Pengertian TKI Menurut UU, Perbedaan dengan TKW, dan Jenisnya

Pengertian TKI dapat kamu temukan dalam Undang Undang. Secara resmi, pemerintah sudah memberikan batasan mengenai apa yang dimaksud dengan TKI.

Dalam kesempatan kali ini, selain berbagi mengenai pengertiannya, Tugas Karyawan akan berbagi juga tentang jenis jenisnya, serta perbedaannya dengan TKW.

Silahkan membaca untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian TKI 

Ada beberapa undang undang yang bisa jadi acuan terkait pengertian dari TKI atau Tenaga Kerja Indonesia ini. Setidaknya, ada 3 aturan pemerintah yang kami temukan berbicara mengenai definisi dari TKI.

Untuk memahaminya, mari kita urai satu per satu.

Pertama, Berdasarkan Surat Keputusan Menaker RI Nomor 104 Tahun 2002 mengenai Penempatan TKI ke Luar Negeri, disebutkan definisinya sebagai berikut:

TKI adalah baik laki laki maupun perempuan yang bekerja di luar negeri dalam jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian kerja melalui prosedur penempatan TKI.

Kedua, mengacu pada Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, definisinya sebagai berikut:

TKI adalah setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah.

Ketiga, paling baru, pemerintah mengubah sebutan TKI menjadi pekerja migran dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2017. Dalam UU tersebut definisinya adalah:

Pekerja migran adalah warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan di luar negeri dengan menerima upah di luar wilayah Indonesia.

Pada dasarnya, inti dari definisi TKI tak jauh berbeda dari ketiga jenis pengertian di atas. Kita bisa simpulkan pengertiannya dalam beberapa poin. Bahwa TKI merupakan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Akan, sedang, dan telah melakukan pekerjaan di luar negeri
  • Terikat dengan prosedur yang berlaku
  • Menerima upah dari negara atau wilayah di luar Indonesia

Bagaimana? Sudah jelas kan pengertiannya?

Jenis jenis TKI

TKI sendiri ada jenisnya. Dari sisi prosedur kerjanya, ada 2 jenis TKI yang dikenal selama ini.

  1. TKI sektor formal
  2. TKI sektor informal

Keduanya memiliki beberapa perbedaan. Untuk memahaminya, kamu bisa perhatikan tabel berikut ini:

Faktor PembedaTKI FormalTKI Informal
Kontrak kerjaTerikat dengan perusahaan berbadan hukum. Jadi, sifatnya outsourcing. TKI tidak terikat hukum secara langsung dengan pemberi kerja di negara tujuan.Terikat langsung dengan pemberi kerja. Sifatnya perseorangan dan tidak berbadan hukum. Jadi, isi kontraknya bisa lebih fleksibel.
Jenis pekerjaanBidang bidang yang jadi tujuan kerja di antaranya konstruksi, hospitality, pertambangan, transportasi, kesehatan, perikanan, serta manufaktur.Bidang kerjanya umumnya berhubungan dengan tata laksana rumah tangga. Sering disebut domestic worker atau ART (Asisten Rumah Tangga)
Resiko kerjaLebih aman karena di bawah naungan perusahaan berbadan hukum.Lebih rentan dengan berbagai resiko kerja.

Meskipun demikian, pada dasarnya kedua jenis TKI ini tetaplah dilindungi oleh pemerintah. Bagaimanapun pemerintah melalui atase ketenagakerjaan di negara tujuan kerja TKI punya kewajiban untuk melindungi seluruh WNI yang bekerja di daerah tugasnya.

Dengan demikian, berbagai resiko buruk yang mungkin menimpa TKI di luar negeri bisa terminimalisir. TKI bisa aman bekerja dan membantu menafkahi keluarga di tanah air.

Perbedaan TKI dan TKW

Tak sedikit di antara masyarakat yang bertanya mengenai perbedaan antara TKI dan TKW. Istilah keduanya mungkin kamu juga sering dengar dan wara wiri di media massa.

Untuk mendapatkan perbedaannya, kamu bisa lihat tabel berikut ini:

Faktor PembedaTKITKW
PengertianTKI merupakan Tenaga Kerja Indonesia. Jadi, cakupan definisinya lebih umum karena menjangkau semua pekerja di luar negeri. Baik pria maupun wanita.TKW merupakan Tenaga Kerja Wanita. Dengan demikian, cakupannya lebih sempit karena hanya bermakna TKI yang memiliki jenis kelamin wanita.
Status kerjaMeliputi TKI yang bekerja baik dalam bentuk formal maupun informal.TKW umumnya diidentikan dengan TKI wanita yang bekerja di sektor informal.
Bidang pekerjaanSemua bidang kerja.Meliputi pekerjaan domestic worker seperti pengasuh bayi, pengasuh lansia, tukang masak, tukang kebun, dan ART.

Dari tabel di atas, sangat jelas bahwa TKI itu istilah umum, sedangkan TKW lebih spesifik. Tidak semua TKI itu TKW, namun semua TKW sudah pasti TKI. 

Dengan memahami perbedaan ini, semoga kamu tak lagi tertukar ketika mendengar kedua istilah ini. 

Akhir kata, mudah mudahan wawasan mengenai pengertian TKI, jenis, dan perbedaannya dengan TKW bisa membantu menambah wawasan kamu. 

Tinggalkan komentar