Tugas Administrasi Negara

Diposting pada

Tugas Administrasi Negara – Banyak dari kita yang belum mengetahui mengenai tugas administrasi negara. Bisa dikatakan bahwa, pekerjaan bidang ini memang sulit dipelajari karena cakupannya yang begitu luas yaitu berkaitan dengan hukum, tata negara, dan tujuan negara. Pengertian administrasi negara yaitu suatu ilmu tentang bagaimana mengatur kebijakan negara yang dilakukan oleh pemerintah Negara untuk mencapai tujuan negara secara efektif dan efisien.

Bidang administrasi negara berdiri pada suatu lembaga pemerintah non kementerian yang langsung berada dibawah pengawasan Presiden. Menurut Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2013 lembaga ini memiliki tugas untuk melaksanakan tugas terkait pemerintahan di bidang administrasi negara sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.

Dapat dijelaskan bahwa,ruang lingkup tugas dari administrasi negara meliputi pelaksanaan hukum dalam lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Selain ketiga elemen penting tersebut, cakupan tugas administrasi negara yaitu membahas mengenai kebijakan nasional, kebijakan daerah, pelayanan publik, dan tujuan kenegaraan.

administrasi negara

Tugas dan Kewajiban Administrasi Negara

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tugas administrasi negara yaitu seluruh proses administrasi kenegaraan yang dilakukan oleh pemerintah/aparatur negara untuk mencapai tujuan negara. Secara singkat tugas dan kewajiban nya dapat dijelaskan sebagai berikut :

Tugas

  1. Tugas Pemerintahan : meliputi tugas yang bersinggungan langsung dengan urusan pemerintahan, seperti pembentukan kabinet yang dilakukan oleh Presiden
  2. Tugas Publik : meliputi pelaksanaan tugas yang bersinggungan dengan masyarakat, seperti tata cara memberikan pelayanan kepada masyarakat

Kewajiban

  1. Membantu mengatur dan mengelola kebijakan pemerintahan yang adil dan bertanggung jawab
  2. Mengatur dan mengelola kebijakan publik, pelayanan publik yang sesuai dengan keinginan publik.

Telah disebutkan tugas dan kewajiban sebagai contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa tugas yang mencakup dalam bidang ini berhadapan langsung dengan pemerintah dan juga masyarakat. Ketika tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik maka akan memberikan efek terciptanya tujuan negara yang diinginkan.

Gaji dan Tunjangan Administrasi Negara

Seseorang yang bekerja dalam bidang administrasi negara diberikan upah berupa gaji pokok yang sesuai. Selain itu, menurut Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2017 yang mengatur mengenai tunjangan pegawai di lingkungan Lembaga Administrasi Negara yaitu mendapatkan uang penghormatan, tunjangan dan hak lainnya.

Syarat Umum Menjadi Administrasi Negara

Seseorang yang berkeinginan untuk menjadi pegawai administrasi negara dituntut memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik. Selain itu, etika dan pengetahuan sosial juga diperlukan untuk menunjang profesi yang terkait dengan pemerintahan ini. Secara umum, disiplin ilmu yang diperlukan dalam bidang ini yaitu :

Pendidikan

  • Hukum dan Sistem Administrasi Negara
  • Statistik Sosial
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Pemerintahan Daerah, dsb.

Kemampuan/Skill

  • Teliti, detail dan rasional
  • Etika
  • Keterampilan interpersonal
  • Tekun, kritis dan terstruktur
  • Pengetahuan tentang proses administrasi

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa, ruang lingkup dunia administrasi negara begitu luas diperlukan seseorang yang memiliki keahlian dalam mengelola dan memiliki disiplin ilmu yang diperlukan dalam terlaksananya tugas ini dengan baik. Tetapi, ilmu ini bukan menjadi ilmu yang sulit untuk dipelajari, hanya saja diperlukan kompetensi dan pengetahuan yang sesuai dengan bidang tersebut.

Seperti yang kita ketahui dari penjelasan sebelumnya, tugas bidang ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar karena melibatkan pemerintah dan juga masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan seseorang yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang ini. Siapa pun bisa berada dalam bidang ini, selain ilmu dan kemampuan yang sesuai dibutuhkan juga keinginan yang kuat dan sungguh-sungguh untuk bisa menjalankan tugas ini dengan baik.

Dengan menjalankan tugas dengan baik dalam bidang administrasi negara ini akan diharapkan terciptanya kehidupan bernegara yang semakin baik dan terselenggaranya fungsi dan tujuan negara yang sesuai dengan keinginan pemerintah dan publik.