Tugas Administrasi Kesehatan

administrasi kesehatan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Administrasi Kesehatan – Klinik merupakan tempat layanan kesehatan berskala lebih kecil dari rumah sakit, tapi dengan staf yang hampir sama. Umumnya dalam klinik yang lengkap memiliki staff koordinator, petugas farmasi, tim dokter, dan yang tidak kalah penting petugas administrasi. Rasanya sudah banyak yang membahas tentang dokter atau farmasi, untuk itu kali ini, kita akan membahas tugas administrasi klinik kesehatan.

Menjadi seorang staff administrasi di klinik kesehatan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tugas administrasi di kantor atau tempat lain. Tugas utama seorang petugas administrasi di semua tempat sudah pasti menjalankan berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi. Jika pada sebuah klinik kesehatan, tugas administrasi yang dijalankan mungkin juga tidak jauh berbeda, hanya lebih berkaitan seputar klinik.

Berkaitan seputar klinik yang dimaksud di atas misalnya, seorang petugas administrasi harus mengetahui regulasi dan hukum seputar pengoperasian klinik. Oh iya, karena ini bidang layanan jasa, bisa berkomunikasi dengan staff, dokter dan pasien juga merupakan salah satu tugas yang penting. Terlihat banyak memang tugas administrasi selain pembukuan dan pengarsipan, untuk itu agar semakin jelas, simak di bawah ini ya.

Tugas Administrasi Kesehatan

Tugas Administrasi Kesehatan dan Kewajiban

Selain bertugas melakukan tugas administrasi umum seputar klinik, pastinya staff administrasi juga punya kewajiban yang tidak kalah berat. Keduanya, tugas dan kewajiban, harus dikerjakan sebaik – baiknya. Untuk lebih jelasnya lagi tentang tugas dan kewajiban staff administrasi di klinik kesehatan, coba simak daftar di bawah ini ya:

Tugas

  1. Mengurus surat menyurat dan telepon
  2. Memonitor dana yang digunakan dan merekap semua laporan dengan jelas
  3. Memantau catatan medis dan suplai keperluan klinik
  4. Menata rekam medis pasien dan memastikannya terupdate sesuai keadaan pasien
  5. Melakukan pencatatan, pengarsipan, pengumpulan data atau dokumen
  6. Membuat laporan terkait administrasi
  7. Menyusun jadwal kerja bagi seluruh staff dan memonitor kehadiran
  8. Berkoordinasi atau berkomunikasi dengan dokter, perawat, staf, dan pasien seputar masalah klinik

Kewajiban

  1. Mengetahui dan melaksanakan uraian tugas administrasi klinik kesehatan sepenuhnya dan dengan baik
  2. Mengetahui secara lengkap hukum dan regulasi yang berlaku untuk  bidang kesehatan dan pengoperasian klinik
  3. Memberi tahu dan memastikan klinik dan semua staf mematuhi hukum dan regulasi yang ada

Ternyata kewajiban dan tugas administrasi staff memang benar – benar tidak mudah, bahkan lebih sulit dari tugas administrasi umum yang ada. Bukan cuma mereka harus melakukan semua pencatatan dan pembukuan seputar administrasi tetapi, mereka juga harus memonitor kehadiran staf. Belum lagi ditambah memahami hukum serta regulasi yang berlaku lalu memastikan semua staff mengetahui dan mengikutinya.

Baca Juga: Tugas Admin Rumah Sakit

Gaji dan Tunjangan Administrasi Kesehatan

Dengan menjadi seorang staf atau tenaga administrasi di sebuah klinik kesehatan biasanya gaji dan tunjangan yang diberikan cukup besar. Tentunya besaran gaji dan tunjangan yang diberikan ini menyesuaikan besar dan kecilnya klinik, bidang klinik, dan lokasi klinik. Bidang klinik yang dimaksud adalah apakah itu sebuah klinik umum, klinik bersalin, klinik anak dan lain sebagainya.

Jadi klinik dengan bidang yang sama tapi berbeda skalanya mungkin bisa berbeda dari segi gaji, walaupun itu letaknya dalam satu kota. Tapi tenang saja, walaupun mungkin berbeda, tapi hal dasar seperti tunjangan umum seperti fasilitas BPJS, THR, uang lembur pasti ada.

Syarat Umum Menjadi Tenaga Administrasi Klinik Kesehatan

Untuk menjadi seorang tenaga administrasi di klinik kesehatan tentu ada syarat umum yang diperlukan. Seperti misalnya pengalaman bekerja, jenjang pendidikan serta skill atau kemampuan yang dimiliki.

Pendidikan dan Pengalaman

  1. Sarjana Ilmu Kesehatan atau Sarjana Bisnis dan Kesehatan
  2. Pengalaman kerja 1 tahun dibidang yang sama

Kemampuan

  1. Mengetahui aturan dan cara pembukuan
  2. Bisa mengoperasikan Ms  Office
  3. Mengetahui  dan mengerti aturan serta regulasi yang berlaku seputar kesehatan dan klinik
  4. Paham istilah medis mengenai penyakit, obat ataupun alat – alat yang digunakan

Syarat umum yang dibutuhkan diatas sepertinya  tidak berbeda jauh dengan syarat tenaga administrasi di bidang lain. Perbedaannya hanya ada pada perlunya mengetahui regulasi dan hukum seputar pengoperasian klinik. Oiya, untuk jenjang pendidikan, terkadang ada juga yang memperbolehkan lulusan SMK, itu tergantung kebutuhan klinik.

Menjadi seorang tenaga administrasi baik itu di klinik kesehatan maupun tempat lain agaknya tidak jauh berbeda. Baik itu dari tuntutan profesi, tugas dan kewajiban, gaji, serta syarat yang dibutuhkan untuk bisa bekerja. Perbedaannya hanya ada pada bidang yang harus ditekuni saja, menyesuaikan tempat bekerja.

Dengan mengetahui  informasi mengenai Tugas Administrasi Kesehatan seperti uraian di atas, diharapkan Anda  mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan ini ya. Semoga artikel ini benar – benar bisa berguna bagi Anda.

Tulisan ini dibuat oleh saya, Estika Wu, jangan  sungkan untuk bertanya atau mengomentari artikel ini pada kolom komentar di bawah ya. Ditunggu komentarnya, salam

Artikel Terkait