Tugas Administrasi Keuangan

Diposting pada

Apakah Anda memiliki keahlian dalam hitung menghitung dan mempunyai dasar pendidikan di bidang akuntansi atau administrasi perkantoran?. Jika begitu, maka Anda sangat cocok untuk pekerjaan ini, namun Anda juga harus tahu, pekerjaan sebagai administrasi keuangan tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Anda harus memiliki kriteria khusus untuk dapat menjalankan tugas administrasi keuangan di suatu perusahaan.

Tugas administrasi keuangan mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan pencatatan pemasukan serta pengeluaran dari sebuah perusahaan. Termasuk membiayai berbagai kegiatan perusahaan dalam bentuk tata usaha maupun tata pembukuan keuangan.

Tugas Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan sendiri adalah suatu proses kebijakan mengenai pendanaan serta penggunaan keuangan dalam suatu organisasi. Bentuknya bisa berupa pengelolaan keuangan yang meliputi perencanaan serta pertanggung jawaban dalam pengawasan uang.

Tugas dan Kewajiban Seorang Administrasi Keuangan

Staff finance disini bertugas melaksanakan sebuah kegiatan administrasi keuangan dari sebuah perusahaan dimulai jurnal entry sampai dengan arsip dokumen. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran, keakuratan dan ketertiban administrasi keuangan suatu perusahaan. Berikut ini adalah uraian tugas bagian keuangan perusahaan.

Tugas

  1. Membuat dan mengarsip faktur untuk memastikan status hutang/piutang.
  2. Membuat perencanaan keuangan perusahaan.
  3. Membuat dan mencetak surat tagihan yang akan dikirim kepada pelanggan.
  4. Menginput penerimaan pembayaran dari pelanggan.
  5. Mengarsip seluruh dokumen transaksi untuk menjaga ketertiban keuangan perusahaan. dan untuk memudahkan pencarian dokumen.
  6. Menyusun kebijakan anggaran keuangan perusahaan.

Kewajiban

  1. Memeriksa faktur, nota supplier, dan laporan AP/AR untuk mengecek status hutang dan piutang.
  2. Mengetahui dan membayarkan hutang suatu perusahaan.
  3. Memeriksa lalu lintas uang perusahaan yang menjadi wewenang staff keuangan.
  4. Bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan perusahaan dengan bagian lain yang terkait
  5. Membayar tagihan dari vendor atau kontraktor

Jika Anda bisa menjalankan semua tanggung jawab petugas administrasi keuangan diatas dan bersiap bekerja multitasking. Anda bisa mendaftar atau melamar di perusahaan – perusahaan yang ada. Biasanya posisi ini dipegang oleh seorang wanita, karena wanita dianggap lebih teliti dan cekatan dalam hal keuangan.

Baca Juga: Tugas Administrasi Kearsipan

Gaji dan Tunjangan Seorang Administrasi Keuangan

Gaji staff keuangan biasanya tergantung dari jenis usaha dan di perusahaan mana Anda bekerja, rata – rata semuanya sesuai standar UMR/UMK dari kota perusahaan tersebut. Karena setiap kota mempunyai standar gaji UMR/UMK yang berbeda maka untuk jumlah pastinya tidak bisa dihitung. Ada baiknya Anda bisa langsung menanyakan kepada rekan atau keluarga yang pernah menjadi seorang pekerja administrasi keuangan.

Tunjangan sendiri merupakan pelengkap dari gaji pokok, tunjangan disini lebih berfungsi ke sosial dan juga fungsi insentif. Seorang administrasi keuangan bisa dibilang juga sebagai karyawan, dimana tunjangan yang didapat minimal nya adalah BPJS. Jika begitu gaji pokok Anda perbulan akan terpotong oleh iuran tunjangan tersebut yang nanti nya bisa diambil jika Anda sudah berhenti bekerja.

Syarat Umum Menjadi Seorang Administrasi Keuangan

Untuk menjadi seorang administrasi keuangan, tentu ada syarat- syarat khusus yang diperlukan seseorang demi untuk menghasilkan kinerja yang bagus. Selain memahami deskripsi pekerjaan, Anda juga harus mengetahui kriteria yang diperlukan untuk menjadi administrasi keuangan. Berikut ini adalah syarat – syarat yang harus dimiliki, diantaranya :

Pendidikan dan Pengalaman

  • Minimal pendidikan D3 Akuntansi / D3 Administrasi perkantoran.
  • Mempunyai minimal 1 tahun pengalaman kerja di bidang serupa

Skill dan Kemampuan

  • Memiliki ketelitian yang baik dalam menganalisa dokumen.
  • Cermat dalam mengatur suatu pengeluaran dan pemasukan.
  • Cekatan dan rapi dalam mengerjakan sesuatu
  • Mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam suatu pekerjaan
  • Dapat dipercaya memegang sesuatu yang penting
  • Mampu mengatur arus pemasukan dan pengeluaran keuangan
  • Mampu menganalisa hasil kerja agar tidak ada kesalahan dalam perhitungan

Pendidikan yang tinggi tidak akan berpengaruh jika anda tidak memiliki skill dan kemampuan yang disebutkan diatas. Maka dari itu jika Anda ingin menjadi seorang administrasi keuangan wajib menguasai hal – hal yang ada diatas.

Video Wawancara Karyawan Administrasi Keuangan

Keterangan lebih lengkap mengenai tugas administrasi keuangan juga bisa Anda lihat di video ini :

Dapat disimpulkan bahwa bekerja menjadi seorang Administrasi keuangan tidak semudah yang dipikirkan. Ada beberapa kualifikasi dan kemampuan yang harus dikuasai selain itu pendidikan tinggi menjadi hal penunjang syarat – syarat yang ada.

Demikianlah informasi tentang tugas administrasi keuangan kali ini. Semoga dapat menambah ilmu untuk Anda yang berminat memilih pekerjaan tersebut.