Tugas Administrasi Gudang

Diposting pada

Tugas Administrasi Gudang – Sebuah perusahaan biasanya terbagi atas divisi-divisi. Dari semua divisi tersebut, ada yang namanya divisi logistic. Nah, semua pekerjaan dalam divisi tersebut adalah tugas administrasi gudang.

Sebuah perusahaan bisa terus bertahan dalam jangka waktu lama, biasanya karena peran dari admin gudang. Mereka yang memastikan, seluruh stok dalam gudang kantor selalu tersedia. Kebutuhan kantor akan selalu terpenuhi berkat seorang administrasi gudang.

Sebenarnya, tugas staff administrasi gudang tidak melulu bekerja didalam gudang. Mereka juga harus memastikan lingkungan kantor berada dalam posisi yang nyaman. Selain itu, mereka juga harus membuat laporan yang harus diserahkan ke atasan setiap harinya.

administrasi gudang

Tugas Dan Kewajiban Administrasi Gudang

Walaupun saat ini, sudah banyak peralatan canggih yang digunakan untuk mengontrol barang di gudang. Akan tetapi tugas pokok manajer logistic tetap harus dibantu oleh admin gudang. Hal ini dikarenakan, ada beberapa tugas yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Seperti tugas dan kewajiban dibawah ini.

Tugas Administrasi Gudang

  1. Menerima serta memproses permintaan pesanan dari pasokan gudang
  2. Mengisi data atau informasi yang dibutuhkan untuk pengiriman
  3. Mengatur perbaikan sarana pengangkutan dari maupun ke gudang, serta mengisi data untuk pemeliharaan preventif setiap bulannya
  4. Mempertahankan kualitas layanan sesuai SOP masing-masing perusahaan
  5. Memastikan lingkungan kerja nyaman, bersih sesuai aturan yang berlaku
  6. Melengkapi laporan sesuai dengan informasi yang ada tentang stok gudang
  7. Membuat catatan data secara administrasi yang meliputi persediaan barang. Misalnya seputar kode barang, jenis barang dan jumlah barang.
  8. Merapikan setiap barang yang ada di gudang, sesuai kelompoknya masing-masing. Harus rapi dan teratur
  9. Memproses dan mempersiapkan barang, sesuai dengan surat jalan yang diberikan bagian administrasi. Biasanya barang tersebut adalah barang yang akan dikirim ke pelanggan.
  10. Melakukan perhitungan fisik setiap hari secara manual
  11. Berkoordinasi dengan sales dan admin supervisor, terkait dengan stok barang
  12. Memantau jalannya pendistribusian barang yang akan dikirim
  13. Merawat dan menjaga armada ekspedisi

Kewajiban Administrasi Gudang

  1. Melakukan kontroling serta bertanggung jawab atas penyimpanan barang dari resiko kehilangan/pencurian/kerusakan/kebakaran
  2. Melengkapi barang pengiriman dari permintaan muatan
  3. Bertanggung jawab sekaligus memantau pelaksanaan bongkar muat barang di gudang.
  4. Menandatangani surat jalan serta surat penerimaan barang
  5. Bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan lingkungan area dalam gudang
  6. Bertanggung jawab atas deadline laporan gudang

Ternyata, tugas admin gudang logistic tidak sederhana seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Penjelasan diatas juga cukup membuktikan bahwa beban yang dilimpahkan cukup berat. Itu adalah sedikit gambaran pekerjaan, ketika anda berniat menjadi admin gudang.

Baca Juga: Tugas HRD

Gaji Dan Tunjangan Administrasi Gudang

Sebenarnya, untuk seorang administrasi bervariasi. Rata-rata, perusahaan memberikan minimum Rp1.500.000 sampai Rp2.500.000 per bulan. Namun, khusus gaji administrasi gudang biasanya berkisar di angka Rp 3.500.000,-

Cukup besar bukan ? Iya! Hal ini tentu dipertimbangkan oleh perusahaan, mengingat tugas & tanggung jawabnya tidak mudah. Untuk tunjangan, biasanya akan disesuaikan dengan masing-masing perusahaan.

Beberapa ada yang memberikan fasilitas mess karyawan dan lain sebagainya.

Syarat Umum Menjadi Staff Administrasi Gudang

Bagi anda yang berniat masuk dan mendaftar di posisi administrasi gudang. Persiapkan syarat-syarat berikut. Ini adalah syarat admin gudang secara umum

Pendidikan/Pengalaman

  1. Calon karyawan minimal lulusan Diploma 3 di bidang Administrasi atau manajemen
  2. Mempunyai pengalaman di bagian produksi atau gudang, biasanya akan lebih diutamakan

Skill/Kemampuan

  1. Harus bisa menguasai Microsoft Office
  2. Calon karyawan harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  3. Memiliki sifat tekun, ulet, cermat, rapi dan teliti
  4. Dibutuhkan seseorang dengan tanggung jawab yang besar

Sebenarnya mengenai persyaratan, setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing. Bukan tidak mungkin kamu yang lulusan SMA berkesempatan untuk mendaftar. Namun memang rata-rata, perusahaan besar memang menerapkan serangkaian syarat diatas.

Contoh Dokumen Penunjang Informasi 

Bagi anda yang ingin tau, peraturan perundang-undangan tentang sistem pergudangan.

Penjelasan masing-masing poin diatas adalah rangkaian informasi tentang tugas serta kualifikasi admin gudang. Tentunya informasi ini akan sangat berguna untuk menambah wawasan. Selain itu, bisa disimpulkan juga bahwa pendapatan admin gudang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengisi posisi tersebut, pahami dulu tugas administrasi gudang diatas. Apalagi saat ini sepertinya loker di posisi tersebut sedang lumayan banyak. Dengan memahami berbagai hal mengenai admin gudang, Anda akan lebih siap saat melamar dan wawancara.