanya business consultant ini dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang bisnis atau professional.

Pekerjaan ini semakin banyak diminati saat ini karena pendapatanya dan gengsi yang tinggi.

Tugas business consultant yang utama adalah memberikan arahan dan nasehat kepada para pelaku bisnis atau pebisnis. Dan juga memberikan solusi atas masalah – masalah dalam bisnis yang dijalani pelaku bisnis.

Definisi Business Consultant

Business Consultant merupakan orang yang ahli dalam bidang ekonomi bisnis.

Business Consultant sangat diperlukan bagi para pebisnis yang ingin berkonsultasi mengenai pengembangan, perencanaan, masalah atau hal – hal lain yang mengenai bisnis.

Selain itu waktu untuk bekerja pun sangat fleksibel dan berbeda dengan pekerjaan yang terikat seperti di kantor, atau pekerjaan yang lain yang memiliki jam kerja pasti.

Manfaat Business Consultan

Menggunakan jasa business consultant memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh. Berikut adalah manfaat business consultant.

Mengatasi Segala Permasalahan Tanpa Masalah Baru

Seorang business consultant akan melakukan observasi mendalam dalam suatu bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam solusi dan setrategi untuk mengatasi supaya tidak terjadi masalah selanjutnya.

Meningkatkan Profit Perusahaan

Business Consultant memiliki andil yang cukup besar dalam suatu perusahaan mencapai targetnya.

Konsultan bisnis sangat konsisten dalam memberikan bimbingan kepada kliennya, jadi tak heran jika profit perusahaan meningkan seiring tumbuhnya perusahaan.

Menghindari kerugian financial. Business Consultant akan selalu memberikan informasi yang relevan kepada semua klien yang dia tangani.

Dia juga akan memberikan jaminan untuk keberlangsungan bisnis yang sedang kamu jalani sekarang hingga masa depan.

Memiliki Trik Jitu Dalam Mengatasi atau Mengembangkan Sebuah Perusahaan

Business Consultant memiliki pengamatan yang sangat bagus terhadap peluang sekecil mungkin dalam mengembangkan ataupun mencari solusi terhadap masalah yang ada dalam suatu perusahaan.

Menambah Jaringan Yang Luas

Dengan pengalamanya seorang business consultant biasanya dapat memeberikan informasi mengenai sumber daya yang belum dimiliki oleh pelaku bisnis.

Tugas Business Consultant dan Tanggung Jawab

Tugas business consultant sudah di bicarakan sedikit di atas yaitu mencakup pemberian solusi dan mengatasi masalah yang terjadi dalam suatu perusahaan.

Tugas

  1. Mempelajari secara menyeluruh mengenai secara detail bisnis yang digeluti klienya tersebut setelah itu memberikan jasa konsultasi kepada pelaku bisnis organisasi, individual, lembaga atau pun perusahaan.
  2. Mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis yang dijalankan klien dengan mengidentifikasi segala masalah yang ada.
  3. Memberikan solusi kepada klien terhadap masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya oleh konsultan bisnis.
  4. Berkomunikasi secara langsung kepada klien membahas perencanaan dan strategi bisnis melihat berbagai macam peluang agar dapat mencapai target yang diinginkan pelaku bisnis atau klien.
  5. Menjalin komunikasi yang baik terhadap klien agar dapat selalu memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan dan pengembangan bisnis tersebut.

Tanggung Jawab

  1. Memberikan panduan terhadap penyelesaian masalah yang terjadi dan memberikan gambaran terhadap masalah yang akan terjadi.
  2. Mengumpulkan semua informasi yang bersangkutan terhadap klien dengan berbagai macam metode seperti wawancara, survei, membaca laporan dan lain sebagainya.
  3. Mengatur dan menjalankan sebuah proyek yang diberikan atas nama klien sesuai dengan persyaratan yang telah diberikan klien.
  4. Menemui klien jika diperlukan untuk melakukan penilaian awal dari keadaan yang bermasalah atau memiliki potensi masalah.
  5. Melakukan analisis data untuk mengetahui dan menggali sumber masalah yang dimiliki klien.
  6. Memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi klien berdasarkan beberapa faktor seperti keinginan, kemampuan klien.
  7. Memaparkan penemuan dan memberikan saran kepada klien dengan penilaian cukup dan praktis.
  8. Mengembangkan rencana bisnis klien guna mendorong perubahan kecil atau radikal.

Pada dasarnya konsultan bisnis memiliki tanggung jawab mengenai perkembangan dan pertumbuhan bisnis yang dijalankan oleh klienya.

Dapat disimpulkan bahwa tugas utama business consultant adalah memberikan solisi atas masalah, membantu perancangan strategi dan mencari solusi terbaik dalam mengatasi segala masalah yang terjadi.

Baca Juga: Tugas Dan Wewenang OJK

Dampak Yang Timbul Jika Menggunakan Jasa Business Consultant

Menggunakan jasa business consultant memang lebih cepat dalam penyelesaian suatu maslah yang ada dalam suatu perusahaan atau bisnis yang dijalanai seseoranng.

Namun jangan salah sangka, penggunaan business consultant dalam perusahaan daapt menciptakan rasa ketergantungan.

Hal yang ditakutkan adalah saat masalah timbul dan business consultant sudah berhenti kerja atau pindah keluar kota.

Masalah tersebut akan merepotkan karena pelaku bisnis tidak punya solusi.

Dimana pelaku bisnis ingin sesegera mungkin menyelesaikan masalah yang terjadi namun business consultant yang diipercayai sudah tidak ada.

Gaji dan Tunjangan Business Consultant

Gaji yang diterima oleh business consultant setiap bulanya berbeda. Tergantung dimana lokasi bekerja dan di perusahaan mana dia bekerja.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, rata – rata business consultant mendapatkan gaji sebesar Rp 4.400.000 setiap bulanya.

Dan gaji tersebut belum termasuk bonus atau intensif lainya seperti gaji ke 13.

Dan sebagai contoh lokasi kerja business consultant di Jakarta. Business Consultant mendapatkan gaji rata – rata sebesar Rp 5.400.000 per bulan.

Gaji tersebut juga belum termasuk bonus dan intensif lainya seperti gaji ke 13.

Jika berada dalam perusahaan yang bonafit seperti Consultant Wahana Inti Nugraha, gaji seorang konsultan bisnis dapat menyentuh angka Rp 11.000.000 setiap bulanya.

Gaji tersebut juga belum termasuk bonus atau intensif dan tunjangan lainya.

Syarat Umum Menjadi Business Consultan

Setiap perusahaan memiliki standar untuk merekrut pegawai baru dan pastinya berbeda degan perusahaan lainya.

Berikut adalah persyaratan yang umum diberikan suatu perusahaan untuk merekrut karyawan.

Pendidikan Atau Pengalaman

  • Pria atau wanita usia maksimal 28 tahun.
  • Pendidikan minimal S1 jurusan Ekonomi.
  • Memiliki pengalaman di bidang yang sama minimal 3 tahun, dan 8 tahun untuk senior pada perusahaan nasional dan multinalsional.
  • Memiliki pemikiran strategik, kreatif dan memiliki jiwa enterpreneur.

Di atas merupakan contoh persyaratan umum yang bersifat administrasi yang sering digunakan perusahaan untuk merekrut karyawan baru.

Skill dan Kemampuan

Sebagai pemberi solusi untuk mengatasi maslah terhadap bisnis klienya. Dibutuhkan skill atau kemampuan untuk memberikan jalan keluar dari masalah yang dihadapi klien.

Berikut adalah beberapa skill atau kemampuan yang setidaknya kamu miliki

  • Memiliki manajemen waktu yang baik.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar
  • Memiliki ide – ide di luar nalar dan berani dalam mengambil konsekuensi berdasarkan data yang diperoleh.
  • Memiliki sikap yang baik dan menjaga hubungan sebaik mungkin dengan klien.
  • Memiliki pengetahuan yang luas.
  • Dapat dipercaya menjaga kerahasiaan klien.

Setidaknya menjadi seorang konsultan harus memiliki beberapa skill atau kemampuan untuk menjalankan tugas dan membantu klien mengembangkan perusahaan.

Tips Menjadi Business Consultant Terbaik

Pekerjaan menjadi seorang business consultant memang sangat dibutuhkan saat ini oleh para pelaku bisnis. Dengan adanya business consultant, pelaku bisnis pun akan sangat terbantu dalam penyelelesaian masalah yang terjadi.

Tertarik menjadi business consultant atau konsultan bisnis ? Persiapkan diri kamu sebaik mumgkin untuk menjadi konsultan bisnis profesional.

Pelajari tugas business consultant agar menjadi business consultant anadalan perusahaan.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait