Apakah Kelebihan Bekerja Seorang Diri dan Apa Kekurangannya?

Tidak semua pekerjaan membutuhkan banyak orang dalam mengerjakannya. Terutama bagi seorang wirausaha yang mulai merintis sebuah bisnis. Namun apakah kelebihan bekerja seorang diri bisa sesuai dengan apa yang diinginkan tersebut?

Bekerja seorang diri tidaklah memiliki konteks yang sama dengan bekerja dalam team work. Karena ada bidang pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan seorang diri. Terkadang bekerja sendiri akan membuat lebih fokus, melatih kemandirian, mudah mengambil keputusan, dan lain sebagainya.

Nah, apa saja kelebihan dalam bekerja sendiri ini dan bagaimana kekurangannya?

Kelebihan Bekerja Seorang Diri

Bekerja seorang diri memiliki perbedaan konteks dengan bekerja bersama tim. Bekerja sendiri bukan berarti mengesampingkan orang lain atau tidak menghiraukan orang lain.

Bekerja sendiri berarti seseorang melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan keterampilannya, dan sesuai dengan tujuannya dalam memenuhi kebutuhan secara mandiri.

Nah, berikut ini kelebihan bekerja seorang diri!

1. Bisa melatih kemandirian seseorang.

Kemandirian merupakan bentuk dari kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan secara sendiri. Kemandirian ini berarti juga tidak menggantungkan bantuan dari orang lain. Dengan bekerja seorang diri, seseorang akan lebih percaya diri, berani dalam mengambil tindakan.

Jika seseorang sudah terbiasa dengan bekerja sendiri, tentunya dia akan lebih mandiri, mentalnya akan kuat, dan tidak mudah putus asa. Seseorang yang mandiri akan lebih kuat dalam berbagai ancaman risiko yang dihadapinya.

Baca Juga:  9 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa

2. Akan lebih fokus dalam melakukan pekerjaannya.

Fokus dalam pekerjaan menjadi satu kunci dalam memaksimalkan hasil yang diinginkannya. Kefokusan ini juga akan membuat potensi seseorang bisa lebih terasah. Karena dia bisa secara penuh berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Kefokusan dalam bekerja juga akan membuat seseorang bisa lebih memahami tujuannya, sehingga pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. Apapun yang ingin dikerjakannya akan lebih cepat dikerjakan, tanpa harus menunggu orang lain.

3. Akan melatih keberanian dalam pengambilan keputusan.

Seorang yang bekerja sendiri tentunya akan lebih memahami risiko yang dihadapinya. Dengan berbagai macam pertimbangan yang diolah sendiri sesuai dengan kapasitasnya. Sehingga pada akhirnya dia akan lebih berani dalam mengambil keputusan.

Untuk menentukan sebuah keputusan, seseorang yang bekerja sendiri akan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Jika menghadapi sebuah masalah, dia harus memutuskannya dengan berani, dan memahami apa konsekuensi nantinya dari keputusan yang diambil tersebut.

Kendali dari pengambilan keputusan ini juga akan menguatkan mental seseorang. Akan banyak pembelajaran yang didapatkannya. Meski dalam hal yang paling sederhana sekalipun, seperti kapan harus memulai untuk bekerja.

4. Mendapatkan pengakuan dari hasil kerjanya.

Setiap pekerjaan yang dikerjakan seorang diri pastinya menjadi hasil karya dari orang tersebut. Karya atau hasil pekerjaan tersebut akan mendapatkan pengakuan secara penuh dari orang lain.

Hasil yang baik, akan mendapatkan pengakuan yang bisa membuat seseorang membanggakan diri. Rasa bangga tersebut menjadi salah satu bentuk kepuasan yang selalu dicari banyak orang.

Rasa puas yang besar ini juga akan mendorong seseorang untuk bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan begitu seseorang yang bekerja seorang diri akan lebih cepat berkembang dari orang lain.

Baca Juga:  2 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2021

Kekurangan Bekerja Sendiri

Di sisi lain ada kekurangan suatu pekerjaan yang dilakukan secara sendiri. Berikut beberapa kekurangannya!

1. Harus memegang tanggung jawab sendiri

Jika sebuah pekerjaan memiliki banyak hal yang harus diselesaikan pastinya juga memerlukan banyak tanggung jawab. Banyaknya tanggung jawab ini akan cenderung membebani pikiran seseorang. Apalagi jika banyak hal harus yang harus diurus, pastinya membutuhkan waktu lebih lama.

2. Mudah mengalami kebosanan dan stres.

Tekanan pekerjaan yang berat membuat seseorang akan stres. Jika tidak orang yang membantu akan membuat tekanan tersebut semakin besar.

Tidak adanya seseorang yang menemani pastinya membuat orang juga akan lebih mudah bosan. Apalagi jika suasana pekerjaan selalu sama sepanjang waktu.

Selain itu, kebosanan juga terjadi akibat pekerjaan lama selesai.

3. Butuh waktu lama dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kekurangan yang satu ini sudah sangat jelas. Dimana setiap pekerjaan yang dilakukan bersama-sama pastinya akan lebih cepat selesai. Karena ada pembagian tugas dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Setiap sesuatu selalu ada konsekuensinya masing-masing. Seperti kelebihan dan kekurangan bekerja seorang diri tersebut. Tinggal memaksimalkan kelebihannya dan meminimalisir dari kekurangan yang ada.

Baca juga: Pekerjaan Online yang Bisa Buat Sukses

Itulah jawaban dari apakah kelebihan bekerja seorang diri tersebut. Pada dasarnya bekerja seorang diri sangat baik dilakukan dalam konteks seseorang yang ingin merintis usaha atau bidang pekerjaan tertentu yang berbasis keterampilan. Karena orang tersebut akan lebih cepat dalam mengembangkan diri.

Rate this post
Share:

Tinggalkan komentar