6 Tugas Marketing Communication, Gaji Dan Kualifikasi

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Ingin tahu informasi marketing communication ? Kami menyediakan info definisi, tanggung jawab, gaji, syarat dan tugas marketing communication.

Marketing Communication atau banyak yang menyebut Marcom merupakan bagian vital perusahaan. Mengingat pekerjaan yang harus dilakukan seorang Marcom.

Tugas yang dimiliki marketing communication sangat bisa memepengaruhi income dari perusahaan.

Tugas marketing communication adalah mempresentasikan, membangun merek dan nilai jual perusahaan. Serta menjaga komunikasi sebaik mungkin dengan konsumen.

Pentingnya Marketing Communication

Tanpa adanya marketing communication dalam sebuah perusahaan dirasa akan mengurangi income perusahaan.

Pasalnya marketing communication memberikan informasi dengan tujuan meningkatkan produk.

Untuk mengisi posisi ini kamu tidak hanya pandai berbicara saja. Namun marketing communication dituntut untuk bisa memberikan informasi tentang produk sehingga bisa dapat diterima oleh pasar.

Tugas Marketing Communication Beserta Tanggung Jawab

Pentingnya peran marketing communication adalah untuk memberikan informasi dari perusahaan pada konsumen.

Tugas Marketing Communication

  1. Merancang, membuat, dan menjalankan iklan. Sebuah iklan memiliki kekuatan yang besar untuk menyampaikan informasi sebuah produk atau layanan terhadap pasar atau konsumen.
  2. Membuat promosi. Beda dengan iklan sebuah promosi biasanya diadakan pada saat ada momen besar seperti idul fitri, natal, tahun baru, atau momen lainya. Dengan tujuan menyetabilkan penjualan saat mengalami penurunan penjualan.
  3. Memahami dan melakukan riset sesuai kebutuhan pasar. Dengan begitu konsumen akan merasa puas dan perusahaan tahu apa yang dibutuhkan konsumen.
  4. Membangun dan mengembangkan merek. Membangun dan mengembangkan sebuah mrek menjadi hal yang sangat penting dan berpengaruh. Karena akan menarik kepercayaan publik terhadap produk dan perusahaan.
  5. Menganalisis produk atau layanan untuk meberikan laporan produk sudah sesuai dengan kebutuhan pasar apa belum dan harus lebih dikembangakan.
  6. Menjaga hubungan baik kepada semua pihak yang memiliki hubungan langsung ataupun tidak terhadap perkembangan perusahaan.

Tanggung Jawab Marketing Communication

  1. Melakukan evaluasi terhadap pasar untuk megetahui kebutuhan pasar.
  2. Membuat strategi promosi.
  3. Memebrikan fasilitas kepada para konsumen.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan merk perusahaan.
  5. Meningkatkan minat dan kepercayaan pasar terhadap produk dan perusahaan.
  6. Mengecek naiknya intensitas pasar bagi produk atau layanan yang ditawarkan.
  7. Menjaga komunikasi kepada semu pihak yang bersangkutan dengan perusahaan, terutama konsumen.
  8. Mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan.
  9. Memperbesar jaringan perusahaan atau individu untuk perusahaan.

Dilihat dari tugas dan tanggung jawab marketing communication untuk kelangsungan hidup perusahaan. Sangat tidak bisa diabaikan dan disepelakan posisi marketing communication bagi perusahaan.

Pekerjaan ini bertujuan agar segala informasi mengenai produk perusahaan dapat diterima pasar dan konsumen.

Baca Juga: Tugas Social Media Marketing

Gaji dan Tunjangan Marketing Communication

Perihal gaji yang diperoleh marketing communication berfariasi jumlahnya. Perbedaan itu berdasarkan lokasi bekerja, kebijakan perusahaan, pengalaman, pendidikan dan lain sebagainya.

Untuk rata – rata setiap bulanya marketing komunikasi mendapatkan upah sebesar Rp 3.355.000 setiap bulannya. Berikut rincian besaran gaji marketing komunikasi.

Berdasar tahun pengalaman

  • Belum meiliki pengalaman atau baru lulus pendidikan mendapatkan gaji sebesar Rp 3.167.000 per bulan.
  • Pengalaman kurang dari 5 tahun mendapatkan gaji sebesar Rp 3.230.000 – Rp 3.252.000 per bulanya untuk staff pemasaran. Sedangkan untuk manajer Rp 5.692.000 per bulanya.
  • Pengalaman 5 hingga 10 tahun mendapatkan gaji sebesar Rp 3.258.000 – Rp 5.287.000 per bulannya untuk staff. Sedangkan manajer Rp 5.734.000 – Rp 6.071.000 per bulanya.
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun mendapatkan gaji minimal Rp 5.533.000 per bulanya. Untuk manajer minimal Rp 6.202.000 per bulanya.

Gaji yang diperoleh setiap bulan marketing communication dapat berubah dan berbeda. Dipengaruhi kebijakan perusahaan dan menyesuaikan UMK suatu daerah.

Syarat Umum Menjadi Marketing Communication

Syarat jika ingin menjadi merketing communication pada setiap perusahaan pastinya berbeda. Tergantung dengan kebijakan dan standar yang sudah diterapkan oleh perusahaan.

Berikut adalah gambaran syarat umum yang harus dipenuhi untuk menjadi marketing communication.

  • Pendidikan minimal S1 dengan program studi Komunikasi, Pemasaran, Hubungan Internasional atau sejenisnya dengan minimal IPK 3,25.
  • Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan dan menyusun konten – konten per iklanan.
  • Berwawasan luas terhadap bidang pemasaran digital.
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik.

Di atas merupakan persyaratan dalam bentuk administrasi sebelum di lakukan oleh penyeleksian lebih lanjut dengan perusahaan.

Skill dan Kemampuan

Menjadi seorang marketing communication memanglah tudak mudah. Apalagi di era digital seperti sekarang.

Namun yang terpenting adalah bagaimana marketing communication dapat menguasai atau memiliki skill atau kemampuan untuk melakukan pekerjaanya.

Setidaknya ada beberapa skill atau kemampuan yang bisa dikuasi oleh marketing communication seperti di bawah ini:

  • Memiliki softskill yang bagus.
  • Memiliki perilaku yang bagus. Pasalnya menjaga perilaku sama halnya dengan menjaga nama baik perussahaan.
  • Cepat tanggap dalam segala hal yang berkaitan dengan marketing komunikasi dan semua hal yang mencakup pemasaran produk.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap kalangan.
  • Mampu dengan cepat memahami segala keunikan produk. Guna lebih cepat dan tepat menyampaikan informasi produk kepada konsumen dan pasar.

Skill atau kemampuan tersebut masih bisa berkembang lagi seiring pengalaman dan keingin belajar bagi orang yang menjadi marketing communication.

Strategi Marketing Yang Tepat

Peran seorang marketing communication dalam perusahaan tentunya amatlah vital dan penting. Dimana marketing komunikasi menjadi aset perusahaan untuk memperluas dan mengenalkan produk perusahaan.

Marketing communication juga mebantu sekali mewujudkan visi dan misi perusahaan dan mencapai target perusahaa.

Sudah tertarik menjadi marketing communication? Perhatikan hal – hal yang menunjang keinginan anda untuk menjadi seorang marketing komunikasi.

Tugas Marketing Communication

Artikel Terkait