7 Langkah Menyusun Program Komputer Sesuai Standar Prosedur

Setiap program komputer yang dibuat punya tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Masalah ini nantinya dianalisis untuk dikembangkan lebih jauh menjadi sebuah program dengan berbagai langkah sesuai prosedur. Para programmer profesional pun melakukan langkah menyusun program komputer seperti ini.

Sebaik apapun suatu program komputer, proses yang dilakukan selalu mengikuti langkah standar ini. Nah, apa saja langkah-langkah dalam pembuatan program komputer tersebut?

Mendefinisikan Masalah

Langkah pertama dalam menyusun suatu program ini adalah mendefinisikan masalah. Tujuan dari sebuah pembuatan program adalah untuk menyelesaikan suatu masalah. Pada tahap ini Anda harus bisa menyebutkan masalah apa saja yang terjadi.

Dari masalah utama yang ditemukan, biasanya terdapat beberapa turunan masalah yang harus diselesaikan. Untuk mendefinisikan masalah ini harus dilakukan secara berurutan, dari mulai masalah awal hingga masalah utama.

Menganalisis Penyelesaian Masalah

Langkah selanjutnya adalah mencari solusi dari permasalahan yang ditentukan. Tahapan ini nantinya akan memudahkan Anda dalam merencanakan desain program yang akan dibuat.

Dalam menentukan solusi membutuhkan analisis pemecahan masalah yang baik. Dalam hal ini dilakukan dua cara, yaitu:

  • Menentukan variabel-variabel yang ada dalam masalah.
  • Menentukan metode penyelesaian masalah.

Membuat Algoritma

Algoritma adalah urutan dari langkah-langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah secara logis. Algoritma berisi urutan secara mendetail dan logis dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat untuk merancang desain sistem program. Karena dari langkah-langkah yang ditunjukkan tersebut sudah terlihat jelas bagaimana desain sistem dari program tersebut.

Algoritma sendiri dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

Baca Juga:  Apakah Kelebihan Bekerja Seorang Diri dan Apa Kekurangannya?
  • Pseudocode

Dalam bahasa pemrograman pseudocode sering digunakan dalam langkah-langkah penyelesaian masalah. Pseudocode sendiri berupa kode atau simbol-simbol dan karakter huruf.

  • Flowchart

Flowchart ini berupa diagram searah maupun dua arah yang mendeskripsikan langkah-langkah sebuah program. Dari diagram ini akan terlihat alur yang berurutan dari mulai langkah-langkah awal hingga akhir.

  • Structure English

Penulisan langkah-langkah menggunakan algoritma ini diwakili oleh kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris maupun bisa dalam bentuk bahasa Indonesia. Struktur kalimat ini pada dasarnya mewakili bahasa manusia.

Menuliskan Program atau Coding

Dari langkah-langkah yang disusun dalam bentuk algoritma, kemudian dikonversi menjadi bahasa pemrograman. Coding ini bisa dikatakan inti dari tahap pembuatan software atau suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang digunakan tentunya harus sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Ada 5 bahasa pemrograman yang paling populer dan sering dijadikan pembelajaran untuk para programmer pemula. Yaitu, JavaScript, SQL, Python, Java, dan PHP.

Menguji Program

Dalam menguji program ini bisa dilakukan dari unit yang paling kecil hingga sistem dari program tersebut. Pengujian ditujukan apakah program bisa berjalan dengan baik ataukah tidak.

Beberapa uji yang dilakukan berupa:

  • Unit testing, menguji setiap unit yang terdapat dalam program yang dibuat.
  • Integration testing, menguji bagaimana jika program dijalankan di klien, atau ketika dihubungkan dengan database.
  • Validation testing, menguji program apakah ketika diberikan masukan akan bisa diselesaikan dengan baik. Validasi ini akan menunjukkan apakah program bisa berjalan dengan efektif untuk masalah lainnya.
  • Sistem testing, pengujian ini dilakukan untuk melihat bagaimana performa dari program. Pengujian dilakukan dengan kondisi yang berbeda-beda.

Dokumentasi Program

Setelah program berhasil dibuat, perlu dilakukan dokumentasi secara mendetail. Dokumentasi ini berupa pembukuan dari setiap coding yang dibuat. Dari setiap kode tersebut perlu diberikan komentar yang menerangkan tentang beberapa hal terkait kode tersebut.

Baca Juga:  Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Beberapa komentar yang biasanya perlu dibukukan adalah variabel, parameter, prosedur, dan fungsi.

Dengan adanya dokumentasi ini tentunya akan lebih memudahkan dalam mengembangkan program, dan juga kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan pembuatan program.

Merawat Program

Perawatan program atau maintenance perlu dilakukan untuk mengetahui adanya bug yang tidak terdeteksi, dan memperkaya fitur-fitur yang terdapat pada program.

Itulah langkah menyusun program komputer yang harus dilakukan secara berurutan. Ketujuh langkah ini merupakan standar penyusunan program yang dilakukan oleh setiap programmer. Dengan prosedur yang baik, maka akan menghasilkan program yang baik pula.

Tugaskaryawan.com menyediakan kanal khusus untuk menjawab pertanyaan dari user, kanal tersebut bisa di akses di [Kategori Jawaban].

Jika ada pertanyaan, ajukan di kolom komentar atau ke tugaskaryawan@gmail.com

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar