Bingung Bikin Presentasi Di HP? Coba 8 Aplikasi Presentasi Gratis Ini

Kamu sudah tahu belum, sekarang bikin presentasi juga bisa dilakukan di HP?

Ada beberapa aplikasi presentasi yang dikembangkan oleh developer-developer kreatif untuk memudahkan urusanmu. Nggak perlu buka laptop atau PC, cukup duduk manis ketuk-ketuk layar ponsel, kamu bisa siap tampil di depan umum. Asyik kan?

Lantas, apa saja nama aplikasi presentasi gratis ini? Fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya?

Simak daftarnya berikut ini yuk!

Microsoft Powerpoint

Nama Microsoft Power Point pasti tak asing kamu dengar kan?

Aplikasi ini memang termasuk pelopor untuk software presentasi di PC. Tapi banyak yang belum tahu, bahwa sejak 2015, Microsoft sudah merilis versi mobile-nya.

Kamu bisa membuat presentasi, mengedit, menampilkan, hingga membagikan slide-slide terbaikmu dengan mudah.

Berbagai fitur versi PC bisa juga kamu dapatkan dalam versi mobile. Mulai dari memasukan teks, gambar, video, tabel, diagram, hingga bentuk-bentuk dengan jumlah banyak

Bahkan, kamu bisa juga berkolaborasi dengan orang-orang dalam membuat presentasi secara real time. Tinggal membuka akses izin, kamu bisa mengajak orang turut membuat slide, memberi catatan, atau komentar.

Hanya saja, tak semua HP bisa menggunakan aplikasi ini. Paling minimal, kamu butuh HP dengan RAM 1 GB. Tentu saja semakin besar semakin bagus.

Download: Microsoft Powerpoint

Zoho Show

Aplikasi hasil pengembangan Zoho Corporation juga menawarkan fitur tak kalah menarik.

Sebagai aplikasi presentasi android, Zoho Show bisa membantumu membuat, mengedit, melakukan kolaborasi, serta membagi presentasi ke orang lain.

Penggunanya juga mendapatkan kemudahan dengan keberadaan berbagai template siap pakai. Jadi, kamu bisa membuat presentasi dengan desain-desain menarik dalam waktu singkat.

Baca Juga:  10+ Rekomendasi Investasi Untuk Pemula (Hidup Berkah, Harta Melimpah)

Selain mengisi presentasi dengan gambar teks, kamu juga bisa menginput diagram, panah, bentuk, dan berbagai elemen penunjang presentasi yang oke. Bahkan, video dari platform seperti Youtube dan Dailymotion juga bisa kamu lakukan.

Menariknya, Zoho Show juga memungkinkan kamu mengendalikan presentasi dari HP untuk ditampilkan ke layar televisi. Keren kan?

Download: Zoho Show

Desain Presentasi

Aplikasi presentasi online yang dirilis pada 2018 ini juga bisa kamu jadikan pilihan.

Meskipun kamu tak punya kemampuan-kemampuan soal desain, kamu tetap bisa merancang serta menghasilkan presentasi dengan desain powerfull.

Semua kebutuhan presentasi bisa dibuat disini. Mulai untuk kepentingan pelatihan, proposal bisnis, laporan, semuanya dapat kamu ciptakan dengan gampang.

Sebagaimana aplikasi lainnya, fitur menyisipkan medianya juga lengkap. Kamu juga bisa membagi, mencetak, dan mengunduhnya dalam berbagai format. Baik dalam JPEG, PNG, maupun PDF.

Salah satu keunggulan aplikasi besutan Desygner Pty ini adalah kekayaan template. Ada sekitar 1000 format yang bisa kamu manfaatkan secara praktis.

Dengan seluruh hal yang berada di dalamnya, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat konten dengan keperluan lain. Misalnya iklan, posting sosial media, kartu, selebaran, dan lainnya.

Download: Desain Presentasi

Google Slide

Sebagai raksasa dalam bisnis teknologi, Google juga tak ketinggalan untuk berkontribusi menelurkan aplikasi presentasi keren online dan offline. Raksasa bisnis ini sudah merilis Google Slide sejak tahun 2014.

Berbagai fitur yang lazim ada dalam software presentasi ada disini. Selama bekerja, kamu tak perlu takut HP tiba-tiba mati. Secara otomatis, pekerjaanmu akan tersimpan setiap detiknya.

Kamu dapat dengan mudah membuat presentasi baru atau mengedit file lain yang sudah dibuat. Termasuk melakukan kolaborasi dengan membuka akses kepada rekan-rekan.  Semua kegiatan di atas bisa dilakukan baik dalam mode online maupun offline.

Untuk membuat semuanya semakin praktis, Google Slide juga bisa membantu kamu menyisipkan banyak hal dengan permintaan akses.

Baca Juga:  7+ Pekerjaan di Masa Pandemi yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Misalnya menyisipkan gambar secara langsung dari kamera, menyarankan kolaborator dengan mengizinkan akses kontak, serta mentransmisikan audio dengan mengizinkan akses mikrofon.

Download : Google Slide

Virtual Blackboard

Kamu seorang guru dengan kebutuhan presentasi konten materi pembelajaran?

Jika itu adanya, kamu bisa coba gunakan Virtual Blackboard. Aplikasi ini dibuat dengan perpaduan konsep alat tulis, presentasi, serta menggambar sekaligus.

Kamu bisa mengolah slide untuk ditampilkan dalam bentuk video ceramah untuk dibagikan kepada siswa. Tuangkan segala konten yang kamu perlukan untuk membuat siswa semakin cerdas.

Dengan demikian, siswa seolah-olah sedang menyimak gurunya menyampaikan materi di depan kelas.

Secara konsep, video dari Virtual Blackboard cocok sekali jika kamu bagikan di Whatsapp. Mengingat ukuran memorinya lebih kecil dibandingkan keumuman ukuran file video lainnya.

Untuk mendapatkan pengalaman lebih menarik, kamu bisa upgrade ke level pro. Fitur-fitur tambahan akan kamu dapatkan.

Download: Virtual Blackboard

Benime

Mirip-mirip dengan Virtual Blackboard, konsep Benime juga masuk dalam kategori aplikasi presentasi video.

Dengan interface sederhana, kamu bisa menyisipkan video, menambahkan music latar, hingga gambar dari ponsel.Kamu juga bisa mengatur jenis teks, ukuran, warna, serta perataan teks dengan mudah.

Hal menarik lainnya, aplikasi presentasi keren online ini juga punya fitur sisipan tangan dengan beberapa pilihan. Tangan tersebut seolah tangan orang yang sedang mengajar dan menunjuk papan tulis.

Render hasil videonya bisa kamu dapatkan pada ukuran 1080 pixel. Dengan mudah, kamu juga bisa membagikannya ke sebanyak mungkin orang.

Download : Benime

Canva

Meskipun bukan aplikasi khusus presentasi, tapi Canva juga bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan ini.

Aplikasi presentasi keren online ini menyediakan lumayan banyak template untuk membuat slide. Kamu bisa merancang kontennya dengan modal drag and drop.

Menyisipkan teks, gambar, bentuk, foto, dan berbagai animasi bisa kamu lakukan tanpa ribet. Pilihannya untuk setiap sisipan lumayan kaya. Sebut saja untuk font, Canva menyediakan hingga 500 jenis.

Baca Juga:  8 Website Pembuat CV yang Menarik, Nomor 1-5 Gratis!

Selain presentasi,aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat undangan pesta, poster, spanduk, flyer, logo, resume, CV, hingga postingan sosial media.

Agar mendapatkan akses untuk item-item yang lebih keren, kamu bisa upgrade ke versi berbayar.  Ada jauh lebih banyak desain menarik ketika kamu masuk ke versi ini.

Download: Canva

Liveboard

Untuk pengalaman mengajar lebih nyata, menggunakan Liveboard adalah pilihan tepat.

Kamu bisa berkomunikasi langsung dengan orang-orang dalam forum sambil mempresentasikan materi. Selayaknya memiliki papan tulis, kamu bisa menggambar dan menulis di dalamnya.

Berbagai format file juga bisa kamu visualisasikan dan sajikan. Mulai dari file format JPEG, PNG, hingga PDF.

Untuk mengakomodir orang yang tertinggal materi, kamu bisa merekamnya untuk kemudian membaginya selepas presentasi live usai.

Hasilnya, bisa kamu bagi ke berbagai platform. Mulai dari Youtube, Facebook, LinkedIn, hingga Slideshare.

Download: Liveboard

Berbeda dengan saat menggunakan aplikasi versi PC, kamu butuh spesifikasi ponsel agak tinggi untuk bisa memakai aplikasi-aplikasi versi mobile. Jadi, jangan kaget juga jika aplikasi-aplikasi di atas kurang optimal pemakaiannya di HP dengan spek rendah.

Akhir kata, dengan segala kemudahan yang ada dari berbagai aplikasi di atas, kamu bisa mengekspresikan kreativitas tanpa batas. Manfaatkan dengan baik aplikasi presentasi ini untuk menampilkan ide, inspirasi, dan wawasan ke banyak orang.

Share:

Tinggalkan komentar