7 Tugas Content Writer Freelance, Gaji (Komisi) & Syaratnya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Content Writer, profesi sebagai content writer sekarang ini sudah diminati oleh banyak orang. Pasalnya tugas content writer banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Seorang content writer ditugaskan untuk membuat konten yang nantinya akan diterbitkan dalam sebuah website. Hampir semua perusahaan dan pemilik website sekarang ini membutuhkan jasa dari seorang content writer.

Tugas content writer adalah menulis sebuah artikel yang akan diterbitkan pada website. Banyak website dan blog yang membutuhkan content writer untuk menghasilkan sebuah artikel atau tulisan yang akan membantu perusahaan yang memiliki website tersebut untuk memasarkan dan menjelaskan produk yang dimiliki.

Tugas Content Writer Dan Kewajiban

Berikut ini adalah penjelasan dari tugas yang harus dilakukan oleh seorang content writer.

Tugas

  1. Membuat sebuah artikel yang akan dipublikasikan di website
  2. Mengelola artikel yang telah dipublikasikan di website
  3. Membuat sebuah deskripsi sebuah produk atau layanan yang dimiliki perusahaan
  4. Melakukan riset yang berkaitan dengan topik dan kata kunci yang sedang dicari saat ini
  5. Mengelola konten yang dimiliki perusahaan pada website atau blog
  6. Menulis artikel yang sesuai dengan sistem SEO
  7. Seorang content writer diharuskan mempunyai kemampuan dalam editorial karena dalam beberapa perusahaan seorang content juga wajib mengedit artikelnya

Kewajiban

  1. Memberikan keuntungan bagi perusahaan pemilik website
  2. Menulis konten yang unik dan bebas dari plagiarism
  3. Menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca
  4. Membuat artikel atau konten yang berkualitas sehingga SEO website bisa meningkat

Baca ini: Contoh Artikel Penulis Online

Seorang content writer tidak hanya bertanggung jawab atas artikel atau tulisan yang ditulis namun juga meliputi banyak hal. CW atau content writer juga berfungsi untuk menjaga dan membangun branding dari perusahaan. Karena artikel yang ditulis oleh CW bisa meningkatkan pemasukan perusahaan.

Gaji Dan Tunjungan Content Writer

Pada era digital sekarang ini profesi content writer baru diminati oleh banyak orang. Hal ini karena pekerjaanya santai namun uang yang dihasilkan lumayan banyak.

Penghasilan CW tergantung mulai dari yang minim pengalaman sampai dengan yang sudah ahli. Bahkan konten artikel juga bisa berpengaruh terhadap pemasukan.

Content writer dengan minim pengalaman akan dibayar sebesar Rp 10/ kata. Ada juga yang dibayar sebesar Rp 20/ kata dan Rp 30/ kata.

Sedangkan untuk konten marketing biasanya harganya melonjak. Harga satu kata sebesar Rp 90/ kata.

Coba saja kalikan besaran rupiah dengan jumlah kata pada artikel yang mampu dibuat dalam sehari. Semakin banyak artikel yang dibuat semakin banyak pula uang yang diterima.

Baca Juga: Tugas Manager Keuangan

Syarat Umum Dan Khusus Content Writer

Untuk menjadi seorang content writer maka kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Karena untuk menjadi CW, kamu tidak hanya mempu menulis sebuah konten saja.

Syarat tersebut terbagi menjadi dua yaitu syarat teknis dan non teknis.

Syarat Teknis / Pendidikan

  1. Pria ataupun wanita dengan usia yang tidak ditentukan
  2. Pendidikan bisa apa saja, tidak harus memiliki latar belakang pendidikan sastra ataupun ilmu komunikasi

Syarat Teknis

  1. Memiliki kemampuan menulis yang sesuai dengam bidang yang digeluti perusahaan
  2. Memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan SEO, karena bisa jadi pemahaman tentang SEO bisa dijadikan untik menaikkan rating website
  3. Memahami tentang Ejaan Yang Disempurnakan ,karena menulis membutuhkan tata bahasa yang bagus agar pembaca dengan mudah memahami isi artikel yang ditulis
  4. Memiliki pengalaman dalam bidang blogging

Menjadi seorang content writer dinilai mudah-mudah sulit. Kamu tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi asal kamu bisa menulis kamu bisa mendafatar sebagai content writer.

Tips Meningkatkan SEO

https://m.youtube.com/watch?v=WS5XDp7vfhc

Bagi kamu yang berminat bekerja sebagai content writer, jangan hanya mengasah kemampuan dalam menulis saja. Kamu perlu mempelajari tentang SEO, melakukan riset terkait keyword atau kata kunci yang sedang ramai di dunia blogging atau website.

Bekerja sebagai content writer selain menghasilkan uang tentunya banyak keuntungan yang didapatkan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan karena ketika menulis sebuah konten atau artikel, ,kamu dituntut untuk berfikir luar dan juga terbuka.

Untuk menciptakan sebuah artikel yang berkualitas maka kamu akan dituntut untuk membaca dan mencari informasi lebih dalam. Hal tersebut akan membuatmu lebih peka terhadap lingkungan dan menjadikanmu tahu tentang hal-hal baru.

Baca juga: Lowongan Content Writer Online

Karena menulis sebuah artikel yang berkualitas dan mudah dibaca itu tidak mudah. Kamu harus bisa berfikir kritis dan kreatif.

Artikel Terkait