8 Jenis Pekerjaan Online dengan Potensi Sukses Masih Tinggi

Zaman sudah jauh berubah. Demikian juga dalam dunia kerja. Kini, ada banyak jenis pekerjaan online yang bisa kamu tekuni untuk menunjang hidup.

Jadi, ketika kamu merasa putus asa ditolak kerja sana-sini, kamu perlu bangkit dan tetap optimis. Sadari bahwa ada berbagai macam pekerjaan online yang menjanjikan. Bisa jadi, salah satunya adalah jalan suksesmu.

Pertanyaannya, apa saja pekerjaan yang dimaksud? Bagaimana proses kerjanya? Seberapa besar peluangnya?

Tanpa perlu basa-basi, simak artikel ini sampai habis!

1. Pemilik Toko Online

Kamu pernah bercita-cita punya toko sendiri? Sudah pernah terpikir untuk menapak jalan mewujudkannya?

Dengan perkembangan zaman, sekarang membuat toko sangatlah mudah kok. 

Kamu bisa membangunnya tanpa modal sewa tempat dan berbagai perlengkapan yang menghabiskan budget puluhan juta. Sebagai alternatif, kamu bisa membuka toko di marketplace, sosial media, atau website pribadi.

Dikutip dari Media Indonesia, Bank Indonesia pernah menyebut bahwa perputaran uang di Marketplace setiap bulannya mencapai belasan triliun. Data ini dirilis tahun 2019. Kini jumlahnya pasti lebih banyak.

Dengan fakta tersebut, artinya minat belanja online sangatlah tinggi di masyarakat. Jika kamu mau, kamu bisa menangkap fakta ini sebagai peluang.

2. Youtuber

Beberapa tahun belakangan, saya semakin sering mendengar anak-anak muda yang punya cita-cita jadi Youtuber. Jelas ini sesuatu yang janggal bagi generasi yang lahir tahun 90-an. 

Tapi jika dipikir-pikir, apa yang dicita-citakan anak-anak itu hal yang logis dan masuk akal.

Mereka akrab dan melihat langsung bagaimana kehidupan Youtuber-Youtuber sukses. Penghasilan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per-bulan. Bahkan katanya, ada juga yang miliaran.

Baca Juga:  Cari Kerja? Cek 17+ Situs Lowongan Kerja di Indonesia Ini

Potensi penghasilannya bisa didapat dari kemitraan dengan Google Adsense, endorse, affiliate, hingga jualan produk sendiri.

Apabila kamu baru terpikirkan untuk menjadi Youtuber saat membaca artikel ini, kamu masih belum terlambat. Peluang untuk sukses masih tetap ada dan tinggi.

Menurut data yang dikeluarkan Katadata, pada tahun 2019 Youtube menjadi media sosial dengan pengguna nomor 1 di Indonesia. Penggunanya makin hari makin bertambah.

Tertarik memulainya? Take action dan pelajari cara kerjanya dari sekarang. Jangan kalah dengan anak-anak yang menjadikan ini pekerjaan online untuk pelajar.

3. Blogger

Buat kamu yang senang menulis, menjadi blogger adalah pekerjaan yang sangat cocok.

Blogger adalah pekerjaan online dari Google. Potensi penghasilannya memiliki ketergantungan pada sejauh mana blog yang dikelola bisa muncul di halaman pencarian Google.

Untuk menjadi seorang blogger, kamu perlu memiliki blog dan mengisinya dengan berbagai konten yang bermanfaat. Kamu juga perlu mempelajari ilmu seperti SEO untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Tingginya trafik dari pengunjung blog inilah yang menjadi ladang uangmu.

Dengan trafik yang ramai, kamu bisa mendapatkan potensi cuan dari Google Adsense, affiliate, content placement, hingga menjual produk milik sendiri.

Meski sudah ada Youtube, minat orang mencari informasi lewat blog masih tinggi kok. Buktinya sekarang kamu juga mencari informasi lewat blog ini kan?

Jika kamu berminat dengan pekerjaan ini, mulailah serius belajar. Ilmu-ilmu seputar blogging bertebaran dimana-mana.

4. Influencer

Pekerjaan yang ada di internet yang juga kini banyak diidamkan bocil-bocil adalah influencer.

Sederhananya, influencer adalah orang yang punya kemampuan untuk mempengaruhi lingkungannya. Mereka memiliki pengikut yang secara sukarela menyaksikan kesehariannya di akun sosial media.

Untuk menjadi seorang influencer, kamu perlu aktif di sosial media hingga memiliki banyak pengikut. Tentu saja perlu upaya keras untuk punya followers setia. 

Baca Juga:  7+ Pekerjaan di Masa Pandemi yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Sebagian influencer bisa cepat meroket karena sensasinya, tapi sebagian lagi karena kebermanfaatannya bagi banyak orang. Sebaiknya, kamu berusaha menjadi influencer yang bermanfaat.

Darimana influencer dapat uang? Umumnya, pendapatan mereka datang dari bisnis yang mengajukan kerjasama endorse. 

Bila followers kamu sudah banyak, pasti akan ada perusahaan-perusahaan yang rela membayar sekian rupiah agar produknya kamu bantuk iklankan. Semakin banyak followersnya, tarif yang dipatok influencer bisa semakin tinggi.

Berbagai kanal sosial media bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan ini. Instagram bisa dibilang kanal yang paling banyak dinikmati influencer

5. Digital Marketer

Di era yang masih ada pada fase disrupsi ini, banyak toko atau perusahaan offline yang melebarkan sayapnya di arena pemasaran online. 

Nah, dalam upaya ini, mereka membutuhkan orang-orang yang akrab dengan dunia pemasaran digital. Harapannya, toko offline mereka juga bisa mendapatkan sales juga lewat media internet.

Untuk bisa terjun dalam pekerjaan ini, kamu perlu belajar tentang pemasaran di kanal-kanal digital. Baik itu website, blog, sosial media, email, dan yang lainnya.

Sebenarnya tak perlu semuanya. Kamu cukup dalami dan tekuni salah satu bidang. Misalnya seputar pemasaran Instagram.

Jika sudah menguasainya, kamu bisa buka jasa pengelolaan feed instagram, copywriting, dan hal lain yang berhubungan dengan pemasaran. Dengan kepakaran yang kamu miliki dalam satu bidang, kamu bisa menjual kemampuan tersebut untuk dimanfaatkan bisnis-bisnis.

6. Penulis Lepas

Dunia kepenulisan masih cukup gurih untuk digeluti dan jadi tambang uang. Ada banyak ruang dan jenis pekerjaan yang bisa kamu masuki.

Bagi kamu yang punya keahlian dalam menulis tulisan non-fiksi, kamu bisa gabung ke agency writer atau situs freelance yang mempertemukanmu dengan klien. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tulisan-tulisan bagus untuk memenuhi websitenya.

Baik tulisan bergenre SEO writing, travel writing, academics writing, dan berbagai jenis tulisan lainnya.

Baca Juga:  8 Website Pembuat CV yang Menarik, Nomor 1-5 Gratis!

Adapun bagi yang senang menulis fiksi, ada aplikasi-aplikasi menulis cerita seperti novel yang bisa dijadikan lahan uang. 

Sebut saja aplikasi atau situs baca online semacam Noveltoon, Storial, Joy Lada, Novel, atau KBM App. Peluang mendapatkan uang sangat terbuka jika karyamu bagus dan diminati oleh banyak orang.

Pasti akan sangat menyenangkan jika hobi menulis yang kamu punya nyatanya bisa menghasilkan.

7. Guru Online

Kerja online dari rumah juga kini bisa dilakoni oleh kamu yang punya latar belakang pendidikan guru. 

Jika sebelumnya mengajar harus tatap muka, belakangan trennya berubah. Minat orang-orang untuk belajar jarak jauh lewat media online semakin tinggi. Maka bermunculan kursus dan bimbel online.

Imbasnya, tentu saja kebutuhan guru online jadi semakin tinggi. 

Tentu saja kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan mencari lowongan guru online yang tersedia. 

8. Gamers

Terakhir, ada profesi yang banyak diimpikan oleh anak-anak penerus masa depan. Ya, menjadi seorang gamers.

Perputaran uang yang terjadi di dunia game tak bisa dibilang sedikit. Faktanya, ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan uang sambil main game online.

Misalnya dengan mengikuti turnamen, jual beli akun, jual beli item, dan banyak lagi. Kamu juga bisa menjadi streamer yang menayangkan kegiatan bermain game di media sosial seperti Facebook dan Youtube.

Banyak kok yang mengeruk uang dengan cara ini.

Jika kamu ahli banget, mungkin saja kamu bisa bergabung dengan tim-tim esports yang berkompetisi di level yang tinggi.

Seluruh pekerjaan di atas, sebenarnya punya potensi untuk kamu geluti sebagai jalan sukses. Asalkan kamu mau terus belajar dan konsisten mengasah kemampuan.

Pertanyaannya, jenis pekerjaan online mana yang kamu pilih?

Share:

Tinggalkan komentar