Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Sebuah pasar dikatakan pasar persaingan sempurna jika di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli, produk yang dijual sejenis, pembeli dan penjual sama-sama tahu tentang harga, dan lain sebagainya. Hal itu pula menjadi ciri-ciri pasar persaingan sempurna, dan menjadi bentuk paling ideal dari sebuah pasar.

Seorang pembeli maupun penjual tidak bisa menentukan harga. Karena harga terbentuk dari proses tawar menawar secara keseluruhan dalam pasar.

Nah, bagaimana penjelasan dari ciri-ciri pasar persaingan sempurna tersebut?

Banyak Penjual dan Pembeli di Dalam Pasar

Banyaknya penjual dan pembeli ini memperlihatkan bahwa, setiap penjual dan pembeli merupakan bagian kecil dari keseluruhan pasar. Ketika suatu barang dibeli oleh seorang pembeli, maka tidak berpengaruh sama sekali terhadap harga barang.

Begitu juga sebaliknya, ketika jika seorang penjual menawarkan produknya, tidak akan berpengaruh pada harga yang ada di pasar. Karena kuantitas barang yang dijual maupun yang akan dibeli oleh seorang pembeli sangat kecil dibandingkan dengan kuantitas keseluruhan barang di pasar tersebut.

Produk yang Ada dalam Pasar Adalah Barang Sejenis

Setiap pembeli menganggap setiap penjual memiliki produk yang sama. Karena produk yang dijual tersebut homogen, sama di setiap penjual. Sehingga para pembeli akan memiliki sikap indiferen.

Sikap ini merupakan sikap dari pembeli yang tidak membeda-bedakan para penjual. Dimanapun pembeli mendapatkan barang di salah satu penjual, hasilnya akan sama dengan pembelian di penjual lainnya.

Baca Juga:  Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam UUD 1945

Pembeli dan Penjual Sama-Sama Tahu Kondisi Pasar

Tidak ada yang dirugikan dalam pasar persaingan sempurna. Pembeli tidak bisa mempermainkan harga, karena penjual sudah tahu berapa harga produk tersebut, dan tahu jika terjadi perubahan-perubahan atas harga produk tersebut.

Pembeli dan Penjual Bebas dalam Melakukan Transaksi Jual Beli

Maksudnya, para pembeli bebas masuk pasar dan melakukan transaksi. Begitu juga dengan penjual, bebas untuk membuka atau menutup lapaknya kapanpun diinginkan.

Pasar persaingan sempurna dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan tersebut, tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan. Nah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Beberapa kelebihan pasar ini adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya barang membuat pembeli bebas memilih produk yang diinginkan.
  2. Setiap produsen memiliki mobilitas sangat besar ke dalam pasar. Sehingga para produsen ini bisa menambah skala produksi, dan memperluas kapasitas produksi di berbagai tempat baru.
  3. Akan didapatkan efisiensi yang sangat tinggi dalam proses alur produksi, distribusi, dan konsumsi. Sehingga hal ini akan memaksimalkan efisiensi tersebut.
  4. Ada banyak sekali pilihan bagi para konsumen dalam memilih barang dan jasa yang ada di pasar. Kebebasan ini juga membuat pembeli bisa memilih produk-produk yang diinginkannya dengan mudah.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Beberapa kekurangan ini bisa dilihat dari segi inovasi produk, rasa kepuasan konsumen, dan pendapatan yang tidak merata.

Nah, berikut penjelasan dari kekurangan pasar persaingan sempurna tersebut!

  1. Tidak adanya inovasi dalam pasar. Hal ini dikarenakan setiap produk yang dijual oleh para penjual merupakan produk yang sama. Penjual atau produsen hanya memanfaatkan efisiensi dalam produksi, untuk mendapatkan selisih penjualan yang lebih besar.
  2. Tidak memberikan rasa puas yang lebih besar terhadap konsumen. Hal ini terjadi karena produk yang dijual oleh seluruh penjual dalam pasar merupakan produk yang sama. Sehingga konsumen tidak bisa menentukan pilihan produk lainnya.
  3. Pendapatan tidak merata di setiap penjual maupun produsen. Ini terjadi karena tidak semua produsen mampu melakukan efisiensi terhadap proses produksi. Sehingga terjadi perbedaan pendapatan dari selisih harga produksi, sedangkan harga jual dari satu penjual dengan penjual lainnya sama.
Baca Juga:  2 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2021

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Tidak ada pasar yang seratus persen memenuhi kriteria pasar persaingan sempurna. Hanya saja dari beberapa ciri-ciri yang disebutkan ada beberapa pasar yang bisa masuk dalam kategori pasar ini, yaitu pasar beras, pasar bawang merah, pasar pengrajin meubel, pasar minyak wangi, dan lain sebagainya.

Berbagai pasar tersebut banyak dijumpai di masyarakat. Setiap orang yang masuk dalam pasar tersebut tidak bisa mempengaruhi harga barang. Semuanya ditentukan dari keseluruhan harga di pasar tersebut.

Baca juga: Faktar yang Mempengaruhi Penawaran Barang & Jasa

Itulah ciri-ciri pasar persaingan sempurna beserta semua penjelasannya. Banyak sekali contoh yang ada di masyarakat. Pasar-pasar tersebut merupakan pasar yang ideal dan akan terus bertahan hingga kapanpun.

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar