3 Tugas Customer Service, Gaji & Syarat yang Harus Dimiliki

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Customer Service – Sekarang ini semua perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun layanan pasti memiliki seseorang yang bertugas sebagai customer services. Keberadaan Customer Service atau CS ini sangat penting dalam suatu usaha, namun tahukah kamu kriteria yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas Customer Service Tersebut.

Tugas Customer Service adalah memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada pelanggan. Hal tersebut berfungsi untuk memuaskan pelanggan dengan cara menerima sekaligus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan.

Baca Juga: Tugas Manajer Keuangan

Tugas Dan Kewajiban

Tujuan customer service adalah menjembatani pemilik usaha dengan pelanggan tersebut jika terjadi sesuatu yang tidak dimengerti atau hal yang tidak memuaskan. Para customer service tersebut pun harus ramah dan menarik agar pelanggan bisa merasa puas atas hal yang mereka tanyakan.

Tugas Seorang Customer Service bisa dibilang gampang-gampang susah, pasalnya seorang CS harus bisa memberikan jalan keluar yang dikeluhkan oleh pelanggan dalam waktu itu juga. CS harus mempertanggung jawabkan pelayanan tersebut dari awal sampai akhir pelayanan agar pelanggan bisa percaya terhadap perusahaan yang sedang mereka gunakaan saat itu juga.

Tugas

  1. Menerima tamu atau resepsionis
  2. Bertindak sebagai komunikator
  3. Membangun hubungan yang baik terhadap semua pelanggan

Kewajiban

  1. Memberikan perhatian kepada pelanggan dengan suara yang lembut dan ramah.
  2. Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan ataupun calon pelanggan mengenai produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.
  3. Membantu pelanggan dalam mengisi formulir atau data yang dibutuhkan dalam transaksi.
  4. Menjual produk atau layanan kepada pelanggan sekaligus mendekati calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan.
  5. Membina hubungan yang baik kepada setiap pelanggan dan calon pelanggan.

Tugas customer service sebenarnya bisa dibilang mudah namun ternyata profesi ini agak sedikit butuh kemampuan yang lebih. Bisa dibilang seorang customer service adalah garda terdepan dari sebuah perusahaan, karena dari CS lah perusahaan tersebut bisa dinilai bagaimana cara perusahaan memberikan pelayanannya kepada calon pelanggan dan pelanggan.

Baca Juga: Tugas Supervisor

Gaji Dan Tunjangan Customer Service

Gaji dari seorang customer service bank, customer service rumah sakit dan instansi lainnya bisa berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari perusahaan apa dan jam kerja. Bisanya gaji dari CS berkisar antara Rp 2.900.000 sampai Rp 4.250.000. Jika seorang customer service memiliki jam kerja shift maka gajinya bisa lebih banyak dari pada pegawai CS yang kerja pada jam kerja normal.

Tugas customer service bank akan mendapatkan gaji yang lebih besar dari pada CS online shop. Hal tersebut karena CS Bank adalah penarik perhatian dari calon nasabahnya. Sedangkan CS online shop hanya sebatas menampung keluhan dari pelanggan.

Syarat Umum

Untuk menjandi seorang customer service, maka kamu tidak hanya memahami tugas dan juga kewajiban sebagai CS. Kamu akan dituntut untuk memiliki beberapa persyaratan yang tidak hanya mengandalkan kecerdasan saja. Berikut adalah persyaratan mulai dari fisik, mental, kepribadian dan sosial.

Syarat Fisik

  • Fisik harus menarik dari wajah hingga penampilan
  • Tinggi dan berat badan harus proporsional, tinggi badan laki-laki minimal 165 cm sedangkan tinggi badan wanita minimal 160 cm
  • Calon CS harus sehat jasmani maupun rohani

Syarat Kepribadian

  • Ramah dan berkata dengan sopan
  • Mampu mengendalikan diri dan emosi
  • Tidak boleh memiliki sikap yang tempramental
  • Memiliki selera humor
  • Memiliki pemikiran yang ingin selalu maju
  • Energik

Syarat Sosial

  • Mudah bergaul dengan siap saja
  • Bisa dipercaya oleh siapa saja (calon pelanggan dan pelanggan)
  • Memiliki jiwa sosial yang bagus
  • Bersikap bijaksana

Syarat Mental

  • Memiliki mental yang kuat dan tegaa karena CS akan mengahadapi berbagai jenis karakteristik dari pelanggan
  • Selalu bersikap percaya diri karena bisa menarik perhatian dari pelangganSelalu berkata dam bernuat jujur

Memiliki penampilan yang menarik pun tidak cukup untuk menjadi customer service. Hal tersebut karena CS akan selalu bertemu langsung dengan pelanggan dan dituntut untuk menjawab dan memberikan solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Maka dari itu kamu harus menggabungkan beberapa persyaratan yang sudah kami tulis di atas.

Tips Menjadi Customer Service Yang Baik

Setelah selesai mencari tahu tentang dunia customer service mulai dari tugas, gaji, hingga pesryaratan yang dibutuhkan, pastinya kamu bisa mencoba profesi tersebut. Kamu bisa berlatih menjadi customer service yang baik, ramah dan profesional.

Selain melatih diri sendiri dalam berkomunakasi dengan orang lain, kamu juga harus belajar untuk berpikir kritis dan cepat. Karena kamu akan menghadapi pelanggan secara langsung dan pada saat itu juga pelanggan akan menunggu jalan keluar yang kamu berikan dengan jawaban yang meyakinkan dan memuaskan.

Selain itu kamu juga harus menjadi pribadi yang santun dan mudah bergaul. Karena untuk menjadi seorang CS yang baik juga dibutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sehingga tugas customer service bisa kami lakukan dengam baik.

Tugas Customer Service

Artikel Terkait