Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Tugas (Dalam + Luar Negeri)

Gaji tukang parkir pesawat pasti menjadi info menarik untuk kamu yang berminat dengan pekerjaan ini.

Bagaimanapun, apapun pekerjaan yang ingin kamu geluti, kamu memang perlu tahu gambaran gajinya. Selain menjadi wawasan, ini akan menambah motivasi kamu untuk mewujudkan obsesi.

Maka dari itu, kali ini Tugas Karyawan akan berbagi informasinya untuk kamu.

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Berdasarkan informasi yang kami terima, gaji tukang parkir pesawat di Indonesia per-bulan mulai dari angka Rp.5.000.000 hingga Rp.6.000.000 per-bulannya. Dengan demikian, per-tahunnya bisa mengantongi hingga Rp.60.000.000. 

Namun, angka tersebut biasanya belum termasuk tunjangan. Jika dengan tunjangan, angkanya tentu lebih besar.

Gaji tukang parkir pesawat wanita maupun pria umumnya tak jauh berbeda. Selama kinerjanya bagus, keduanya juga berpotensi untuk menapak jenjang karir lebih tinggi.

Jika sudah senior, gajinya bahkan bisa berlipat hingga sekitar Rp.10.000.000 per bulan. Menari bukan?

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Luar Negeri

Kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, kamu bisa mencoba berkarir di luar negeri. Gaji tukang parkir pesawat di luar negeri bisa berkali-kali lipat dibanding di Indonesia.

Misalnya, di negara tetangga Malaysia. Untuk level entry (pemula), gajinya bisa 45.000 ringgit per tahun, atau Rp.157.000.000 (per bulan sekitar Rp.13.000.000). Kalau sudah senior, bisa mencapai 70.000 ringgit, atau sekitar Rp.245.000.000.

Angkanya bisa lebih tinggi lagi jika kamu bekerja di negara besar seperti Amerika Serikat. Biasanya, kamu akan mendapat bayaran per-minggu, dengan kisaran fee 900 dollar setiap pekannya atau sekitar Rp.13.000.000.

Baca Juga:  Menghitung 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Terfavorit

Bayangkan, itu artinya kamu mendapatkan sekitar Rp.52.000.000 per bulan dan lebih dari 600 juta rupiah per tahun. Sangat besar bukan?

Tugas dan Tanggung Jawab Tukang Parkir Pesawat

Pada umumnya, tugas marshaller pesawat bukan hanya mengatur pesawat agar parkir sesuai tempatnya. Namun, ada juga tugas-tugas lainnya yang perlu kamu kerjakan nantinya.

Tugas dan tanggung jawabnya antara lain:

  • Memastikan area atau tempat di sekitar pesawat akan bermanuver bersih dan aman dengan melakukan FOD (Foreign Object Debris) atau pembersihan landasan dari serpihan benda-benda asing/berbahaya)
  • Menghilangkan segala potensi bahaya dan kecelakaan di lingkungan sekitar landasan tempat pesawat nantinya mendarat.
  • Berkomunikasi dalam bentuk memberikan sinyal dan membimbing pilot pesawat terbang dalam proses mendarat. 
  • Senantiasa terhubung dan update dengan pengatur lalu lintas bandara untuk mendapatkan arahan seputar rute atau info-info pesawat yang akan datang.

Di luar tugas-tugas umumnya, seorang Marshaller juga bisa jadi akan bertugas untuk melakukan hal-hal lain seperti:

  • Membantu melakukan push back, atau mendorong pesawat yang akan lepas landas (akan berangkat)
  • Membantu melakukan layanan terkait toilet dan air minum dalam pesawat.
  • Merangkap tugas menjadi ground handler bahkan sekaligus menjadi teknisi untuk maintenance pesawat.

Namun tentu saja, ini akan berbeda-beda tergantung perusahaan tempat kamu bekerja nantinya. Hanya saja, jika kamu belajar dan memiliki kemampuan, tentu ini akan mudah saja.

Kesimpulan

Gaji tukang parkir pesawat berbanding lurus dengan tugas dan tanggung jawabnya. Selain membayangkan gajinya, kamu juga harus berpikir cara untuk menempuh karir dalam pekerjaan ini. 

Untuk memulai langkahmu, kamu bisa mempelajari informasi mengenai pendidikan menjadi Marshaller yang sudah kami ulas juga dalam artikel lain.

Share:

Tinggalkan komentar