Tugas Administrasi Rumah Sakit – Administrasi rumah sakit merupakan kegiatan perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi serta penilaian dalam penyelenggaraan kegiatan rumah sakit untuk tujuan kesehatan.

Tugas administrasi rumah sakit berbeda dengan manajemen. Samuel Levey menyebut administrasi lebih rendah dari manajemen, sementara Herman Finer justru sebaliknya.

Di beberapa kampus ternama, Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit (KARS) menjadi pilihan favorit mahasiswa. Lulusan sarjananya bukan hanya dapat bekerja sebagai staf administrasi di rumah sakit tetapi juga dapat bekerja sebagai tenaga rekam medik, quality control pada industri kesehatan.

Tugas Administrasi Rumah Sakit

Manfaat utama adanya administrasi rumah sakit adalah untuk penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan rumah sakit terhadap masyarakat agar dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, sebab administrasi meliputi pengaturan dan perencanaan.

Tugas dan Kewajiban Administrasi Rumah Sakit

Kegiatan seorang staf administrasi sakit biasanya mencakup beberapa unsur penting di rumah sakit. Cukup kompleks dan sangat berpengaruh terhadap penilaian pelayanan yang dirasakan masyarakat. Tugas dan tanggung jawabnya pun tidak sederhana. Bukan hanya menyangkut kondisi internal di dalam rumah sakit tetapi juga terkait pelayanan terhadap masyarakat. Administrasi yang ribet akan membuat masyarakat kecewa.

Tugas Administrasi Rumah Sakit

  1. Segala yang terkait pengaturan dan pencatatan administrasi keuangan rumah sakit secara umum. Ini akan jadi penilaian bagaimana kondisi rumah sakit secara umum apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.
  2. Mengatur administrasi seputar kepegawaian di rumah sakit. Pencatatan segala bentuk administrasi terkait kegiatan para pegawai yang ada di rumah sakit. Belanja pegawai dan hal-hal lain terkait peningkatan sumber daya manusia di internal rumah sakit juga membutuhkan pencatatan administrasi yang baik dan lengkap. Evaluasi keuangan rumah sakit juga bisa dilihat dari sini.
  3. Mencatat administrasi penerimaan pasien rumah sakit. Pencatatan pasien dibedakan atas beberapa hal, yakni pasien rawat inap, pasien rawat jalan dan pasien pelayanan gawat darurat. Ketiganya membutuhkan pengarsipan administrasi yang berbeda.
  4. Pencatatan seputar fasilitas kesehatan yang tersedia di rumah sakit. Penambahan, perbaikan berbagai jenis fasilitas dan perlengkapan, obat dan sebagainya menjadi catatan bagian administrasi rumah sakit.
  5. Pencatatan administrasi umum (tata usaha dan pengarsipan), dan lain-lain.

Kewajiban Administrasi Rumah Sakit

  1. Menyelenggarakan proses pelayanan administrasi kepada pasien dengan sebaik-baiknya sehingga pasien merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang ada.
  2. Melakukan pencatatan keuangan terkait pasien, pegawai dan rumah sakit secara transparan dan terstruktur sehingga memudahkan proses penilaian, koordinasi dan pengaturan.
  3. Penyelenggaraan administrasi rumah sakit secara umum, terkoordinasi, teratur dan transparan. Administrasi juga mencakup tata usaha dan pengarsipan umum lainnya.

Tugas dan tanggung jawab seorang administrasi rumah sakit meliputi banyak hal, cukup kompleks dan mencakup semua unsur di rumah sakit. Oleh karena itulah, lowongan administrasi rumah sakit menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diburu sebab dari segi penghasilan atau gaji pun cukup lumayan. Anda berminat menjadi staf administrasi rumah sakit?

Baca Juga: Tugas Administrasi Keuangan

Gaji dan Tunjangan Administrasi Rumah Sakit

Berapa gaji staf administrasi rumah sakit dan tunjangan yang didapatkan? Ini tentu jadi pertimbangan Anda sebelum melamar pekerjaan ini. Bagi seorang fresh graduate yang masih berstatus honorer tentu akan berbeda angkanya dengan pegawai negeri yang sudah tercatat sebagai staf di rumah sakit.

Jumlah gaji pegawai admin rumah sakit swasta maupun negri yang diterima sebanding dengan tanggung jawab yakni rata-rata 6 juta rupiah. Bila termasuk tunjangan hampir mendekati angka 8 hingga 9 juta rupiah.

Syarat Umum Menjadi Administrasi Rumah Sakit

Syarat-syarat umum yang biasa diminta pihak rumah sakit untuk seleksi penerimaan staf administrasi di antaranya:

Pendidikan/ Pengalaman:

  1. Lulusan Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit (KARS) lebih diutamakan.
  2. Berpengalaman minimal 1-2 tahun

Skill/ Kemampuan:

  1. Menguasai microsoft office yang berhubungan dengan administrasi
  2. Mampu berbahasa asing lebih disukai untuk tipe rumah sakit besar
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Usia maksimal 35 tahun
  5. Berpenampilan baik dan menarik

Syarat yang diminta biasanya tergantung dari skala rumah sakit bersangkutan. Dan tentu sangat sebanding dengan gaji yang ditawarkan. Rumah sakit swasta milik pribadi tentu akan beda syarat dan gajinya dengan rumah sakit pemerintah atau swasta yang sudah memiliki banyak cabang.

Meskipun tanggung jawab administrasi rumah sakit terlihat cukup banyak, biasanya untuk pelaksanaannya akan lebih ringan jika staf administrasi yang ada terdiri dari beberapa orang. Kemampuan administrasi yang baik sangat mendukung kemampuan Anda dan peluang Anda untuk diterima di sebuah rumah sakit.

Bagaimana menurut Anda, tertarik untuk bekerja di bidang ini? Akan lebih baik jika dimulai dari pengambilan jurusan yang sesuai sejak dari pertama kuliah. Karena tugas administrasi rumah sakit membutuhkan pengetahuan khusus, tak sama dengan administrasi yang lain maka mempersiapkan pendidikan yang paralel akan lebih mempermudah peluang kerja di masa akan datang.