Tugas Administrasi Konsultan

Diposting pada

Tugas Administrasi Konsultan – Ada begitu banyak jenis dari pekerjaan konsultan, mulai dari konsultan makanan atau kuliner, perpajakan, hukum, dan sebagainya yang menunjang aktivitas dunia kerja Anda. Salah satunya di bagian administrasi. Lalu, konsultan itu sebenarnya siapa dan apa? Tugas administrasi konsultan itu bagaimana?

Konsultan merupakan orang yang memberikan informasi mengenai apa yang ada di dalam sebuah perusahaan. Sebut saja administrasi konsultan, yang berarti orang yang lebih menguasai perihal administrasi sehingga Anda menjadikannya tempat untuk berbagi atau sharing, meminta saran untuk bagian administrasi usaha yang Anda geluti.

Tentunya, administrasi konsultan ini berbeda dengan staf administrasi yang Anda ketahui. Perlu diketahui pula tugas dan kewajibannya sudah berbeda. Dalam administrasi konsultan, tugasnya sendiri bergantung pada perusahaan di mana ia bernaung.

administrasi konsultan

Tugas dan Kewajiban Administrasi Konsultan

Tugas administrasi konsultan lebih mengurusi hal-hal secara global daripada terjun langsung ke lapangan dan tidak berinteraksi dengan staf. Konsultan akan langsung berkoordinasi dengan atasan-atasan sebuah perusahaan dalam mengatasi masalah, memantau perusahaan, dan sebagainya.

Tugas

  1. Merekomendasikan atau memberi saran terkait operasional perusahaan
  2. Menganalisis sebuah masalah dan memberikan solusi
  3. Membantu pendataan, mengelola, serta mengatur operasional perusahaan

Kewajiban

  1. Membantu memantau terlaksananya operasional kantor sehari-hari berjalan dengan baik
  2. Membantu manajer dalam melakukan pendataan
  3. Meng-update informasi terkait perusahaan
  4. Membantu menyeleksi perekrutan karyawan baru
  5. Contacting dengan klien, baik itu personal maupun non personal

Kesimpulannya, tugas dan kewajiban dari seorang administrasi konsultan adalah membantu kegiatan operasional perusahaan sehari-hari dan membantu manajer senior dalam mengajukan serta menindaklanjuti korespondensi dari perusahaan tersebut.

Gaji dan Tunjangan Administrasi Konsultan

Gaji yang ditawarkan untuk posisi administrasi konsultan di Indonesia sendiri cukup bervariasi. Mulai dari Rp 8.500.000,- sampai dengan 15 jutaan. Tergantung di mana Anda bekerja. Apakah perusahaan kecil atau besar. Hal ini juga berpengaruh pada regional tempat Anda bekerja, karena biasanya sebuah perusahaan akan menyetarakan dengan UMR daerah setempat.

Tunjangannya sendiri akan diberikan setelah beberapa bulan bekerja, bahkan ada yang harus menunggu selama satu tahun terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan tunjangan seperti kartu kesehatan untuk tenaga kerja. Lebih tinggi lagi, Anda bisa mendapatkan tunjangan untuk keperluan aktivitas sehari-hari selama bekerja, seperti kendaraan, dan fasilitas lain.

Syarat Umum menjadi Administrasi Konsultan

Sebuah perusahaan akan mengajukan syarat umum untuk menempati posisi ini. Di antaranya yaitu masih dalam usia yang produktif, yaitu 17 tahun sampai 35 tahun dengan jenjang pendidikan sekolah menengah atas atau kejuruan terkhusus administrasi perkantoran. Memiliki penampilan yang menarik, sifat kerja yang ulet, aktif, dan komunikatif. Mampu bekerja dalam tim dan bisa mengoperasikan komputer.

Pendidikan atau Pengalaman

  1. Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan Administrasi Perkantoran
  2. Sarjana Administrasi atau Manajemen
  3. Pengalaman di Tata Usaha, administrasi perkantoran, dan lain sebagainya.

Skill yang Dibutuhkan

  1. Menguasai Ilmu Administrasi dan Manajemen
  2. Front Officer dan Analisis
  3. Komunikasi yang Baik

Seorang administrasi konsultan juga dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan ini dibutuhkan agar klien mudah memahami setiap hasil kerja, masalah, dan sebagainya. Jangan lupa kemampuan persuasi yang baik untuk menarik perhatian klien dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menjadi nilai tambah jika Anda pun menguasai bahasa asing seperti Inggris.

Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai seorang administrasi konsultan? Jika Anda memenuhi kriteria umum yang dicari, maka carilah tempat bekerja yang sudah well established atau mapan manajemennya. Termasuk dalam urusan gaji dan tunjangan atau kesejahteraan karyawan. Karena jika tidak, Anda akan terbebani oleh tuntutan pekerjaan yang tidak seimbang dengan penghasilan yang akan didapatkan.

Tertarik untuk terjun ke karir administrasi konsultan setelah mengetahui tugas administrasi konsultan? Segera buat lamaran terbaik Anda dan raih pekerjaan impian Anda. Pastikan Anda memperhatikan syarat-syarat untuk melamar pekerjaan yang satu ini.