4 Tugas Editor Artikel, Persyaratan Dan Gaji yang Layak

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tugas Editor Artikel– Di dalam sebuah perusahaan yang memiliki website pastilah memiliki seorang editor. Tugas Editor artikel ini berfungsi sebagai penyunting yang mana memiliki peran penting sebelum melakukan penerbitan.

Seorang editor ini bertanggung jawab pada kualitas artikel yang akan diterbitkan. Sebelum diterbitkan seorang editor akan membaca dan memeriksa isi artikel agar sesuai dengan standar penerbitan.

Tugas editor artikel harus selalu fokus pada isi artikel mulai dari tata bahasa sampai pada keakuratan informasi yang ingin disampaikan. Editor harus bisa mencari kesalahan dan memperbaikinya agar kualitas dari artikel yang akan diterbitkan sudah sesuai dengan standar penerbitan.

Tugas Editor Artikel Dan Kewajibanya

Pada umumnya dalam satu perusahaan posisi editor ini tidak hanya diduduki oleh satu orang saja. Posisi editor ini terdiri dari beberapa bagian yang saling melengkapi.

Namun pada dasasrnya seorang editor harus mampu menangani permasalahan yang sama, sehingga semua tugas mampu diselesaikannya.

Tugas

  1. Bisa memperbaiki tulisan dari penulis sehingga artikel tersebut bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca
  2. Mampu mengubah naskah sehingga sesuai dengan EYD atau tata bahasa yang sesuai dengan standarisasi penerbitan
  3. Memasukkan semua file baik berupa foto,video maupun data yang dibutuhkan
  4. Memastikan isi artikel tidak mengandung SARA ataupun hal-ha yang bisa merugikan pihak penerbitan

Kewajiban

  1. Mengevaluasi naskah yang diberikan oleh penulis
  2. Mengetahui pasaran yang diinginkan oleh pembaca
  3. Mampu menguasai ilmu yang menjadi topik bahasan dalam artikel
  4. Mengembangkan kemampuan secara terus menerus agar bisa memiliki kemampuan berbahasa yang bagus
  5. Menyunting naskah agar menjadi naskah yang siap terbit
  6. Mengomuniasikan permasalahan yang ada pada naskah kepada pihak penulis dan penerbit

Secara umum seorang editor artikel harus mampu mencari kesalahan di dalam naskah lalu memperbaiki naskah tersebut agar layak terbit. Pasaran akan merima artikel dengan kualitas tinggi dengan suntingan editor selain kualitas yang dimiliki oleh penulis itu sendiri.

Baca juga: Tugas Content Writer

Gaji Dan Tunjangan Editor Artikel

Untuk gaji dari editor artikel sebenarnya belum ada standar yang pasti. Namun perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Gaji seorang editor artikel pada agensi biasanya hanya sebesar UMR atau UMK. Namun untuk gaji seorang editor artikel pada perusahaan berkisar antara Rp 3.000.000,00- Rp 5.000.000,00/ bulan.

Atau biasanyan fee editor artikel dihitung dari artikel yang bisa di edit. Satu artikel bisa dipukul rata antara Rp 5.000,00- Rp 20.000,00/ artikel. Namun pada artikel yang memiliki tinggat kesulitan tinggi atau artikel yang membutuhkan data atau fakta, satu artikel bisa dihargai Rp 100.000,00/ artikel.

Syarat Umum Menjadi Editor Artikel

Menjadi seorang editor artikel kadang dianggap remeh oleh sebagian orang karena pekerjaan tersebut hanya dipandang sebagai proses penyuntingan dari penulis semata. Namun terkadang seorang penulis itu tidak dapat mengukur kualitas dari artikel yang ditulisnya.

Maka dari itu peranan editor sangat penting dalam meningkatkan kualitas naskah dari penulis. Untuk bisa menjadi editor artikel yang handal, maka kamu harus memiliki persyaratan sebagai editor sebagai berikut.

Pendidikan / Pengalama

  1. Minimal lulusan SMA/ SMK namun lulus Sarjana Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Asing lebih disukai
  2. Pernah bekerja di dalam dunia penerbitan sebagai penulis, editor ataupun penerbit

Skill/ Kemampuan

  1. Bisa menulis sesuai dengan kaidah EYD yang berlaku
  2. Suka membaca berbagai artikel dengan topik yang berbeda-beda sehingga mampu meningkatkan pengetahuan
  3. Mampu menilai naskah dengan berbagai topik yang berbeda
  4. Memiliki tingkatan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena proses editing atau penyuntingan bisa dilakukan berkali-kali
  5. Menguasai satu atau beberapa bahasa asing
  6. Mampu memahami setiap style yang dimiliki oleh penulis
  7. Memahami kode etik editing naskah sehingga editor mengetahui bagian mana yang bisa dilakukan penyuntingan dan bagian mana yang tidak bisa disunting

Syarat tersebut menjadi syarat dasar yang harus dimiliki oleh seorang editor artikel. Jika kamu sudah berada pada tingkatan editor artikel maka kamu bebas menentukan sebuah artikel tersebut layak untuk diterbitkan atau tidak.

Bahkan seorang editor artikel bisa meminta penulis untuk merevisi naskahnya atau memutuskan untuk tidak menerbitkan naskah tersebut.

Video Cara Menjadikan Tulisan Menarik

Setelah mengetahui tugas utama dari seorang editor artikel maka kamu tidak akan mengangap remeh pekerjaan tersebut. Seorang editor tidak hanya menghapus dan mengetik kembali naskah artikel yang ditulis oleh penulis.

Penyunting atau artikel bertugas untuk mengoreksi isi artikel sehingga bisa menciptakan artikel dengan kualitas tinggi. Setelah menjadi seorang editor artikel maka kamu akan mendapatkan pendapatan yang tinggi.

Kamu bisa melamar sebagai editor artikel pada beberapa perusahaan website atau media massa. Biasanya satu perusahaan itu akan memperkerjakan bebeberapa editor yang memiliki tugas yang berbeda-beda dengan bagian yang berbeda.

Artikel Terkait